Pola-Makan-dan-Diet-Sehat.jpg

Selain Diet, Ternyata Tidur Bisa Turunkan Berat Badan (II)

oleh: emil Life Style Wednesday, 22 May 2019 12:00 p.m.


Tidur yang nyenyak itu terbilang sama pentingnya dengan diet dan olahraga dalam perihal menurunkan berat badan. Sayangnya, karena kesibukan di kantor serta pengaruh hidup di perkotaan besar, acap kali ini memicu mancoders susah untuk tertidur dengan pulas. Padahal seperti yang dijelaskan pada artikel sebelumnya, kurang tidur sangat memengaruhi hormon serta kinerja otak kalian. Lalu, bagaimana cara tidur nyenyak agar bisa membantu menurunkan berat badan?

Bila mancoders merupakan termasuk orang yang sulit mendapatkan tidur malam yang nyenyak, kalian tidak perlu khawatir. Berikut ini beberapa cara untuk tidur pulas yang dilansir dari healthline.com (4/3/2019).

  • Perbanyak Terpaan Sinar Terang saat Aktivitas

Selama 24 jam dalam sehari, tubuh mancoders bekerja layaknya jam dinding, dan ini dikenal dengan istilah ritme siskardian. Pada dasarnya, ini merupakan proses biologis yang terjadi pada tubuh kalian yang mempengaruhi otak, tubuh, dan hormon. Proses ini juga membantu kalian untuk terbangun dan memberikan sinyal jika sudah saatnya tidur.

Sinar matahari alami atau cahaya terang pada pagi dan siang hari sebenarnya membantu menjaga ritme siskadian kalian tetap berjalan dengan baik. Ini meningkatkan energi saat beraktivitas selama seharian di luar rumah, dan membantu menjaga kualitas tidur pada malam harinya.

Berdasarkan penelitian, pengidap insomnia yang diberikan paparan cahaya dari pagi-siang hari mengalami peningkatan terhadap kualitas tidur mereka, bahkan mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk mereka tertidur sekira 83 persen. Bila mancoders susah tidur, ada baiknya mendapatkan paparan sinar matahari setiap harinya, atau minimal terkena paparan lampu yang terang di kala beraktivitas.

  • Kurangi Konsumsi Kafein!

Mungkin di antara mancoders ada yang memiliki kebiasaan mengonsumsi kopi saat bekerja agar bisa berkonsentrasi atau relaksasi ketika istirahat. Kandungan kafein di dalam kopi memang memiliki manfaat untuk meningkatkan fokus, energi, dan kinerja ketika kalian beraktivitas.

Namun yang justru tidak baik adalah ketika mancoders mengonsumsi kopi pada sore hari. Sebab, kopi dapat merangsang sistem saraf dan menghentikan relaksasi alami pada tubuh kalian di malam harinya. Pasalnya, kafein dapat tetap berada dalam darah kalian selama enam hingga delapan jam. Jadi cara tidur nyenyak yang bisa kalian lakukan adalah mengurangi konsumsi kopi, khususnya setelah pukul 15.00 WIB.

  • Kurangi Tidur Siang

Mungkin mancoders termasuk orang yang kerap memilih tidur siang saat libur kerja. Jika waktunya pendek, ini memang bermanfaat untuk tubuh. Tapi jika terlalu lama, ini dapat memicu pengaruh negatif terhadap pola tidur kalian. Logikanya adalah tidur lama di siang hari sebenarnya dapat membingungkan “jam biologis” di tubuh kalian, dan memicu kalian kesulitan untuk tidur nyenyak di malamnya.

Ada penelitian yang menyebut bahwa tidur selama 30 menit atau kurang pada siang hari memang dapat meningkatkan fungsi otak. Namun tidur siang lebih lama malah memicu partisipan pada penelitian itu merasa lebih ngantuk dan cenderung seperti kelelahan. Jadi, salah satu cara untuk tidur nyenyak adalah mengurangi tidur siang kalian.

Baca Juga: Ini Camilan Sehat untuk Pria Modern


Share To


emil

emil

May 22, 2019, 12:53 p.m.


tags : diet Tidur Nyenyak Tidur Sehat


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.


ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Travel 10 December 2019 15:00 p.m.

5 Lokasi Wisata Berkonsep Glamping

Travel 10 December 2019 14:00 p.m.

5 Rekomendasi Desa Wisata di Indonesia

Technology 9 December 2019 16:00 p.m.

Sebaiknya Pilih Smartphone Sesuai Kebutuhan