Film-YUNI.jpg

Selamat! Film Yuni Menang di Festival Film Toronto 2021

oleh: inggil Entertainment Thursday, 23 September 2021 7:00 a.m.


Mancode - Meskipun industri film masih terpuruk, tapi ada angin segar untuk film Indonesia. Kabar baik datang dari dunia sinema Indonesia, film berjudul Yuni arahan sutradara Kamila Andini berhasil keluar sebagai juara dalam Toronto International Film Festival 2021, untuk kategori Platform Prize.

Platform Prize merupakan penghargaan yang dipersembahkan untuk film-film yang dinilai memiliki nilai artistik tinggi dan visi penyutradaraan yang kuat.

Yuni menjadi film Indonesia dan juga perwakilan Asia Tenggara pertama yang memenangkan penghargaan ini sejak program Platform diperkenalkan pertama kali pada 2015. Melalui akun Instagram resmi festival @tiff_net, juri mengatakan mereka tersentuh dengan film yang memberikan perspektif baru dan intim dari kisah remaja yang ditandai dengan struktur subtitel, framing halus dan sinematografi luar biasa.


Dalam keterangan resmi yang disampaikan pada Sabtu (18/9) waktu Toronto, Riz Ahmed selaku Ketua Juri Program Platform TIFF 2021 menyebutkan beberapa alasan film Yuni layak meraih kemenangan tersebut.

"Juri tersentuh oleh film yang membawa perspektif baru dan intim untuk sebuah cerita remaja, yang ditandai dengan struktur yang subtitel, penggambaran yang indah, dan sinematografi yang halus," ujar Riz Ahmed.

Dalam pidato kemenangannya, sutradara Kamila Andini menyorot suara perempuan di Indonesia yang masih sering terabaikan di dalam konteks sosial-politik.

Film-YUNI-Kamila-Andini.jpg

"Saya ingat pertama kali saya ke sini tahun 2015 dengan film pendek saya. Dan ini kali ke-tiga saya ke sini membawa semangat saya. Rasanya tak percaya. Saya tak dapat percaya ini. Tetapi saya melihat ini sebagai sebuah harapan. Ini adalah untuk suara perempuan Indonesia yang tak terdengar. Dan ini adalah untuk setiap perempuan di dunia yang telah berjuang selama bertahun-tahun dalam pencarian akan kemerdekaan diri."

"Saya berterima kasih pada semua kru, pemain, produser, rekan kerja, dan semua yang telah berdiri bersama saya melampaui batas-batas. Terima kasih ini bukan saja kemenangan Indonesia, tetapi juga kemenangan Asia Tenggara dan Asia. Terima kasih banyak," kata Kamila, dilansir dari unggahan Instagram yang dibagikan oleh suaminya, Ifa Isfansyah.

Yuni merupakan karya Kamila yang terinspirasi dari salah satu sajak ikonik karya almarhum Sapardi Djoko Damono, yang berjudul "Hujan di Bulan Juni."

Film ini mengangkat bagaimana posisi perempuan dalam kultur Timur yang acapkali tak mendapat kemerdekaan untuk melanjutkan kehidupan sebagaimana yang diinginkannya.

Baca Juga: 10 Judul Film Streaming Berpotensi Jadi Target Kejahatan Siber

Baca Juga: "Luca", Film Animasi Persahabatan Hangat Penuh Petualangan

Baca Juga: Ternyata Butuh Waktu Satu Dekade Garap Squid Game




Share To


inggil

inggil

Sept. 23, 2021, 7 a.m.


tags : Festival Film Festival Film Toronto 2021 Platform TIFF 2021 Film YUNI Kamila Andini


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE

Life Style 30 September 2021 8:00 a.m.

Gangguan Indihome Telkom Beri Kompensasi

Technology 21 September 2021 10:00 a.m.

Leica Rilis Kamera Edisi James Bond Seharga Rp113 Jutaan