Presiden Jokowi.jpg

Selamat Ulang Tahun Presiden Jokowi

oleh: galih Life Style Monday, 21 June 2021 7:00 a.m.


Mancode – Hari ini, jadi momen spesial bagi Presiden Joko Widodo (Jokowi). Orang nomor satu di Tanah Air ini merayakan hari ulang tahun yang ke-60. Presiden Jokowi lahir dari pasangan Noto Mihardjo dan Sudjatmi pada 21 Juni 1961 di Surakarta, Jawa Tengah.

Presiden Jokowi lahir dari keluarga sederhana. Dia adalah anak perdata dan putra satu-satunya dari empat bersaudara. Masa kecilnya, Presiden Jokowi mengeyam pendidikan di SD Neger 112 Tirtoyoso. Sejak kecil, Jokowi dikenal sebagai sosok pekerja keras. Untuk mencari uang jajan sehari-hari, beliau pernah bekerja sebagai penggergaji di usia 12 tahun.

Setelah lulus SD, Jokowi kemudian melanjutkan pendidikan di SMP Negeri 1 Surakarta dan SMA Negeri 6 Surakarta. Setelah lulus SMA, beliau kembali melanjutkan pendidikan di Fakultas Kehutanan, Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, Jawa Tengah.


Jokowi memulai kariernya di perusahaan kertas di Aceh. Dua tahun kemudian, dia memutuskan resign dan pulang ke kampung halangannya di Solo. Di kota kelahirannya, beliau memulai usaha mebel atau furnitur. Ketekunannya pada bisnis mebel mengantarkannya menjadi pengusaha mebel yang sukses.

Berhasil di bisnis mebel, beliau mencoba terjun ke dunia politik. Pada Pilkada Kota Solo 2005, Jokowi diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) untuk maju sebagai calon wali Kota Solo.

Ia berhasil memenangkan pemilihan tersebut dengan persentase suara sebesar 36,62 persen. Ia lalu kembali terpilih sebagai Wali Kota Surakarta atau Solo pada 2010. Pada 2012, Jokowi diminta secara pribadi oleh Jusuf Kalla untuk mencalonkan diri sebagai Gubernur DKI Jakarta pada Pilgub DKI. Ia diusung oleh Gerindra dan PDIP bersama wakilnya Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Pada 29 September 2012, KPUD DKI Jakarta menetapkan pasangan Jokowi - Ahok sebagai gubernur dan wakil gubernur DKI yang baru. Baru dua tahun menjabat gubernur, Jokowi mengikuti Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014 berpasangan dengan Jusuf Kalla dan keluar sebagai pemenang.

Presiden Jokowi pun tercatat sebagai Presiden ke-7 RI. Kini pemerintahan Jokowi telah memasuki periode kedua, dan akan berakhir pada 2024 mendatang.

Dalam kehidupan keluarga, Jokowi menikah dengan Iriana di Solo, pada tahun 1986. Pasangan ini memiliki tiga orang anak, yaitu Gibran Rakabuming Raka, Kahiyang Ayu, dan Kaesang Pangarep. Jokowi sudah dikaruniai tiga orang cucu, yakni Jan Ethes Sri Narendra, Sedah Mirah dan La Lembah Manah. Selamat Ulang Tahun Presiden Jokowi!

Baca Juga: Presiden Jokowi Dijadikan Nama Jalan di Abu Dhabi

Baca Juga: 5 Koleksi Jaket Lokal yang Dikenakan Jokowi

Baca Juga: 7 Sneakers Jokowi yang Patut Dibeli (I)




Share To


galih

galih

June 21, 2021, 7 a.m.


tags : Presiden Jokowi Presiden Jokowi Ultah Jokowi Ultah ke-60 Selamat Ulang Tahun Presiden Jokowi Life Style


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE