Palang Merah Indonesia.jpg

Sejarah Panjang Peringatan Hari Palang Merah Indonesia

oleh: galih History Friday, 18 September 2020 7:00 a.m.


Mancode – Serangkaian peristiwa pernah terjadi di dunia pada 17 September. Di Indonesia, misalnya, bertepatan dengan tanggal tersebut, diperingati sebagai hari lahirnya Palang Merah Indonesia atau disingkat menjadi PMI.

Melansir berbagai sumber, sebenarnya perjalanan berdirinya Palang Merah di Indonesia sudah dimulai pada 12 Oktober 1873, tepatnya sebelum Perang Dunia II. Kala itu, Pemerintah Kolonial Belanda mendirikan Palang Merah di Indonesia dengan nama Nederlandsche Roode Kruis Afdeeling Indië (NERKAI).

Namun pada penjajahan Jepang, organisasi NERKAI dibubarkan. Kemudian, pada 1932 pembentukannya mulai dibangkitkan kembali. Ini ditandai dengan adanya rancangan pembentukan PMI yang dipelopori oleh DR. R.C.L Senduk dan Dr. Bahder Djohan.

Rupanya, rancangan pembentukan PMI mendapatkan dukungan dari kalangan terpelajar Indonesia. Hingga akhirnya, rancangan tersebut diajukan ke dalam Sidang Konferensi Narkai pada 1940. Sayangnya, rancangan pembentukan PMI ditolak mentak-mentah.

Tak patah arang, para pelopor rancangan PMI kembali mencoba membentuk Badang Palang Merah Nasional. Setali tiga uang, hasilnya pun kembali ditolak oleh Pemerintah Tentara Jepang untuk kedua kalinya.

Era Kemerdekaan

Pada era kemerdekaan, pendirian PMI kembali muncul. Tepatnya beberapa bulan setelah proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945. Pada 3 September 1945, Presiden Soekarno memerintahkan dr. Buntaran Martoatmodjo. Beliau merupakan Menteri Kesehatan untuk membentuk sebuah Badan Palang Merah Nasional. Ini dilakukan sebagai upaya menguatkan posisi Indonesia sebagai negara yang telah merdeka dan berdaulat setelah proklamasi kemerdekaan pada 17 Agustus 1945.

Kemudian, pada 5 September 1945, dr. Buntaran Martoatmodjo membentuk kepanitiaan yang dinamakan Panitia Lima. Sesuai Namanya, panitia ini beranggotakan lima orang, yaitu dr. R. Mochtar, dr. Bahder Johan, dr. Joehana, Dr. Marjuki, dan dr. Sitanala. Mereka bertugas untuk mempersiapkan pembentukan organisasi Palang Merah di Indonesia.

Setelah melewati perjalanan panjang, Pengurus Besar Palang Merah Indonesia (PMI) berhasil dibentuk pada 17 September 1945. Saat itu, Mohammad Hatta, yang juga Wakil Presiden RI, dipilih menjadi ketua pertama PMI. Dengan latar belakang sejarah itulah, pada 17 September dijadikan sebagai hari Palang Merah Indonesia.

Kini, PMI berdiri berdasarkan Keputusan Presiden No 25 tahun 1950 dan dikukuhkan kegiatannya sebagai satu-satunya organisasi perhimpunan nasional yang menjalankan tugas kepalangmerahan melalui Keputusan Presiden No 246 tahun 1963.

Baca Juga: Sejarah Lahirnya Hari Aksara Internasional

Baca Juga: Sejarah Lahirnya Hari Pramuka di Indonesia

Baca Juga: Mengenal Sejarah Hari Veteran Nasional


Share To


galih

galih

Sept. 18, 2020, 7 a.m.


tags : Sejarah Palang Merah Indonesia Hari Palang Merah Indonesia PMI History palang merah Indonesia


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like