Hari Tanpa Tembakau Sedunia.jpg

Sejarah dan Tema Hari Tanpa Tembakau Sedunia 2021

oleh: galih History Monday, 31 May 2021 12:00 p.m.


Mancode – Setiap 31 Mei, masyarakat dunia memperingati Hari Tanpa Tembakau Sedunia. Ini merupakan satu dari delapan hari kesehatan masyarakat global yang diinisiasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Mengutip website resmi WHO, sejarah Hari Tanpa Tembakau Sedunia atau World No Tobacco Day ini untuk menginformasikan kepada publik tentang bahaya penggunaan tembakau. Negara-negara anggota WHO mencanangkan Hari Tanpa Tembakau Sedunia pada 1987 untuk menarik perhatian global terhadap epidemi tembakau dan kematian, serta peyakit yang dapat dicegah.

Kemudian, pada 1987, Majelis Kesehatan Dunia mengeluarkan Resolusi WHA40.38. Pada 1988, Resolusi WHA42.19 disahkan, yang menyerukan bahwa perayaan Hari Tanpa Tembakau Sedunia diperingati setiap tahun pada 31 Mei.


Resolusi tersebut muncul karena kesadaran bahwa penggunaan tembakau telah menyebabkan lebih dari dua juta kematian dini di seluruh dunia setiap tahun pada waktu itu.

Tema Hari Tanpa Tembakau Sedunia 2021

“Commit to Quit” atau “Komitmen untuk Berhenti” adalah tema yang diusung dalam peringatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia 2021.

Berhenti dari ketergantungan tembakau memang menjadi tantangan tersendiri masyarakat dunia, terutama bagi mereka yang memiliki tekanan sosial dan ekonomi. Tetapi, banyak alasan untuk berhenti merokok demi kesehatan bersama.

Berdasarkan data, sebanyak delapan juta orang di dunia pertahun meninggal akibat perilaku merokok. Kondisi itu melatarbelakangi gerakan kampanye berani berhenti merokok pada hari Tanpa Tembakau Sedunia 2021 dengan menandatangi petisi daring 31 Mei hingga 31 Desember 2021.

Untuk itu, WHO merekomendasikan semua orang memahami dan meningkatkan kesadaran akan risiko penggunaan tembakau dan produk turunannya bagi kesehatan.

Baca Juga: Mengenal Klobot Rokok Legendaris Indonesia

Baca Juga: Manfaat Kentut yang Luar Biasa untuk Kesehatan Tubuh

Baca Juga: Mengenal Jenis Kesehatan Mental




Share To


galih

galih

May 31, 2021, noon


tags : Bahaya Rokok Hari Tanpa Tembakau Sedunia Tembakau Rokok History


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE

Entertainment 15 October 2021 11:00 a.m.

Malam Ini, Oh Wonder Akan Tampil di Mola Chill Fridays

Entertainment 28 September 2021 8:00 a.m.

Hore! Pemerintah Izinkan Penyelenggaraan Konser Musik