Hari Santri Nasional.jpg

Sejarah Singkat Hari Santri Nasional

oleh: galih History Thursday, 22 October 2020 8:00 a.m.


Mancode – Setiap tanggal 22 Oktober diperingati sebagai Hari Santri Nasional. Penetapan tersebut berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015, yang ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 22 Oktober 2015 di Masjid Istiqlal, Jakarta.

Penetapan Hari Santri Nasional dimaksudkan untuk mengingat sekaligus meneladani semangat jihad para santri merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Lalu, bagaimana sejarah awal penetapan Hari Santri Nasional?

Merangkum berbagai sumber, pencetusan Hari Santri Nasional dimulai saat KH Hasyim Asy’ari yang menjabat sebagai Rais Akbar Pengurus Besar Nadhlatul Ulama (PBNU) mendeklarasikan Resolusi Jihad yang mewajibkan seluruh umat Islam melawan tentara sekutu pada 22 Oktober 1945.

Tentara sekutu yang dimaksud adalah Inggris sebagai pemenang perang dunia II ingin mengambil alih tanah jajahan Jepang. Mereka ingin kembali menjajah wilayah Republik Indonesia pasca Proklamasi kemerdekaan.

Resolusi Jihad sendiri berisikan fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Lewat Resolusi Jihad, kaum santri momohon kepada Pemerintah Republik Indonesia agar menentukan sikap dan Tindakan yang nyata terhadap usaha-usaha yang akan membahayakan kemerdekaan, agama, dan Indonesia, dari pihak Belanda.

Pasalnya, perbuatan Belanda dan Jepang kepada Indonesia pada saat itu dianggap sebagai perilaku zalim bagi NU. Hal ini kemudian membuat rakyat dan santri melakukan perlawanan sengit dalam pertempuran di Surabaya. Banyak santri dan massa yang masih aktif terlihat dalam pertempuran tersebut.

Perlawanan tersebut membuat semangat pemuda Surabaya dan Bung Tomo. Hingga akhirnya, perjuangan tesebut menewaskan pemimpin Sekutu Brigadir Jendral Aulbertin Walter Sothern Mallaby. Mallaby tewas dalam pertempuran yang berlangsung pada 27-29 Oktober. Hal itulah yang memicu pertempuran 10 November 1945.

Baca Juga: Sejarah Singkat Hari Lahir Pancasila

Baca Juga: Fakta Menarik Seputar Hari Sumpah Pemuda

Baca Juga: Mengenal Sejarah Hari Veteran Nasional


Share To


galih

galih

Oct. 22, 2020, 8 a.m.


tags : Hari Santri Nasional Santri Perjuangan Santri History Sejarah Hari Santri Nasional


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Life Style 28 November 2020 7:00 a.m.

Bayar BBM di Shell Kini Bisa Pakai GoPay

Life Style 27 November 2020 10:00 a.m.

Bertentangan Agama, Halima Aden Berhenti jadi Model

Entertainment 27 November 2020 9:00 a.m.

Lewat “So What?”, Mima Ajak Pendengar Cintai Diri Sendiri

Life Style 27 November 2020 8:00 a.m.

Goodyear Eagle F1 Sport Bidik Sedan Menengah