Yoko Ono.jpg

Selamat Ulang Tahun Yoko Ono

oleh: fachrul Entertainment Tuesday, 18 February 2020 8:00 a.m.


Mancode - Yoko Ono yang lahir pada 18 Februari 1933 adalah seniman multimedia, penyanyi, penulis lagu dan aktivis perdamaian berdarah Jepang. Karyanya juga mencakup seni pertunjukan dan pembuatan film yang ia lakukan dalam bahasa Inggris dan Jepang. Yoko Ono menikah dengan penyanyi dan penulis lagu legendaris Inggris, John Lennon dari The Beatles dari tahun 1969 hingga 1980.

Yoko Ono tumbuh di Tokyo dan juga menghabiskan beberapa tahun di New York. Yoko belajar di Universitas Gakushuin, tetapi mundur dari studinya setelah dua tahun dan pindah ke New York pada tahun 1953 untuk tinggal bersama keluarganya. Yoko menghabiskan beberapa waktu di Sarah Lawrence College dan kemudian terlibat dalam adegan seniman pusat kota New York, yang termasuk kelompok Fluxus.

Baca Juga: Didi Kempot Muncul dengan Warna Punk Rock

Yoko Ono pertama kali bertemu John Lennon pada 1966 di pameran seninya di London, dan mereka menjadi pasangan pada 1968 lalu menikah pada tahun berikutnya. Dengan penampilan fenomenal mereka 'Bed-Ins for Peace' di Amsterdam dan Montreal pada tahun 1969, Yoko Ono dan John Lennon merayakan bulan madu mereka di Hilton Amsterdam sebagai panggung untuk protes publik terhadap Perang Vietnam. Tema-tema feminis musiknya telah memengaruhi musisi ternama saat itu seperti B-52 dan Meredith Monk. Yoko Ono menuai pujian komersial pada album Double Chart (1980), sebuah kolaborasi dengan John Lennon yang dirilis tiga minggu sebelum pembunuhannya.

Sebagai janda John Lennon, Yoko Ono bekerja untuk melestarikan warisannya. Yoko Ono mendanai Strawberry Fields di Central Park Manhattan, Imagine Peace Tower di Islandia, dan Museum John Lennon di Saitama, Jepang (yang ditutup pada 2010).

Yoko Ono telah memberikan kontribusi filantropis yang signifikan pada dunia seni, perdamaian, bantuan bencana di Filipina dan Jepang. Pada 2012, Yoko Ono menerima Penghargaan Hak Asasi Manusia Dr. Rainer Hildebrandt. Penghargaan ini diberikan setiap tahun sebagai pengakuan atas komitmen non-kekerasan yang luar biasa terhadap hak asasi manusia. Yoko Ono melanjutkan aktivisme sosialnya ketika dia meresmikan Hibah LennonOno sebesar $ 50.000 pada tahun 2002. Yoko Ono juga ikut mendirikan grup Artists Against Fracking pada tahun 2012.

Yoko Ono memiliki seorang putri, Kyoko Chan Cox, dari pernikahannya dengan Anthony Cox dan seorang putra, Sean Taro Ono Lennon dari pernikahannya dengan John Lennon.

Baca Juga: 5 Sneakers Vans Bertema Musik


Share To


fachrul

fachrul

Feb. 18, 2020, 8 a.m.


tags : Ulang Tahun John Lennon Yoko Ono The Beatles


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA