SOS Children’s Villages Bantu Korban Terdampak Gempa Bumi Cianjur.jpg

SOS Children’s Villages Bantu Korban Terdampak Gempa Bumi Cianjur

oleh: rachli Life Style Sunday, 27 November 2022 12:00 p.m.


Mancode - SOS Children’s Villages melalui tim Emergency Response Program melakukan asesmen di Desa Sukamulya, Kecamatan Cugenang, Cianjur. Desa ini merupakan salah satu lokasi paling terdampak dari bencana gempa bumi pada 21 November 2022 lalu.

Dari hasil asesmen di lokasi yang dianggap masih minim bantuan ini ditemukan 10 anak meninggal dunia akibat bencana gempa bumi, 1.356 orang terdampak bencana gempa bumi, berkurangnya pasokan makanan dan minuman, serta terdapat dua posko pengungsi dengan total sekitar 900 orang.

National Director SOS Children’s Villages, Gregor Hadi Nitihardjo menyampaikan, tim Emergency Response telah dikerahkan untuk berkoordinasi dengan berbagai pihak dan membantu pemerintah setempat menyalurkan bantuan dan dukungan khususnya bagi anak-anak dan keluarga.


“Anak-anak yang paling rentan dari yang rentan. Hak anak untuk kelangsungan hidup, perkembangan, partisipasi dan perlindungan dalam segala keadaan terutama selama keadaan darurat menjadi prioritas kami,” katanya mengutik keterangan resmi yang diterima, Jumat (25/11/2022).

Tim Emergency Response Program dari SOS Children’s Villages akan memberikan bantuan yang paling mendesak untuk disalurkan, seperti tenda, selimut, makanan pokok, popok bayi, obat-obatan, alat-alat kebersihan dan kebutuhan dasar lainnya yang paling utama dibutuhkan segera oleh para korban terdampak serta membangun tempat aman untuk anak atau Children Care Space.

Selain mengerahkan tim Emergency Response Program untuk membantu anak-anak dan keluarga yang terdampak, SOS Children’s Villages juga membuka ajakan bagi seluruh Sahabat untuk turut bergerak bersama mendukung tim Emergency Response Program.

Ajakan itu seperti menyediakan tempat aman untuk anak-anak yang terdampak atau Child Care Space yang termasuk di dalamnya ada trauma healing activities dan educational activities, logistik di lokasi terdampak (tempat berlindung atau tenda, P3K, peralatan memasak, peralatan kebersihan, selimut, matras, bantal, dan kebutuhan dasar keluarga lainnya), pasokan makanan, dan bahan bakar genset

Melihat gentingnya situasi ini, tim Emergency Response Program dari SOS Children’s Villages akan bekerja dalam berbagai cara untuk menjaga agar anak-anak dalam keadaan terdampak bencana agar tetap aman.

Untuk diketahui, Emergency Response Program merupakan salah satu dari tiga program kerja SOS Children’s Villages di Indonesia.

Selain program Family Like Care (FLC) and program Family Strengthening, Emergency Response Program dibentuk untuk melindungi anak-anak karena ketika bencana terjadi, anak-anak merupakan kelompok yang paling terkena dampak, mulai dari kehilangan akses pendidikan, kehilangan keluarga, hingga meninggalkan trauma mendalam.

SOS Children’s Villages bekerja untuk memastikan setiap anak yang terdampak bencana tetap mendapatkan hak-haknya serta terlepas dari trauma bencana melalui program bantuan langsung dan pendirian Children Center yang memfasilitasi semua kegiatan anak termasuk pendidikan, bermain, serta trauma healing.

Baca Juga: Addie MS dan Twilite Orchestra Meriahkan Hari Jadi SOS Children’s Villages

Baca Juga: Google Luncurkan Dana Rp42 Miliar untuk Melawan Misinformasi Vaksin Covid

Baca Juga: Dukung UMKM Jawa Tengah, MR.DIY Salurkan Bantuan Peralatan Rumah Tangga




Share To


rachli

rachli

Nov. 27, 2022, noon


tags : Desa Sukamulya Emergency Response Program Gempa Bumi Cianjur SOS Children’s Villages Gempa Bumi


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA