Solois-Adnil.jpg

Solo Karir, Adnil Rilis Single 'Sumarah'

oleh: inggil Entertainment Thursday, 25 June 2020 7:00 a.m.


Mancode - Apa jadinya jika seorang gitaris session melepaskan karya solo? Bukan cuma bermain gitar, tetapi juga menjadi eksekutor part vokal alias bernyanyi. Itulah yang dilakukan oleh Adnil. Mengawali karir sebagai gitaris session bersama Bunga Citra Lestari sejak 2010, kali ini Adnil mencoba untuk solo karir.

Sepuluh tahun bermain musik dengan genre pop, Adnil pun mencoba untuk keluar dari zona nyaman itu. Menengok lebih ke belakang lagi pada era 2000-an, Adnil sendiri merupakan gitaris yang lekat dengan stigma musik rock. Kala itu, ia bergabung dengan grup musik EVO, di sana Adnil memperlihatkan sisi ‘pemberontaknya’ melalui ayunan gitar berdistorsi.

Sebelum bergabung dengan EVO, Adnil juga pernah mengisi formasi di band Base Jam. Bersama Base Jam, dirinya menambahkan melodi gitar berkontur rock di lagu-lagu pop.

Sementara itu, dalam satu-satunya album EVO yang bertajuk ‘Evolution’ (2007), perlahan Adnil mulai bisa melepaskan energi yang sebelumnya tidak pernah ia lakukan bersama Base Jam. Hanya saja, dengan format dua gitaris bersama Didit Saad, pengagum gitaris Extreme, Nuno Bettencourt ini masih harus bermain sesuai kebutuhan lagu.

Baca Juga: Bersolo Karier, Mikha Angelo Ciptakan Single Debut Shot

Setelah mengarungi perjalanan karir musik bersama band, Adnil kini membuka gerbang menuju album solo perdananya. Pada 20 Juni 2020 tepat pukul 20.00 WIB dirinya mengeluarkan single solo bertajuk ‘SUMARAH’ di akun Instagram pribadinya, @Adnilfaisal.

Adnil-Solois.jpg

Proses pengerjaan single ‘Sumarah’ mulai dari penulisan lirik, aransemen lagu, bernyanyi, bermain gitar, hingga produksi semua dikerjakan Adnil sendiri. Dari sisi musik, ‘SUMARAH’ dibuka dengan riff gitar lincah yang serta merta ditimpali dentuman bass kuat dan pukulan drum yang menderu.

Pada bagian verse, vokal natural Adnil berkumandang dengan hanya diiringi riff gitar berdistorsi. Dirinya juga tidak memaksakan diri untuk bernyanyi dengan gaya rock. Baginya, rock adalah soul bukan dari seberapa garang dia bernyanyi. Memasuki reff, emosi Adnil menggelegar saat melakukan strumming pada dawai gitarnya. Sound yang disemburkannya pun menyalak lantang dengan perpaduan riff gitar yang menantang.

Baca Juga: Sivia Azizah Ajak Kenny Gabriel Remix Lagu 'New York'

‘SUMARAH’ dirilis bertepatan dengan era baru kehidupan di tengah pandemi COVID-19 yang belum jinak. Adnil ingin mengajak semua pihak untuk bangkit dan melanjutkan hidup, bukan berdiam diri dan meratapi kondisi saat ini. Pada bagian verse terlihat bagaimana setiap individu akan merasa berat ketika harus menjalani sebuah tatanan baru. Awalnya, kita bakal tersungkur dan bahkan tak berdaya.

“Sesusah apa pun keadaan atau pekerjaan bila dijalani dengan nikmat, akan terasa lebih mudah,” ungkap Adnil, dari pers rilis yang diterima Mancode.

Dibalut dalam guyuran komposisi musik rock yang penuh distorsi, ‘SUMARAH’ merupakan multivitamin dari Adnil yang diharapkan mampu menambah gairah setiap individu yang mendengarkan lagu ini.

“Kita harus bersikap realistis dengan kondisi ini. Pasrah bukan berarti menyerah,” tukas Adnil.

Saat ini, single ‘SUMARAH’ sudah tersedia di seluruh platform digital musik seperti Spotify, iTunes, Deezer, dan banyak lagi lainnya.

Baca Juga: Dokumentasi Tur Stars and Rabbit dalam ‘Illusory Utopia’


Share To


inggil

inggil

June 25, 2020, 7 a.m.


tags : Adnil Faisal Adnil Sumarah EVO Base Jam Solo Karir Adnil Adnil Berita Musik Indonesia


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Life Style 7 August 2020 12:00 p.m.

Tiket Pameran Modifikasi IMX 2020 Mulai Dijual Online

Life Style 7 August 2020 10:00 a.m.

Kalbe Luncurkan Fatigon Promuno Berbahan Herbal

Technology 7 August 2020 6:00 a.m.

Spotify Luncurkan Empat Original Podcast Indonesia

Life Style 5 August 2020 9:00 a.m.

Pesan Mendalam Stevan Pasaribu lewat Lagu Barunya