Haji Lulung.jpg

Sosok Haji Lulung, Pengusaha Sekaligus Politisi Andal

oleh: galih Life Style Tuesday, 14 December 2021 12:00 p.m.


Mancode – Politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Abraham Lunggana alias Haji Lulung dikabarkan meninggal dunia. Ketua DPW PPP DKI Jakarta tersebut menghembuskan nafas terakhirnya pada pukul 10.51 WIB di Rumah Sakit Harapan Kita Jakarta, Selasa (14/12/2021).

"Innalillahi Wainna Ilaihi Rojiun. Baru saja kabar duka cita. Ketua DPW PPP DKI abanda Haji Lulung Meninggal Dunia pada Selasa, 14 Desember 2021," kata politikus PPP Achmad Baidowi melalui keterangan tertulis.

Diketahui, Haji Lulung sebelumnya dikabarkan terkena serangan jantung. Ia sempat dirawat di ruang Intensive Cardiovascular Care Unit (ICVCU) Rumah Sakit Harapan Kita. Usai terkena serangan jantung, kondisi kesehatan Haji Lulung sempat dikabarkan membaik pada pekan lalu.


Pengusaha Sukses

Melansir berbagai sumber, Sebelum berkiprah di dunia politik, Haji Lulung dikenal sebagai tokoh Tanah Abang yang merintis usaha dari nol. Saat ia berusia 16 tahun, Haji Lulung sudah ditinggal wafat bapaknya yang merupakan seorang tentara berpangkat Peltu. Sedangkan ibunya memiliki keturunan dari KH. Abdullah Syafiie, pendiri Perguruan Islam Asy-Syafiiyyah.

Demi menghidupi keluarganya, sejak kecil dia membantu mencari nafkah dengan mengumpulkan sampah pasar berupa plastik, karung, kardus, dan lainnya. Lambat laun, kehidupannya sedikit mulai sedikit berubah ketika ada perluasan Pasar Kebon Dalem (1976), kala itu ia sudah menjadi bos barang bekas.

Melihat perkembangan pasar semakin berkembang, ia memiliki pemikiran untuk mencari cara bagaimana mendapatkan satu persen dari peredaran uang di Pasar Tenabang. Obsesi satu persennya terbuka ketika ada penggusuran eks Markas AURI di Tenabang Bukit.

Saat itu, Haji Lulung sempat menjadi satpam di pertokoan tersebut. Interaksinya dengan lingkungan dan tokoh masyarakat, membuat dia dipercaya sebagai Kamtib LKMD Kelurahan Kampong Bali.

Pada 1986, usahanya mulai terlihat maju. Ditambah lagi saat dia fokus pada investasi lingkungan. Tempat pertama yang dikelolanya dari segi keamanan dan lingkungan adalah Kompleks Ruko Tanah Abang Bukit.

Seturut dengan itu, dia makin dipercaya ‘pegang’ kompleks ruko di JI Fachrudin dan menjaga keamanan Perpasaran Tanah Abang. Tak hanya itu, dia juga dipercaya sebagai manajer di Pertokoan Metro Tanah Abang pada 2000 dan ditunjuk juga mengelola keamanan di Metro Tanah Abang.

Kiprah di Politik

Haji Lulung mengawali karier politiknya bersama PPP. Namun, dia lantas meninggalkan PPP saat partai tersebut mengalami perpecahan. Dia hijrah ke Partai Bintang Reformasi (PBR) dan menjabat sebagai Ketua DPC PBR Jakarta Barat.

Setelah Pemilu 2004, Haji Lulung pun kembali ke PPP dan terpilih menjadi Ketua DPC PPP Jakarta Pusat. Karier Haji Lulung di politik semakin menanjak ketika terpilih menjadi anggota DPRD DKI Jakarta secara dua periode berturut-turut pada 2009-2014 dan 2014-2019.

Pada 2019, dia berhasil melenggang ke Senayan. Dia terpilih sebagai anggota DPR RI periode 2019 hingga 2024 dari daerah pemilihan DKI Jakarta III.

Baca Juga: Seuntai Kisah Perjalanan Gus Dur

Baca Juga: Mengenang Kembali Sosok dan Karya W.S. Rendra

Baca Juga: Mengenang Jasa Besar Soeharto untuk Indonesia




Share To


galih

galih

Dec. 14, 2021, noon


tags : Haji Lulung Meninggal Dunia Anggota DPR RI Haji Lulung Politisi PPP Life Style


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE

Entertainment 14 September 2022 12:00 p.m.

Melly Mono Ubah Cara Bernyanyi di Single "Singgah"

Shopping 5 September 2022 10:00 a.m.

Perluas Jangkauan Global, Lalamove Hadir di Bangladesh