Tahun Baru Islam.jpg

Sejarah Penetapan Tahun Baru Islam

oleh: galih History Thursday, 20 August 2020 12:00 p.m.


Mancode – Hari ini, Kamis (20/8/2020), umat Islam di seluruh dunia merayakan Tahun Baru Islam atau 1 Muharram 1442 hijriah. Pergantian tahun ini menjadi penanda dari peristiwa bersejarah umat Islam, yakni peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Madinah pada 622 Masehi.

Penanggalan kalender Hijriah sendiri berbeda dengan kalender Masehi. Kalender Hijriah berpatokan terhadap rotasi bulan, sedangkan Masehi berotasi pada matahari. Oleh sebab itu, jumlah hari pada kalender Hijriah lebih sedikit daripada kelander Masehi.

Diketahui, kalender Hijriah dimulai dari bulan Muharram hingga diakhiri di bulan Dzulhijjah. Sedangkan setiap bulannya memiliki siklus bulan baru yang memiliki 29-30 hari.

Melansir berbagai sumber, sejarah pencatatan kalender tahun baru Hijriah ditetapkan oleh Khalifah Umar bin Khattab RA. Umar menjadikan peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekah ke Madinah sebagai tahun pertama Hijriah.

Kala itu, dia menerima surat dari sabahat Nabi Muhammad SAW yang bernama Abu Musa Al-Asy’ari. Namun, surat tersebut tanpa diberi keterangan hari dari pengirimannya. Umar bin Khattab pun mengalami kesulitan dalam pengarsipkan urutan surat.

Ketidakjelasan itu, membuat Umar berinisiatirf mengumpulkan beberapa sahabat dan para ahli. Mereka di antaranya Utsman bin Affan, Ali bin Abi Thalib, Zubair bin Awam, Sa’ad Ibnu Abi Waqas, Talhah bin Zubair, dan Abdurrahman bin Auf.

Mereka memberikan beberapa saran terkait penetapan tahun Islam. Ada yang mengusulkan tahun Islam dimulai ketika kelahiran Nabi Muhammad SAW. Ada juga yang mengusulkan awal tanggal Islam ditetapkan pada hari Rasulullah diangkat sebagai nabi dan rasul.

Hingga akhirnya, Ali bin Abi Thalib mengusulkan awal kalender hijriah dimulai saat tahun terjadinya hijrah Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Madinah. Ternyata, usul dari Ali bin Abi Thalib diterima lalu pada saat musyawarah tersebut tercatat pada tanggal 8 Rabi’ul Awal tahun 17 Hijriah/tahun 622 Masehi.

Salah satu pertimbangannya, hijrah merupakan peristiwa besar yang semua orang mengetahuinya. Hijrah juga membawa perubahan besar bagi seluruh umat muslim di dunia.

Kemudian, ditetapkan pula bahwa Muharram menjadi bulan pertama atau pembuka dalam kalender hijriah. Bulan ini memiliki banyak keistimewaan. Salah satu rujukan mengenai keistimewaan Muharram bisa ditemukan di Alquran, surah At-Taubah ayat 36.

Baca Juga: Makna dan Sejarah Hari Arafah

Baca Juga: Sejarah Lahirnya NU, Organisasi Islam Terbesar Indonesia

Baca Juga: Momen Bersejarah Adzan Pertama Kali di Hagia Sophia


Share To


galih

galih

Aug. 20, 2020, noon


tags : Tahun Hijriah Nabi Muhammad SAW 1442 Hijriah Muharram Tahu Baru Islam Islam History


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Life Style 28 November 2020 7:00 a.m.

Bayar BBM di Shell Kini Bisa Pakai GoPay

Life Style 27 November 2020 10:00 a.m.

Bertentangan Agama, Halima Aden Berhenti jadi Model

Entertainment 27 November 2020 9:00 a.m.

Lewat “So What?”, Mima Ajak Pendengar Cintai Diri Sendiri

Life Style 27 November 2020 8:00 a.m.

Goodyear Eagle F1 Sport Bidik Sedan Menengah