Taufik Hidayat.jpg

Selamat Ulang Tahun Taufik Hidayat, Legenda Tunggal Putra Indonesia

oleh: galih Entertainment Monday, 10 August 2020 9:00 a.m.


Mancode – Taufik Hidayat, salah satu atlet putra tunggal bulu tangkis legendaris Indonesia merayakan hari ulang tahun hari ini, Senin (10/8/2020). Peraih medali emas Olimpiade Athena 2004 ini merayakan ulang tahunnya yang ke-39.

Taufik Hidayat adalah putra pasangan Haris dan Enok Dartilah yang lahir di Bandung, Jawa Barat, 10 Agustus 1981 silam. Taufik mengawali kiprahnya di dunia bulu tangkis ketika bermain di klub SGS Elektrik Bandung.

Selama terjun sebagai atlet bulu tangkis, sederet prestasi pernah diraihnya. Tercatat, Taufik sudah berhasil membawa pulang 16 medali emas, 10 medali perak, dan 13 medali perunggu. Tak hanya itu, Taufik juga sukses mengantongi 18 gelar juara dari berbagai turnamen dan 16 gelar runner up.

Prestasi terbaik yang pernah diraihnya adalah medali emas untuk Indonesia pada Olimpiade Athena 2004. Kala itu, Taufik berhasil mengandaskan tunggal putra dari Korea Selatan, Seung Mo Shon di babak final.

Setahun kemudian, dia menjadi juara dunia dengan mengalahkan pemain peringkat 1 dunia, Lin Dan di babak final. Gelar tersebut menjadikannya sebagai pemain tunggal putra pertama yang memegang gelar Kejuaraan Dunia BWF dan Olimpiade secara berturut-turut. Di ajang Asian Games, Taufik merebut gelar juara tunggal putra Asian Games 2002 di Busan 2002 dan 2006 di Doha.

Taufik dikenal sebagai pemain tunggal putra dengan pukulan smash tercepat yang mencapai 305 km/jam pada semifinal Kejuaraan Dunia 2006 di Madrid, Spanyol. Ia juga dikenal dengan pukulan backhand smash tercepat yang mencapai 206 km/jam. Banyak pemain lain yang coba hal tersebut, namun hingga saat ini belum ada yang sebaik Taufik.

Setelah malang melintang di dunia bulu tangkis, Taufik menyatakan resmi gantung raket pada 2013. Keputusan tersebut diambil usai tersingkir pada putaran pertama turnamen Djarum Indonesia Terbuka 2013 di Istora, Jakarta.

Sementara dalam kehidupan pribadinya, pada Februari 2006, Taufik Hidayat menikahi putri seorang Jenderal TNI Agum Gumelar, Ami Gumelar. Sudah 14 tahun berlalu, hingga kini biduk rumah tangga keduanya aman dari terpaan gosip. Keduanya kini dianugerahi seorang putri dan seorang putra.

Baca Juga: Bob Hasan: Bapak Atletik dan Raja Kayu Indonesia

Baca Juga: Bambang Pamungkas Pesepak Bola yang Punya Banyak Prestasi

Baca Juga: Karir Sang Maestro Sepak Bola, Paolo Maldini


Share To


galih

galih

Aug. 10, 2020, 9 a.m.


tags : Taufik Hidayat Ulang Tahun Entertainment Badminton Taufik Hidayat Tunggal Putra Taufik Hidayat Butu Tangkis Atlet Bulu Tangkis Atlet Bulu Tangkis Legendaris


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Life Style 25 September 2020 7:00 a.m.

BMW M 1000 RR Bertenaga Gahar Debut Global

Shopping 24 September 2020 15:00 p.m.

Bantu Brand Lokal, Folkaland Gelar Virtual Live Shopping

History 24 September 2020 10:00 a.m.

Sejarah di Balik Peringatan Hari Tani Nasional