Sepak Terjang Karl Lagerfeld, Sang Desainer Legenda .jpg

Sepak Terjang Karl Lagerfeld, Sang Desainer Legendaris

oleh: aulia History Monday, 20 May 2019 11:00 a.m.


Karl Lagerfeld baru saja meninggal dunia pada 19 Februari 2019. Wafat Di usia 85 tahun, Karl meninggalkan karya-karya yang luar biasa di dunia fashion. Karl memang bukan orang baru di industri fashion. Ketertarikannya di dunia mode sudah tumbuh sejak dirinya masih remaja.

Desainer papan atas di abad 20 dan 21 ini suka menggunting-gunting dan membuat lookbook dari majalah fashion. Bahkan ia juga terkenal di sekolah karena kerap mengomentari gaya busana rekan sekolahnya. Pria kelahiran Hamburg, Jerman 10 Septermber 1933 ini memulai karier fashionnya saat umur 21 tahun.

Waktu itu, Karl berhasil memenangkan International Wool Secretariat untuk kategori coat. Di saat yang sama, ia pertama kali bertemu Yves Saint Laurent yang memenangkan kategori gaun mengutip vogue.com (20/2/2019). Berkat prestasi ini, Karl berhasil direkrut oleh pendiri rumah mode Balmain, Pierre Balmain.

Setelah itu, Karl menjadi Head Designer di Jean Patou. Di sana, Karl mendesain dua koleksi haute couture setiap tahunnya. Dilanjutkan pada tahunan 1963, ia memulai pekerjaannya menjadi pekerja lepas untuk Gabu Aghion di Chloe, di mana label ini dikenal sebagai label baju ready to wear pertama di Prancis.

Baca Juga: Tetap Fashionable Saat Berangkat Kerja dengan Sepeda

Berakhir dengan Chloe, Karl memulai perjalanannya dengan rumah mode Fendi pada 1965. Ia menjadi Creative Director Brand yang didirikan oleh Adele dan Edoardo Fendi. Hingga tahun 1983 Karl bergabung dengan Chanel tanpa meninggalkan Fendi.

Kariernya bersama Chanel ini yang membuat namanya melambung tinggi, Bahkan membuatnya kerap kali disebut desainer legendaris. Karya-karyanya ketika bergabung bersama Chanel dianggap fantastis dan revolusioner. Karl berani berkesperimen dengan bahan, gaya dan warna. Hal ini membuat hasil karyanya unik dan menjadikan Chanel semakin berharga.

Karl tetap mempertankan kesan Chanel yang klasik, namun ia memadukannya dengan detail yang modern dan artistik. Ia bahkan memperkenalkan gaya metalik dan futuristik yang kini menjadi imej khas Chanel. Karl mampu memoles pagelaran busana Chanel menjadi lebih menarik dan selalu ditunggu-tunggu oleh para pecinta fashion. Jika kalian merupakan penggemar hasil karya Karl, tentu pernah melihat bukan bagaimana Karl membuat panggung fashion show menjadi airport, pantai, supermarket, dan lain sebagainya.

Sepanjang kariernya dalam dunia mode, ia telah banyak mendapatkan banyak pernghargaan. Berikut beberapa penghargaan yang pernah dinobatkan untuk Karl Legerfeld.

  1. Lifetime Achievement Award, Council of Fashion Designers of America 2002
  2. Outstanding Achievement Award, British Fashion Council 2015
  3. Penghargaan Tertinggi untuk Commander of the Legion d’Honneur dari Presiden Nicolas Sarkoz, 2010
  4. Karya Karl di Chanel terpilih untuk dipamerkan dalam Pameran yang diselenggarakan oleh Costume Institute, 2010

Bukan hanya desainer berbakat, Karl juga merupakan fotografer. Karyanya sempat dipamerkan di Pintacotheque de Paris, sebuah galeri seni di Paris. Karl juga menulis beberapa buku, salah satunya adalah buku yang berjudul The Karl Lagerfeld Diet.

Walau Karl Legerfeld meninggal, desainer Chanel ini akan selalu dikenang oleh para penggemarnya.


Share To


aulia

aulia

May 20, 2019, 11:10 a.m.


tags : Karl Lagerfeld meninggal desainer chanel Karl Lagerfeld, Karl Lagerfield


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.


ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Technology 11 December 2019 17:00 p.m.

Blibli.com Siapkan Ragam Penawaran Akhir Tahun

Travel 10 December 2019 15:00 p.m.

5 Lokasi Wisata Berkonsep Glamping

Life Style 10 December 2019 15:00 p.m.

Apa Benar Orang Malas adalah Orang yang Kreatif?