Kamala Harris.jpg

Sosok Kamala Harris, Cawapres Perempuan Kulit Hitam Pertama AS

oleh: galih Entertainment Wednesday, 12 August 2020 15:00 p.m.


Mancode – Senator California, Kamala Harris resmi terpilih menjadi calon wakil presiden (cawapres) mendampingi Joe Biden. Mereka akan bertarung melawan petahana Presiden Donald Trump dan Wapres Mike Pence pada pemilihan presiden (Pilpres) Amerika Serikat (AS) yang digelar pada November mendatang.

Kamala Harris menjadi perempuan kulit hitam dan keturunan Asia pertama yang bertarung dalam Pilpres AS sebagai cawapres. Kamala Harris lahir di Oakland, California pada 20 Oktober 1964 dari dua orang tua berlatar imigran. Ibunya kelahiran India dan ayahnya kelahiran Jamaika.

Dia menempuh pendidikan di Universitas Howard, salah satu kampus ternama yang didirikan komunitas kulit hitam. Setelah mendapatkan gelar sarjana hukum, dia memulai kariernya di Kantor Kejaksaan Distrik Alameda.

Pada 2003, dia menjadi jaksa distrik untuk San Fransisco. Dia juga pernah menjabat jaksa agung Negara Bagian California, negara bagian yang penduduknya paling banyak di AS. Kariernya sebagai jaksa agung selama dua masa jabatan mendapatkan reputasi sebagai salah satu bintang Partai Demokrat.

Harris menggunakan momentum tersebut untuk meraih jabatan senator junior yang mewakili California pada 2017. Kemudian, dia lantas mencoba berkampanye sebagai bakal calon presiden dalam sebuah pawai di Oakland yang dihadiri 20.000 orang pada tahun lalu.

Namun, Harris gagal menjelaskan secara gamblang kepada para pemilih mengapa dirinya harus dipilih. Jawabannya ketika ditanya soal kebijakan-kebijakan penting, seperti layanan kesehatan, juga tidak terlalu jelas.

Selain itu, dia juga dinilai tidak sanggup memanfaatkan keunggulannya sebagai jaksa saat debat dengan menyerang Biden, terutama terkait hubungan kerja sama Biden dengan sejumlah mantan senator yang memilihnya segregasi ras.

Dukungan Barack Obama

Sebagai cawapres keturunan kulit hitam pertama di Pilpres AS, rupanya Harris mendapatkan dukungan dari mantan Presiden Barack Obama. Sebagai bentuk dukungannya, Obama memposting dukungannya via akun Twitter pribadinya.

“Saya telah mengenal Senator Kamala Harris sejak lama. Dia lebih dari siap untuk pekerjaan ini. Ia telah menghabiskan kariernya melindungi konstitusi kita dan berjuang untuk orang-orang yang butuh keadilan,” tulis Barack Obama dalam akun @BarackObama.

Rencananya, Harris dijadwalkan melakukan debat terbuka dengan pasangan Trump, yaitu Mike Pence, yang saat ini masih menjabat sebagai wakil presiden pada 7 Oktober mendatang di Salt Lake City, Utah.

Baca Juga: David Oyelowo, Aktor Kulit Hitam Bertalenta

Baca Juga: Menguak Sentimen Komunitas Asia-Amerika Terhadap Etnis Kulit Hitam

Baca Juga: Black Lives Matters Bentuk Perlawanan Rasisme


Share To


galih

galih

Aug. 12, 2020, 3 p.m.


tags : Entertainment Kamala Harris Joe Biden Cawapres Kulit Hitam AS Pilpres AS Cawapres AS


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Life Style 29 September 2020 12:00 p.m.

Asyiknya, Menikah di Jepang dapat Insentif Rp84 Juta

Technology 28 September 2020 11:00 a.m.

McAFee Perkenalkan Teknologi Baru Keamanan Digital

Life Style 28 September 2020 9:00 a.m.

Brio Virtual Drift Challenge Seri Perdana Dimulai