
Social Bread Hadir Bantu Pemanfaatan Media Sosial Bagi UKM
oleh: rachli Technology Wednesday, 29 March 2023 11:00 a.m.
Mancode - Social Bread, digital marketing marketplace yang berbasis di Indonesia dengan tujuan mendukung para pemilik usaha, terutama Usaha Kecil dan Menengah (UKM), resmi diluncurkan. Acara peluncuran Social Bread berlangsung di Social Bread Hub, The Breeze BSD City, Tangerang.
Edho Zell, Co-Founder dan Chief Executive Officer Social Bread menyampaikan rasa senang atas peluncurannya. Menurutnya, Social Bread merupakan game changer dalam menyetarakan para UKM, khususnya dalam pemanfaatan media sosial untuk menjangkau para pelanggan.
“Dengan pengalaman tim yang luas di industri digital, kami memberikan solusi end-to-end untuk para pemilik bisnis dengan harga yang kompetitif,” kata Edho Zell, Selasa (28/3/2023).
Selain Edho Zell, Social Bread juga didirikan oleh Lydia Susanti (Chief Operating Officer), Ester Jeanette (Chief Marketing Officer), dan Messiah Richardo (Chief Technology Officer) pada 2020.
Memiliki pengalaman serupa dalam bidang pemasaran digital dan media sosial, para co-founder ini menyadari besarnya potensi media sosial dalam memengaruhi keputusan pembelian pada pelanggan, terutama karena media sosial telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari kebanyakan orang saat ini.
Namun, banyak pebisnis dan UKM kesulitan memanfaatkan media sosial untuk mengembangkan bisnis mereka karena keterbatasan sumber daya, keahlian, dan keterampilan untuk mengelola akun media sosial. Tidak semua UKM memiliki tim khusus atau dapat mempekerjakan agensi digital karena membutuhkan investasi anggaran yang besar.
Social Bread hadir untuk menghilangkan dua masalah utama tersebut dengan menyediakan platform untuk menghubungkan UKM dengan para konten kreator dan influencer lokal. Sebelum memberikan rekomendasi, Social Bread akan mencoba menganalisis dan memahami tujuan atau kebutuhan dari para UKM.
Hal itu memungkinkan Social Bread untuk memberikan rekomendasi yang didasarkan pada industri dari UKM, jenis platform, serta konten yang sesuai dengan audiens yang ditargetkan, dan bahkan jumlah konten kreator atau pengikut untuk mencapai tujuan tersebut.
Setelah proses orientasi selesai, UKM akan dihubungkan dengan konten kreator atau umumnya disebut sebagai mitra kreator (creator partners) di Social Bread. Mitra kreator tidak hanya berperan untuk memproduksi konten berdasarkan arahan yang telah disepakati, tetapi juga akan menjadi pihak yang mengelola akun media sosial para UKM.
Hal tersebut memungkinkan para pemilik usaha untuk lebih fokus dalam menjalankan atau memperluas bisnis mereka, dan membiarkan para konten kreator untuk memaksimalkan potensi akun media sosial.
Penjualan melalui live shopping berkembang secara pesat di Indonesia dan telah menjadi kebutuhan para pelaku usaha kecil. Social Bread juga baru saja meluncurkan fitur barunya, “Live Shopping” untuk memenuhi kebutuhan para pelaku bisnis dan menghubungkan live streamer untuk mengelola live shopping mereka.
Social Bread raihan pendanaan awal US$ 400.000
Social Bread turut mengumumkan peraihan pendanaan awal senilai US$ 400.000 (sekitar 6 miliar rupiah) yang dipimpin oleh East Ventures. Putaran pendanaan ini juga diikuti oleh Living Lab Ventures. Dana segar ini akan digunakan untuk mengembangkan platform teknologi yang berbeda untuk memberdayakan ekosistem merchant.
Social Bread sedang membangun pengalaman live shopping yang berbeda yang bertujuan untuk meningkatkan dan mendorong penjualan para merchant setidaknya 10 kali lipat dalam kurun satu tahun.
“Kami menyambut Social Bread ke dalam ekosistem East Ventures. Dengan besarnya potensi ekonomi digital, Social Bread tidak hanya menjembatani UKM dan konten kreator, tetapi juga membantu UKM, salah satu tulang punggung ekonomi Indonesia, untuk mengembangkan bisnisnya. Kami berharap untuk terus merasakan keseruan dan dampak positif yang akan dihadirkan oleh Edho dan tim,” kata Melisa Irene, Partner East Ventures.
Sejak 2020, Social Bread telah mendukung lebih dari 500 UKM dari Jabodetabek, Surabaya, dan kota-kota lainnya di Indonesia dalam mendorong pertumbuhan penjualan mereka melalui penggunaan media sosial. Social Bread terdiri dari tim akan 50 anggota dan telah mengelola lebih dari 5.000 mitra kreator terdaftar.
Share To

rachli
March 29, 2023, 11:08 a.m.
Berita terpopuler
ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

Dell Inspiron 3020, PC Desktop Prosesor Terbaru Intel Core Generasi ke-13
56 3 weeks, 5 days ago
PC desktop ini hadir dengan desain ramping, ringkas dan dapat menghemat penggunaan ruang, namun tetap tanpa mengurangi performa.

EV-DCI 2023 Sebut Platform SatuSehat Bantu Pemerataan Akses Kesehatan di Indonesia
48 3 weeks, 1 day ago
Platform ini dapat membantu mengatasi tantangan data yang terfragmentasi dan infrastruktur layanan kesehatan yang tidak merata.

OPPO Resmi Kenalkan OPPO Find N2 Flip di Indonesia
45 2 weeks, 6 days ago
OPPO Find N2 Flip memiliki berbagai keunggulan, seperti teknologi engsel yang terbaru, layar depan yang terluas hingga kamera profesional hasil kerja sama dengan Hasselblad.
YOU MAY ALSO LIKE
Travel 30 May 2023 9:00 a.m.
4 Geopark Indonesia Masuk Jaringan UNESCO Global Geoparks
Life Style 23 May 2023 22:00 p.m.
Honda Resmikan Dealer Pertama di Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat
Entertainment 21 May 2023 20:00 p.m.
Singaraja Fest 2023 Siap Digelar
Life Style 19 May 2023 8:00 a.m.