Solo-Travelling-ke-Palembang-Yuk-Kunjungi-Lokasi-Ini-(Part-I).jpg

Solo Traveling ke Palembang? Yuk Kunjungi Lokasi Ini (I)

oleh: emil Travel Monday, 20 May 2019 11:00 a.m.


Jenuh dengan kesibukan di kantor atau perkuliahan? Mungkin sudah saatnya mancoders untuk bergegas berkemas untuk travelling di kala akhir pekan. Sebab dengan berwisata sendiri atau solo travelling, mancoders bisa mendapatkan hal unik dan pengalaman baru. Apalagi bila kalian tinggal di Ibu Kota, suasana perkotaan seperti DKI Jakarta terkadang dapat memicu rasa penat. Dalam Hal ini, mungkin Kota Palembang bisa menjadi pelepas penat tersebut.

Salah satu kota terbesar di Pulau Sumatera ini menyimpan beragam lokasi unik yang mancoders bisa kunjungi. Dari mulai wisata kuliner sampai wisata sejarah, semua dapat mancoders lakukan di Palembang. Terpenting, travelling seperti ini dapat membuat kalian keluar dari zona nyaman serta kepenatan di Ibu Kota. Sementara bila mancoders butuh referensi lokasi yang dikunjungi, berikut ini tempat-tempat yang kalian bisa datangi kala solo travelling di Palembang.

Wisata Sejarah

Bila mancoders suka dengan hal-hal yang memiliki hubungan dengan sejarah, maka kalian bisa memilih untuk berkunjung ke Benteng Kuto Besak. Tempat wisata sejarah ini berlokasi di Jalan Sultan Mahmud Badarudin, 19 Ilir Bukit Kecil dan sudah berdiri semenjak abad ke-18. Benteng ini dibangun di era Sultan Muhammad Bahauddin dan membutuhkan waktu 17 tahun untuk rampung.

Baca Juga: Wisata Kota Malang untuk Traveler Penggemar Suasana Alami

Saat mengunjungi Benteng Kuto Besak, mancoders juga bisa melihat megah dan kokohnya Jembatan Ampera yang ikonik di Kota Palembang. Benteng ini juga berlokasi di tepi Sungai Musi. Ketika malam menjelang banyak pedagang yang berjualan di sini.

Di area yang masih di Sungai Musi juga ada pulau yang menjadi objek wisata favorit di Palembang, yaitu Pulau Kemaro. Ketika mendekati pulau ini, hal pertama yang menarik perhatian mancoders adalah pagoda yang menjulang tinggi sembilan lantai. Pagoda ini kerap dijadikan lokasi selfie para pengunjung. Di pulau ini juga ada Klenteng Hok Thing Rio yang sering mernjadi lokasi ziarah pengunjung Tiongha.

Wisata-Sejarah-Palembang.jpg

Pulau Kemaro memiliki legenda yang menjadi daya tarik bagi para pasangan yang datang ke sini. Dikisahkan, Pangeran Tan Bun An yang datang dari Tiongkok ke Palembang untuk berdagang, bertemu dengan Raja Palembang. Namun ketika menemui sang raja, Tan Bun An pun jatuh hati dengan Putri Siti Fatimah yang berakhir dengan keduanya ingin melanjutkan hubungannya ke pernikahan.

Tan Bun An dan Siti Fatimah berkunjung ke Tiongkok untuk bertemu dengan orangtua sang pangeran untuk meminta restu. Orangtua Tan Bun An kemudian memberikan pasangan itu tujuh guci yang diklaim berisi emas. Namun ketika pasangan itu kembali ke Palembang, Tan Bun An pun membuka guci itu karena penasaran ingin melihat isinya. Ia pun terkejut karena menemukan keberadaan sawi asin di dalam guci bukan emas, ia pun membuang guci-guci itu ke Sungai Musi.

Baca Juga: Pulo Cinta, Destinasi Wisata Laut Maldives Ala Gorontalo

Salah satu guci tersebut sempat jatuh di kapal, dan ketika pecah barulah terlihat emas-emas yang tertutup sayur asin. Baru sadar dengan keberadaan emas itu, Tan Bun An bersama pengawalnya terjun ke sungai untuk mengambil emas di dalam guci yang sebelumnya sudah dilempar ke air. Tak kunjung muncul, Siti Fatimah pun ikut terjun. Kuil dan makam pun dibangun di Pulau Kemaro untuk mengenang mereka.

Itulah referensi untuk wisata sejarah di Kota Palembang. Masih ada dua referensi lagi, yaitu wisata alam dan wisata kuliner. Untuk melihat lanjutannya, mancoders bisa membacanya di Solo Travelling ke Palembang? Yuk Kunjungi Lokasi Ini (Part II).

Baca Juga: Solo Traveling ke Palembang? Yuk Kunjungi Lokasi Ini (II)


Share To


emil

emil

May 20, 2019, 11:14 a.m.


tags : Palembang Travel solo travelling


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.


ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Entertainment 6 December 2019 17:00 p.m.

Opera Gandari Padukan Ragam Unsur Seni

Entertainment 6 December 2019 16:00 p.m.

Pegolf Thailand Bidik Kemenangan BNI Indonesia Masters 2019

Technology 6 December 2019 15:00 p.m.

Trend Micro Tema Utama Keamanan Siber Masa Depan

Entertainment 5 December 2019 17:00 p.m.

Opera Gandari Suguhkan Pertunjukan Opera Baru