Happy-World-Design-Day-2021.jpg

Sekilas Kisah Hari Desain Grafis Dunia

oleh: inggil History Tuesday, 27 April 2021 15:00 p.m.


Mancode - Setiap tanggal 27 April diperingati sebagai World Graphic Design Day yang juga merupakan kelahiran The International Council of Graphic Design Associations (Icograda), asosiasi desain grafis di Kanada pada 1963. Lembaga ini melingkupi isu desain grafis, manajemen desain, promosi, komunikasi visual, penelitian, pendidikan dan jurnalisme. Peringatan hari desain grafis sendiri mulai dirayakan sejak 1995.

Icograda kemudian berubah nama menjadi ico-D atau International Council of Design. Anggota ico-D termasuk organisasi desain profesional, badan promosi desain, media desain, lembaga pendidikan desain dan individu dengan minat pribadi dalam desain profesional. Salah satu anggota ico-D, Peter Kneebone mengusulkan ide untuk mendirikan organisasi internasional desain grafis.

Organisasi internasional desain grafis tersebut diberi nama Society of Industrial Artists (yang mengubah namanya pada tahun 1963 menjadi Society of Industrial Artists & Designers, dan sekarang Chartered Society of Designers, atau CSD) yang membentuk kelompok kerja di bawah kepemimpinan Willy de Majo. Tujuannya untuk mempromosikan pembentukan organisasi yang mewakili banyak asosiasi desain grafis profesional internasional di seluruh dunia.


Desain Grafik Dunia digunakan sebagai momen bagi para desainer untuk mengukuhkan dan merefleksikan kembali peran dunia komunikasi visual di dunia. Sehingga diharapkan bisa mengoptimalisasikan lagi peran jaringannya, dalam meningkatkan komunikasi antar umat manusia, dan untuk membangun jembatan komunikasi untuk mengatasi kesenjangan di dunia.

Happy-World-Design Day.jpg

Salah satu tokoh desain grafis yang paling berpengaruh di dunia adalah Henry Cole. Dirinya merupakan desainer handal asal Inggris yang mampu memberikan pendidikan luar bisa di bidang desain grafik. Bahkan, ia meyakinkan pemerintah Inggris tentang pentingnya desain dalam sebuah jurnal yang berjudul Journal of Design and Manufactures. Dia menyelenggarakan The Great Exhibition sebagai perayaan atas munculnya teknologi industri modern dan desain bergaya Victoria.

Pada 1843, Cole mendesain kartu natal untuk yang pertama kali di dunia dengan memakai nama samara Felix Summerly. Dirinya juga turut membuat desain untuk berbagai produk, termasuk sebuah toko pabrikan Minton yang mendapatkan penghargaan. Henry Cole juga menulis buku cerita anak berseri dengan menggunakan nama pena Felix Summerly.

Perayaan Hari Desain Grafis Dunia ini semoga bisa menjadi momentum bagi para desainer untuk mengukuhkan dan merefleksikan kembali peran dunia komunikasi visual. Sehingga para desainer grafis Indonesia bisa berkarya dan mengharumkan nama Tanah Air di kancah internasional. Happy World Design Day Mancoders!

Baca Juga: Peringatan Hari Pencegahan Bunuh Diri Sedunia

Baca Juga: Di Balik Terjadinya Hari Peluk Nasional 21 Januari

Baca Juga: Mengenang Sejarah Hari Dokter Nasional




Share To


inggil

inggil

April 27, 2021, 3 p.m.


tags : Selamat Hari Desain Grafis Dunia 2021 Tokoh Pencetus Selamat Hari Desain Grafis Dunia Cerita Selamat Hari Desain Grafis Dunia Sejarah Selamat Hari Desain Grafis Dunia World Graphic Design Day Selamat Hari Desain Grafis Dunia


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA