Sesuaikan Karakter Pemakai, Kenali 3 Jenis Lapel Blazer Ini.jpg

Sesuaikan Karakter Pemakai, Kenali 3 Jenis Lapel Blazer Ini

oleh: rachli Fashion Style Monday, 21 March 2022 10:00 a.m.


Mancode - Blazer atau jas merupakan salah satu fashion item yang dapat menunjang penampilan seseorang secara formal maupun bergaya smart casual. Akan tetapi, jangan hanya sekadar memakainya. Setidaknya perlu mengetahui bagian dari fashion item ini agar tepat penggunaannya. Seperti halnya bagian lapel.

Dalam dunia desain fashion istilah lapel dapat diartikan sebagai bagian dada baju yang dilipat ke samping. Bagian ini merupakan lanjutan dari kerah (leher baju) yang dibuat menyambung hingga bagian kancing. Pada dasarnya, lapel yang dipasangkan pada blazer atau jas memiliki beberapa jenis.

Melansir laman Fitinline, ada tiga jenis lapel yang bagi sebagain besar orang tidak terlalu mempertimbangkan tentang keberadaannya. Padahal, masing-masing lapel tersebut memiliki karakter yang berbeda satu sama lain dan dapat dipilih berdasarkan karakter pemakai. Berikut jenisnya.


Notch Lapel

Notch Lapel.jpg

Notch lapel merupakan salah satu jenis kerah blazer atau jas yang paling umum dan paling banyak digunakan pada model blazer casual. Berbeda dengan jenis peak lapel, pola bagian kerah dari notch lapel ini sebenarnya tidak menyambung. Jika menginginkan tampilan yang cenderung simple dan aman, notch lapel bisa menjadi alternatif pilihan yang tepat.

Peak Lapel

Peak Lapel.jpg

Peak lapel termasuk ke dalam jenis lapel yang bagian lapel-nya lebih lebar dari pada jenis notch lapel. Pola yang terbentuk pada bagian dekat leher cenderung mirip seperti huruf “V”. Meski pada awalnya hanya digunakan untuk blazer atau jas formal, namun pada perkambangannya model lapel semacam ini juga banyak dikombinasikan pada blazer casual.

Shawl Lapel

Shawl Lapel.jpg

Berbeda dengan lapel sebelumnya, shawl lapel ini bentuknya cenderung melengkung (curved). Kesan yang ditujukan pada shawl lepel cenderung bersifat formal sehingga lebih banyak ditemui pada tuxedo dibandingkan jenis blazer atau jas pria lainnya. di mana kenis kain yang digunakan yaitu berupa bahan satin atau silk.

Baca Juga: Tidak Lekang Waktu, Ini 6 Inspirasi Gaya Vintage Pria

Baca Juga: Amethyc Luster, Warna Tren Rambut 2022 Versi CBD Professional

Baca Juga: Kolaborasi G-SHOCK dan Paradise Youth Club Hadirkan Jam Tangan Edisi Terbatas




Share To


rachli

rachli

March 21, 2022, 10 a.m.


tags : Blazer Fashion Item Lapel


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE

Entertainment 23 September 2022 13:00 p.m.

DEWA 19 Kembali Gelar Konser Rayakan Tiga Dekade di Solo

Entertainment 20 September 2022 9:00 a.m.

Konser Satu Dekade NOAH Sukses Digelar