Seni Reak Juarta Putra.jpg

Seni Reak Juarta Putra Siap Tampil di Festival Musik Roskilde Denmark

oleh: galih Entertainment Tuesday, 28 June 2022 13:00 p.m.


Mancode – Dunia kesenian Tanah Air patut berbangga. Delapan orang dari Seni Reak Juarta Putra asal Kabupaten Bandung, Jawa Barat, diundang tampil di festival musik Roskilde, Denmark pada 26 Juni – 2 Juli 2022.

Dalam acara musik terbesar di Denmark dan salah satu yang terbesar di Eropa ini, Seni Reak Juarta Putra juga akan ditampil bareng dengan musisi ternama lainnya. Di antaranya Post Malone, Dua Lipa, TLC, The Smile, The Strokes dan masih banyak lagi.

Anggi Nugraha, Ketua Grup Seni Reak Juarta Putra merasa bangga bisa mendapatkan kesempatan untuk mementaskan tradisi Indonesia khususnya Jawa Barat pada Festival Musik Roskilde di Denmark bersama jajaran artis legendaris dunia.


“Reak sendiri merupakan sebuah kesenian yang hidup di antara masyarakat agraris, khususnya masyarakat petani yang mayoritas menanam padi. Awalnya seni ini merupakan pengiring upacara yang disebut ‘helaran reumpak jarami, ampih pare’, yakni upacara yang dilakukan ketika para petani memindahkan padi dari sawah ke tempat penyimpanan padi (leuit) atau disimpan ke rumah,” ujar Anggi.

Juarta Putra akan tampil di hari yang sama dengan The Strokes, St. Vincent, Haim, Kings of Convenience pada 2 Juli 2022. Festival Roskilde merupakan acara musik terbesar di Denmark dan salah satu yang terbesar di Eropa. Festival ini merupakan suatu festival non-profit yang dimulai dari 2 orang mahasiswa pada 1971 di Denmark yang hingga kini terus menghasilkan jutaan dolar donasi untuk budaya, musik dan kemanusiaan.

Profil Seni Reak Juarta Putra

Seni Reak Juarta Putra berdiri sejak 1982. Juarta Putra merupakan generasi penerus dari kelompok sebelumnya yakni Warga Budaya (1935-1975) yang dipimpin oleh Abah Juarta dan saat ini beranggotakan 30 orang.

Instrumen pengiring yang digunakan Juarta Putra adalah seperangkat alat musik dogdog yang terdiri dari tilingtit, tong, brung, dan bangplak, bedug, kecrek, serta tarompet. Selain itu, sajian kesenian ini juga dilengkapi oleh penari barongan dan penari kuda lumping yang biasanya tampil dalam keadaan kerasukan atau kesurupan.

Baca Juga: Kiki Juliar Comeback lewat Lagu Bernuansa Dreamy Berjudul “Imaji”

Baca Juga: Candra Darusman Gandeng ERK di Album Sekuel Detik Waktu #2

Baca Juga: Satu Dekade Berkarya, Sabarbar Lepas EP "Ice Serut Rasa Susu Strawberry"




Share To


galih

galih

June 28, 2022, 1 p.m.


tags : Entertainment Kesenian Sunda Juarta Putra Seni Reak


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA