Gideon-Tengker-Gitaris.jpg

Sosok Gitaris Legendaris Gideon Tengker, Mertua Raffi Ahmad

oleh: inggil History Wednesday, 2 September 2020 13:00 p.m.


Mancode - Sebagai seorang seniman yang menggeluti bidangnya maka sampai kapanpun akan tetap produktif dalam berkarya. Begitu pula yang ada pada diri Gideon L.J Tengker, mertua dari Raffi Ahmad. Di usianya yang sudah tidak muda lagi, dirinya masih konsisten untuk tetap berkarya di kancah musik Tanah Air.

Bagi yang belum mengenal sosok Gideon Tengker, dirinya merupakan salah satu gitaris legendaris Indonesia. Bergabung bersama grup musik, Drakhma yang terkenal di era 1980-an, ayah dari Nagita Slavina ini memiliki keahlian dalam bermain gitar. Tidak hanya jago dalam bermain musik, diketahui sosok pria berambut panjang ini juga ahli dalam membuat alat musik seperti gitar dan drum.

Gideon-Tengker.jpg

Grup Musik, Drakhma sendiri merupakan band yang beranggotakan lima orang di antaranya, Dani Mamesah, Dodo Zakaria, Gideon Tengker, Rudy Gagola, dan Ricky Basuki. Nama dari Drakhma sendiri diambil dari nama mata uang Yunani. Serta ada pula empat penyanyi latar, masing-masing Uce Anwar, Eva Diana Sari, Christine Budiarjo, dan Daisy Maengkom.

Pada eranya, band Drakhma menjadi salah satu grup musik besar di Indonesia, sudah ada tiga album yang dikeluarkan ‘Hari Esok’, ‘Citra Bahagia’, dan ‘Tiada Kusadari’. Konsep musik Drakhma sebetulnya eklektik. Ada pop, jazz, R&B hingga sedikit blues. Ini mungkin berkaitan dengan latar belakang para pemusiknya yang cukup beragam. Dodo Zakaria, yang pernah terlibat dalam berbagai grup rock dan jazz memiliki kontribusi tersendiri. Lalu, ada Rudy Gagola yang memberi alunan bass rock.

Meski tidak lagi muda, Gideon Tengker tetap aktif dan produktif berkarya. Terlihat di akun YouTube ‘GitaranSore GitarPlus’ yang diunggah pada 14 Juli 2015, Gideon tengah menyiapkan album solonya. Semua itu ia kerjakan di rumahnya yang mana terdapat studio musik lengkap dengan alat-alatnya.

Band-Gideon-Tengker.jpg

Terlihat dalam video berdurasi 8 menit tersebut, Gideon bercerita juga dirinya sedang diendorse oleh ‘Rick Hanes’ salah satu produsen gitar ternama asal Sidoarjo, Jawa Timur. Kala itu, kakek dari Rafathar ini sedang bermain ke tempat Rick Hanes, di sana lah dirinya diminta untuk membuat gitar.

Kehidupan Gideon Tengker saat ini menetap di kawasan Puncak. Selepas berpisah dengan sang istri, dirinya memilih untuk menjauhi hiruk-pikuk perkotaan dan memilih menenangkan diri dengan suasana alam. Meski jauh dari perkotaan, tak membuat diri Gideon berhenti bermain musik. Di rumahnya yang luas itulah dirinya juga membuat studio musik sendiri yang menjadi tempat untuk mengeksplorasi kemampuan bermusiknya.

Terbilang di usianya yang tidak muda lagi Gideon tetap tampil enerjik. Tampaknya jiwa muda dan seniman telah melekat pada sosoknya. Bisa terlihat dari penampilan Gideon saat mengunjungi sang cucu, Rafathar. Selain bermusik, ayah dari Nagita Slavina ini juga aktif dalam kegiatan sosial yaitu mengurus sebuah yayasan.

Gideon-L-J-Tengker.jpg

Baca Juga: Gerald Situmorang Sang Gitaris dengan Talenta Luar Biasa

Baca Juga: Selamat Ulang Tahun Vokalis Metallica, James Hetfield

Baca Juga: Dari Jurnalis Hingga Vokalis, Ini Sosok Ananda Badudu


Share To


inggil

inggil

Sept. 2, 2020, 1 p.m.


tags : Band Drakhma Gitaris Hebat Indonesia Mertua Raffi Ahmad Profil Ayah Kandung Nagita Slavina Suami Pertama Rieta Amalia Gideon L.J Tengker Gideon Tengker


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Life Style 1 December 2020 10:00 a.m.

Detail Spesifikasi dan Harga Wuling Almaz Limited Edition

Entertainment 1 December 2020 7:00 a.m.

“Takut Nanti Rindu”, Kisah Perjalanan Rinni Wulandari

Life Style 30 November 2020 11:00 a.m.

Ritel Topshop Diambang Penutupan