Hari Pramuka.jpg

Sejarah Lahirnya Hari Pramuka di Indonesia

oleh: galih History Friday, 14 August 2020 12:00 p.m.


Mancode – Setiap tanggal 14 Agustus di Indonesia diperingati sebagai Hari Pramuka yang sebelumnya dikenal sebagai gerakan Kepanduan. Istilah Pramuka sendiri dicetuskan oleh Sri Sultan Hamengkubuwana IX dan resmi gunakan hingga saat ini menggantikan gerakan Kepanduan nasional.

Istilah Pramuka terinspirasi dari kata Poromuka yang berarti pasukan terdapan dalam perang. Namun, kata Pramuka diejawantahkan menjadi Praja Muda Karana yang memiliki arti Jiwa Muda yang Gemar Berkarya.

Gerakan Kepramukaan sendiri di Indonesia sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Pada 1916, Mangkunegara VII di Surakarta memprakarsai berdirinya Javaansche Padvinders Organisatie.

Dari situ, kemudian mulai bermuculan gerakan-gerakan sejenis yang dikelola oleh organisasi pergerakan. Semisal ationale Padvinderij (Boedi Oetomo, Sarekat Islam Afdeling Padvinderij (Sarekat Islam), Nationale Islamietische Padvinderij (Jong Islamieten Bond), dan lain-lain.

Pada 1923, gerakan Kepanduan di Tanah Air yang lingkupnya nasional mulai berdiri ditandai dengan terbentuknya Nationale Padvinderij Organisatie (NPO) di Bandung dan Jong Indonesische Padvinderij Organisatie (JIPO) di Batavia. Lalu, dilebur menjadi Indonesische Nationale Padvinderij Organisatie (INPO) pada 1926.

Setelah masa kemerdekaan, Presiden Soekarno berinisiatif mengumpulkan tokoh-tokoh dan pemimpin gerakan Kepanduan nasional di Istana Negara pada 9 Maret 1961. Beliau ingin menyatukan seluruh gerakan Kepanduan menjadi satu organisasi.

Akhirnya, pada 14 Agustus 1961, istilah Pramuka tercetus sebagai pemersatu organisasi Kepanduan dan mulai diperkenalkan di Indonesia. Di hari yang sama, Presiden Soekarno juga melantik Majelis Pimpinan Nasional di Istana Negara dan penganugrahkan panji-panji kepramukaan yang diikuti sekira 10.000 pramuka. Peristiwa itu disebut sebagai Hari Pramuka.

Baca Juga: Ini Alasan Kenapa Seragam Pramuka Berwarna Cokelat

Baca Juga: Mengenang Sejarah Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945

Baca Juga: Mengenal Sejarah Hari Veteran Nasional


Share To


galih

galih

Aug. 14, 2020, noon


tags : Sejarah Hari Pramuka Hari Pramuka Peringatan Hari Pramuka Hari Pramuka Indonesia History


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Entertainment 30 September 2020 7:00 a.m.

Single Perdana Kevin Hugo di 'A Letter To You'

Entertainment 30 September 2020 6:00 a.m.

Joji Rilis Album Kedua 'Nectar'

Life Style 29 September 2020 12:00 p.m.

Asyiknya, Menikah di Jepang dapat Insentif Rp84 Juta

Entertainment 29 September 2020 10:00 a.m.

Melihat Sisi Lain Syafira Febrina dalam “Hati Yang Terluka”