Polwan-1.jpg

Sejarah Polwan: Bermula dari 6 Srikandi asal Minang

oleh: galih History Wednesday, 1 September 2021 12:00 p.m.


Mancode - Setiap 1 September, Kepolisian Republik Indonesia memperingati hari ulang tahun Polisi Wanita atau yang umum disebut Polwan. Tahun ini, Polwan sudah menginjak usia 73 tahun.

Terbentuknya Polwan berawal dari kesulitan pada pemeriksaan korban, tersangka ataupun saksi wanita terutama pemeriksaan fisik untuk menangani sebuah kasus. Hal tersebut mengakibatkan polisi sering kali meminta bantuan para istri polisi dan pegawai sipil wanita untuk melaksanakan tugas pemeriksaan fisik.

Melansir museumpolri.org, organisasi wanita di Bukittinggi pun akhirnya berinisiatif mengajukan usulan kepada pemerintah agar wanita diikutsertakan dalam pendidikan kepolisian. Usulan tersebut disetujui, Cabang Djawatan Kepolisian Negara untuk Sumatera yang berkedudukan di Bukittinggi memberikan kesempatan mendidik wanita-wanita pilihan untuk menjadi polisi.


Polwan-2.jpg

Pada 1 September 1948 secara resmi disertakan 6 enam siswa wanita, yaitu Mariana Saanin, Nelly Pauna, Rosmalina Loekman, Dahniar Sukotjo, Djasmainar, dan Rosnalia Taher. Mereka mulai mengikuti pendidikan inspektur polisi bersama dengan 44 siswa laki-laki di SPN Bukittinggi. Sejak saat itu, setiap 1 September diperingati sebagai hari lahirnya Polwan.

Satu bulan kemudian, tepatnya pada 19 Desember 1948 meletus agresi militer Belanda ke II yang menyebabkan pendidikan inspektur polisi di Bukittinggi dihentikan dan ditutup.

Setelah adanya pengakuan kedaulatan terhadap Indonesia, pada 19 Juli 1950 ke enam calon inspektur polisi wanita kembali dilatih di SPN Sukabumi. Selama pendidikan ke enam calon inspektur polisi wanita mendapat pelajaran mengenai ilmu-ilmu kemasyarakatan, pendidikan dan ilmu jiwa, pedagogi, sosiologi, psikologi, dan latihan anggar, jiu jit su, judo, serta latihan militer.

Jadi Bagian Polri

Sejak dikeluarkan TAP MPR No. II Tahun 1960 yang menyatakan bahwa kepolisian merupakan bagian dari angkatan bersenjata, maka pada 1965 pendidikan calon perwira Polwan diintegrasikan bersama calon perwira polisi pria untuk bersama-sama dididik di Akademi Angkatan Kepolisian(AKK) di Yogyakarta.

Perekrutan Polwan di AAK hanya berjalan satu angkatan, setelah itu tidak ada lagi perekrutan untuk calon perwira Polwan di AAK. Jalur perekrutan untuk menjadi perwira Polwan adalah melalui jalur perwira karier setingkat sarjana dan sarjana muda melalui SEPAMILWA (Sekolah Perwira Militer Wajib).

Kemudian, pada 1975 Depo Pendidikan dan Latihan (Dodiklat) 007 Ciputat untuk pertama kali membuka kelas pendidikan untuk bintara Polwan. Pada 1982 Dodiklat 007 berubah namanya menjadi Pusat Pendidikan Polisi Wanita (Pusdikpolwan) Ciputat, menjadi tahun pertama bagi lembaga pendidikan yang khusus mendidik polisi wanita.

Pusdikpolwan kembali diganti menjadi Sekolah Polisi Wanita (Sepolwan) pada 30 Oktober 1984. Berdirinya Sepolwan menarik minat perempuan untuk menjadi polisi.

Dua tahun kemudian, Kapolri pada saat itu Jenderal Polisi Drs. Mochammad Sanoesi mengesahkan lambang polisi wanita dengan menerbitkan Surat Keputusan No. Pol.: Skep/480/XI/1986.

Monumen Polwan

Monumen Polwan.jpg

Dalam rangka memperingati kelahiran Polwan di Indonesia, Polri membangun monumen Polwan di Bukittinggi, Sumatera Barat. Monumen tersebut diresmikan oleh Kapolri pada saat itu Jenderal Polisi Drs. Banoeroesman Astrosemitro pada 27 April 1993.

Kondisi monumen tersebut sempat terbengkalai dan tak terawat. Tahun 2015, monumen tersebut kembali dipugar. Peletakan batu pertama pemugaran monumen tersebut dilakukan oleh Kapolda Sumatera Barat, Brigjen Pol. Drs. Bambang Sri Herwanto, S.H., M.H., dihadiri oleh Walikota Bukittinggi dan senior Polwan.

Pada 1 September 2015, bertepatan dengan hari jadi Polwan ke-67, Pemugaran Monumen Polwan diresmikan oleh Bapak kapolri ke-22, Jenderal Pol. Drs. Badrodin Haiti.

Baca Juga: Mengenal Sejarah Hari Bhayangkara

Baca Juga: Polisi Selandia Baru Perkenalkan Jilbab pada Seragam

Baca Juga: Mengulik Transformasi TNI dari Masa ke Masa




Share To


galih

galih

Sept. 1, 2021, noon


tags : Polwan History Hari Polwan Polisi Wanita 1 September Hari Polwan Sejarah Lahirnya Polwan


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE

Technology 2 October 2021 8:00 a.m.

Alasan Apple Beri Fitur Rating di App Store

Technology 29 September 2021 7:00 a.m.

Lima Fakta Menarik Matahari Buatan China