Ollie-Nulis-Buku.jpg

Sosok Ollie Salsabeela Pendiri Nulisbuku.com

oleh: inggil History Tuesday, 23 March 2021 14:00 p.m.


Mancode - Salah satu sosok yang bisa dijadikan inspirasi ialah Aulia Halimatussadiah atau lebih dikenal denga nama Ollie. Dirinya merupakan salah satu dari sedikit perempuan Indonesia yang akti berperan di kancah dunia teknologi. Menariknya, kesuksesan yang ia miliki berawal dari hobi dan mampu membuka lapangan pekerjaan bagi banyak orang. Ollie sendiri telah menulis buku sebanyak 20 judul dan sukses sebagai entrepreneur digital.

Ollie yang juga merupakan salah satu inisiator komunitas #StartUpLokal, pada tahun 2011 terpilih sebagai chairwoman OnOff. Berbagai jenis usaha dalam dunia teknologi digital dilahapnya, termasuk mendirikan Nulisbuku.com. Perempuan kelahiran Yogyakarta, 17 Juni 1983 ini mampu menghasilkan banyak bisnis dalam kurun waktu 10 tahun. Sebagian besar bisnisnya sendiri terkait dengan dunia literacy (penerbitan buku).

Terjunnya Ollie ke dunia penerbitan buku tak lepas dari hobinya yang doyan menulis. Dirinya juga merupakan blogger aktif yang telah menghasilkan beberapa karya, seperti Girls & Tech, Yes, You Can!, Harmoni, Creative Blog Writing, Easy Biz: Tak Perlu Ragu Merintis Bisnis, Want a Better Life? Go For It, The Power in You #FT, Passport to Happiness, The Power in You. Hobi menulis Ollie sudah terlihat sejak kecil. Bahkan, di bangku SMP ia sudah menulis cerita untuk manga yang ia gambar sendiri.


Gabungan antara literasi dan digital didapat Ollie ketika kuliah. Kala itu, Ollie disuruh orang tuanya untuk kuliah di Teknik Informatika Universitas Gunadarma. Menurut orang tuanya, literasi bisa dipelajari Ollie sendiri. Sedangkan, ilmu komputer harus ada yang membimbingnya. Setelah sempat bekerja di perusahaan jasa penyedia IT, Ollie pun menemukan sebuah ide yang mana menggabungkan antara digital dan literasi.

Awalnya, Ollie yang memang gemar membaca ini merasakan kesusahannya saat bertransaksi membeli buku secara online. Lalu, mendapatkan ide untuk membuat toko buku online miliknya sendiri bernama Kutukutubuku. Didirikan pada 2006 dan dalam waktu yang relatif singkat selama satu tahun sejak muncul Kutukutubuku, toko buku online milik Ollie mengalami perkembangan hingga diliput oleh berbagai media.

Ollie pun ketagihan dengan menjalani bisnis dan menjadi seorang entrepreneur. Pada tahun 2010, Ia bersama tiga temannya Brilian Yooteenega, Oka Pratama, dan Angel mendirikan Nulisbuku.com, yakni sebuah online self-publishing print pertama di Indonesia. Dengan membuat usaha yang berbeda dan pertama ada di Indonesia, Nulisbuku.com mengalami perkembangan yang luar biasa. Adanya Nulisbuku.com membuat banyak calon penulis yang bermimpi memiliki buku sendiri akhirnya bisa mewujudkannya.

Baca Juga: Dari Jurnalis Hingga Vokalis, Ini Sosok Ananda Badudu

Baca Juga: Sosok Catherine Hindra Sutjahyo Pendiri Zalora

Baca Juga: Kekayaan Pendiri Uniqlo Tadashi Yanai Melonjak Ratusan Triliun




Share To


inggil

inggil

March 23, 2021, 2 p.m.


tags : Aulia Halimatussadiah Penulis Ollie Salsabeela Ollie Salsabeela Biografi Ollie Salsabeela Profil Ollie Salsabeela


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA