Karir-Muhammad-Ali.jpg

Sejarah Pensiunnya Sang Legenda Tinju, Muhammad Ali

oleh: inggil History Friday, 26 June 2020 15:00 p.m.


Mancode - 26 Juni 1979 atau 41 tahun yang lalu, dunia tinju kehilangan salah satu ikon ternamanya, Muhammad Ali yang memutuskan untuk pensiun. Mempunyai nama asli Cassius Marcellus Clay sebelum ia memutuskan untuk mualaf dan mengganti namanya menjadi Muhammad Ali, lalu ia gantung sarung di usianya ke 37 tahun.

Selama karirnya di dunia tinju, Ali membukukan rekor bertanding 56 kemenangan dengan 37 menang KO dan lima kali kalah. Ia juga menjadi petinju pertama yang memenangkan gelar juara dunia kelar berat sebanyak tiga kali.

Terjunnya Muhammad Ali ke dunia tinju kala itu disebabkan oleh sepedanya yang dicuri orang. Saat itu, Ali muda melaporkan kepada pihak polisi dan ingin menghajar sang pencuri. Joe Martin, polisi yang ditemuinya kala itu memberitahu ke Ali, jika ingin menghajar orang ada baiknya belajar tarung terlebih dahulu. Saat itulah Muhammad Ali mulai tertarik mempelajari dunia tinju.

Muhammad-Ali.jpg

Pada 1954, Ali pun menjalani pertarungan amatir pertamanya sekaligus kemenangan pertamanya. Karirnya di dunia tinju pun terbilang cukup cepat dengan menuai kesuksesan pada 1959. Dirinya berhasil menjadi juara turnamen Sarung Tinju Emas Nasional dan Juara Nasional Uni Atletik Amatir di kelas yang sama.

Satu tahun berselang, Ali pun memutuskan untuk meninggalkan dunia amatir dan fokus menjadi seorang petinju profesional. Keputusan tersebut tidaklah salah, dirinya berhasil memenangkan 19 pertandingan profesional pertamanya dan meraih gelar juara dunia pertamanya pada 25 Februari 1964.

Kisah-Muhammad-Ali.jpg

Tidak hanya dikenal sebagai seorang petinju, sosok Muhammad Ali juga terjun ke organisasi kemanusiaan. Salah satu yang paling terkenal adalah saat dirinya menjadi negosiator dalam pembebasan sandera Amerika oleh pihak Irak pada 1990. Muhammad Ali meninggal dunia di usia 74 tahun pada 3 Juni 2016. Upacara pemakamannya digelar dengan prosesi menempuh jarak 32 kilometer melintasi kota kelahirannya, Louisville.

Baca Juga: Kisah Muhammad Ali, Legenda Tinju Dunia

Baca Juga: Karir Sang Maestro Sepak Bola, Paolo Maldini

Baca Juga: 12 Tahun Perjalanan Karier My Chemical Romance


Share To


inggil

inggil

June 26, 2020, 3 p.m.


tags : Muhammad Ali Muhamamad Ali Pensiun Karir Muhammad Ali Sejarah Muhammad Ali Biografi Muhammad Ali


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like