Singapore Airlines Tambah Tujuh Pesawat Kargo Airbus A350F.jpg

Singapore Airlines Tambah Tujuh Pesawat Kargo Airbus A350F

oleh: rachli Travel Tuesday, 1 March 2022 10:00 a.m.


Mancode - Untuk menunjang kebutuhan armada baru, Singapore Airlines (SIA) telah memastikan pemesanan tujuh pesawat kargo Airbus A350F, dengan pilihan untuk memesan lima pesawat lagi. Armada A350F ini akan menggantikan tujuh pesawat kargo Boing 747-400 milik SIA.

Perjanjian pemesanan ini sendiri ditandatangani pada 16 Februari 2022 di Singapore Airshow 2022 oleh Chief Executive Officer SIA Goh Choon Phong dan Chief Commercial Officer dan Head of International Airbus Christian Scherer.

Goh Choon Phong mengatakan, pemesanan ini menegaskan pentingnya pasar kargo bagi grup perusahaan SIA. Pengenalan A350F ini akan meningkatkan kemampuan SIA di sektor utama ini, dan memastikan bahwa SIA siap untuk peluang pertumbuhan yang akan muncul di tahun-tahun mendatang.


“Pesawat generasi baru ini pada dasarnya akan meningkatkan efisiensi operasi dan mengurangi pembakaran bahan bakar, memberikan kontribusi penting terhadap keberhasilan tujuan dekarbonisasi jangka panjang kami,” katanya.

Nantinya, maskapai ini akan menjadi yang pertama mengoperasikan pesawat kargo berbadan lebar generasi baru saat pengiriman dimulai pada kuartal keempat 2025. A350F dinilai mengonsumsi bahan bakar hingga 40 persen lebih sedikit pada penerbangan yang sama dengan 747-400F.

Dengan begitu, A350F yang didukung oleh mesin Rolls-Royce Trent XWB-97 ini akan mengurangi emisi karbon SIA sekitar 400.000 ton per tahun. Hal tersebut juga mendukung tujuan grup perusahaan SIA untuk mencapai emisi nol karbon pada 2050 mendatang

Jarak tempuh dan muatan A350F akan memberi SIA fleksibilitas yang lebih baik dalam penggunaan pesawat kargonya, memperkuat bisnis kargo dan memperkuat posisinya sebagai pemimpin di sektor ini. SIA juga telah memperkuat kapabilitas kargonya selama beberapa tahun terakhir.

Penguatan kapabilitas itu dilakukan di sejumlah segmen utama termasuk e-commerce, produk segar, dan farmasi. Selain itu, SIA meluncurkan beberapa inisiatif digital yang memberikan nilai dan pilihan yang lebih banyak bagi pelanggan.

Kesepakatan A350F dengan Airbus termasuk pertukaran 15 A320neo dan dua pesawat panumpang A350-900 dalam order book grup perusahaan SIA. Hal ini menunjukkan SIA untuk mengelola belanja modalnya sembari melanjutkan program pembaruan pesawat kargo yang penting.

Spesifikasi Pesawat Kargo A350F

Pesawat yang baru diluncurkan ini memanfaatkan keunggulan dari program pesawat penumpang A350 yang sukses, menggunakan aerodinamika canggih dan teknologi efisiensi bahan kabar untuk memaksimalkan dalam hal pembakaran bahan bakar, emisi karbon dioksida, dan ekonomi.

A350F menggunakan lebih dari 70 persen material canggih seperti komposit, titanium, dan paduan aluminium modern untuk menciptakan pesawat yang lebih ringan dan lebih hemat biaya, sekaligus meningkatkan ketahanan terhadap korosi dan mengurangi kebutuhan perawatan.

A350F dipadukan dengan mesin Rolls-Royce Trens XWB-97 A350F, memungkinkan perubahan yang lebih ekonomis dan efisiensi bahan bakar hingga 40 persen dibandingkan pesawat kargo generasi lama. A350F juga mampu memenuhi standar emisi Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO) 2027.

Selain itu, A350F dapat membawa volume kargo yang serupa dengan Boing 747-400F, yang akan digantikannya pada armada SIA, dengan kemampuan mengangkut muatan sekitar 109 ton.

Baca Juga: Singapore Airlines Kembali Membuka Layanan Penerbangan Ke Bali

Baca Juga: Singapore Airlines Kembali Memulai Penerbangan Pertama Ke Bali

Baca Juga: Singapore Airlines Uji Cobakan Penggunaan Bahan Bakar Pesawat Berkelanjutan




Share To


rachli

rachli

March 1, 2022, 10 a.m.


tags : Singapore Airlines Pesawat Kargo Airbus A350F


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA