Hari-Imlek-2020.jpg

Sejarah dan Asal-usul Perayaan Imlek

oleh: galih Life Style Friday, 12 February 2021 10:00 a.m.


Mancode – Perayaan Tahun Baru Imlek adalah momen yang sangat penting dan ditunggu-tunggu setiap tahun bagi masyarakat etnis Tionghoa di seluruh dunia. Umumnya, perayaan Imlek sangat meriah dan dirayakan di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Tahun ini, Tahun Baru Imlek jatuh pada 12 Februai 2021. Pada penanggalan kalender Tionghoa, Perayaan Tahun Baru Imlek dirayakan setiap tanggal 1 di tahun yang baru. Sedangkan akhir perayaan Imlek tersebut ada di pertengahan bulan pada saat bulan purnama atau tanggal 15. Perayaannya ini kerap disebut Cap Go Meh.

Sejarah Imlek

Perayaan Imlek bermula sebelum Dinasti Qin. Di mana tanggal perayaan permulaan sesuatu tahun masih belum jelas. Ada kemungkinan bahwa awal tahun bermula pada bulan 1 semasa Dinasti Xia, bulan 12 semasa Dinasti Shang, dan bulan 11 semasa Dinasti Zhou di Ciina.


Tak hanya sejarah, ada juga mitologi terkait dengan perayaan Tahun Baru Imlek. Setiap Tahun Baru Imlek dirayakan ketika masyarakat Cina berhasil melawan seekor hewan mitos yang bernama Nian atau.

Hewan bernama Nian ini selalu muncul di awal tahun baru Cina dan memangsa hewan-hewan ternak milik penduduk bahkan anak-anak para penduduk Cina. Akhirnya masyarakat memiliki ide untuk menaruh sejumlah makanan dan sajian di depan pintu rumah mereka setiap tanggal 1 di awal tahun.

Menurut mereka (masyarakat Cina), hal tersebut diyakini mampu menyelamatkan mereka dari mangsa hewan Nian. Sebab hewan tersebut hanya akan memakan makanan yang disediakan oleh warga dan tidak akan memangsa warga.

Ada juga pendapat lain mengenai asal mula perayaan Imlek. Perayaan Imlek dikaitkan dengan dimulainya musim semi di Cina. Atau disebut juga Cun, sehingga pada hari tahun baru Cina itu mengucapkan selamat dengan Sin Cun Kiong Hi.

Apalagi, setiap tanggal 15 dari tiap bulan tahun imlek adalah bulan purnama. Realitas tersebut sangat membantu petani dan nelayan untuk melihat situasi untuk bercocok tanam atau pergi ke laut.

Ornamen Merah

Ornamen khas saat perayaan Tahun Baru Imlek adalah merah. Berdasarkan legenda, dahulu ada seekor naga yang bernama Nian yang tinggal di gua dan turun saat musim dingin untuk mencari mangsa saat ia kelaparan. Ia memangsa penduduk desa dan hewan ternak.

Pada suatu hari, ada penduduk yang melihat Nian lari ketakutan setelah bertemu anak kecil yang memakai baju berwarna merah. Dari situ, penduduk mempercayai bahwa Nian takut dengan warna merah dan keramaian.

Makanya, setiap di akhir tahun, penduduk kala itu meletakkan lentera dan gulungan kertas berwarna merah di depan rumah. Untuk menakuti Nian, mereka juga menggunakan kembang api. Inilah yang kemudian berkembang menjadi tradisi perayaan Imlek.

Imlek di Indonesia

Perayaan Imlek di Indonesia bermula dari tahun 1968-1999. Kala itu, perayaan tahun baru Imlek dilarang dirayakan di depan umum. Berdasarkan Instruksi Presiden Nomor 14 Tahun 1967, rezim Orde Baru di bawah pemerintahan Presiden Soeharto, melarang segala hal yang berbau Tionghoa, salah satunya adalah Perayaan Imlek.

Namun, ketika masa Orde Baru runtuh, masyarakat keturunan Tionghoa di Indonesia kembali bernafas lega. Ketika pemerintah di bawah komando Presiden Abdurrahman Wahid, Inpres Nomor 14/1967 dicabut pada 2000. Sehingga masyarakat keturunan Tionghoa bisa merasakan kebebesan untuk merayakan Tahun Baru Imlek.

Kemudian, Presiden Abdurrahman Wahid mengeluarkan Keputusan Presiden Nomor 19/2001 tertanggal 9 April 2001 yang meresmikan Imlek sebagai hari libur fakultatif (hanya berlaku bagi mereka yang merayakannya).

Baru pada 2002, Imlek resmi dinyatakan sebagai salah satu hari libur nasional oleh Presiden Megawati Soekarnoputri mulai 2003. Sampai saat ini, Tahun Baru Imlek merupakan hari libur nasional.

Baca Juga: Enam Tradisi Unik Perayaan Imlek di Berbagai Negara

Baca Juga: Kenali 5 Makanan Khas Imlek Beserta Maknanya

Baca Juga: Cara Warga Singkawang Merayakan Hari Imlek




Share To


galih

galih

Feb. 12, 2021, 10 a.m.


tags : Sejarah Imlek Tahun Baru Imlek Asal Usul Imlek Imlek 2021 Life Style


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE

Entertainment 18 June 2021 12:00 p.m.

Rasa Tenang Sivia Azizah dalam “Serene”

Entertainment 7 June 2021 16:00 p.m.

Berisi 9 Lagu, RPM Luncurkan Album "Marah Yang Kalah"

Entertainment 20 May 2021 15:00 p.m.

WarnerMedia Merayakan 20 Tahun Film Harry Potter