Sejarah 30 April Dilakukannya Kongres Pemuda I.jpg

Sejarah 30 April : Digelarnya Kongres Pemuda I

oleh: rachli History Thursday, 30 April 2020 11:00 a.m.


Mancode - Setiap tanggal 28 Oktober diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda. Ada makna yang mendalam dari isi Sumpah Pemuda, yakni ikrar bertanah air satu, berbangsa satu, berbahasa satu, Indonesia. Untuk terciptanya ikrar tersebut, tidak sedikit tenaga dan waktu para pemuda yang dicurahkan saat itu.

Sumpah Pemuda tercetus dalam Kongres Pemuda II yang dilakukan pada 28 Oktober 1928. Namun, dua tahun sebelum adanya Kongres Pemuda II, telah dilakukan Kongres Pemuda I yang dilakukan mulai 30 April hingga 2 Mei 1926 di Batavia.

Kongres Pemuda I yang sebelumnya dikenal dengan nama Kerapatan Besar Pemuda ini dihadiri perwakilan perhimpunan pemuda-pemudi termasuk Jong Java, Jong Sumatranen Bond, Jong Ambon, Sekar Rukun, Jong Islamieten Bond, Studerenden Minahasaers, dan masih banyak lagi.

Latar belakang diselenggarakannya Kongres Pemuda I yang dipimpin oleh Mohammad Tabrani ini adalah adanya keinginan mempersatukan dan membina berbagai perkumpulan atau organisasi kepemudaan yang ada di Indonesia dengan membentuk sebuah badan sentral.

Kongres dengan nama resmi Het eerste Indonesische Jeugd-congres mengusung beberapa pokok bahasan, seperti cita-cita kesatuan, kedudukan perempuan, bahasa, dan agama. Dalam kongres itu menghasilkan sejumlah rumusan seperti berikut:

  • Mengusulkan agar semua perkumpulan pemuda bersatu dalam organisasi pemuda Indonesia
  • Mengakui dan menerima cita-cita untuk mewujudkan persatuan Indonesia (meskipun dalam hal ini masih belum jelas).
  • Adanya upaya untuk menghilangkan pandangan adat, sifat kedaerahan yang kolot, dan sebagainya.
  • Mempersiapkan penyelengaraan Kongres Pemuda II

Meskipun telah menghasilkan sejumlah rumusan, Kongres Pemuda I masih dirasa kurang memuaskan karena masih adanya perbedaan pandangan. Pertemuan antar-organisasi pemuda ini lalu dilanjutkan di Kongres Pemuda II yang digelar pada 27-28 Oktober 1928.

Kongres Pemuda II yang dilangsungkan selama dua hari pada 27 dan 28 Oktober 1928 di Batavia. Hari pertama, kongres menempati Gedung Katholikee Jongelingen Bond atau Gedung Pemuda Katolik. Sedangkan, hari kedua diadakan di Gedung Oost Java (sekarang di Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat).

Tujuan Kongres Pemuda II di antara lain melahirkan cita-cita semua perkumpulan pemuda Indonesia, membicarakan beberapa masalah pergerakan pemuda Indonesia, memperkuat kesadaran kebangsaan dan memperteguh persatuan Indonesia.

Kongres Pemuda II diikuti oleh lebih banyak peserta, termasuk Perhimpunan Pelajar-Pelakar Indonesai (PPPI), dan perwakilan dari pemuda peranakan kaum Tionghoa di Indonesia seperti Oey Kay Siang, John Lauw Tjoan Hok, dan Tjio Djien Kwie.

Baca Juga: Sejarah Lahirnya Sumpah Pemuda

Baca Juga: Melihat Tokoh di Balik Perumusan Sumpah Pemuda

Baca Juga: Fakta Menarik Seputar Hari Sumpah Pemuda


Share To


rachli

rachli

April 30, 2020, 11 a.m.


tags : Kongres Pemuda I Hari Sumpah Pemuda Sumpah Pemuda Kongres Pemuda II


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Entertainment 14 August 2020 16:00 p.m.

Lebih Eksploratif, Alir Rilis Single Daun

Entertainment 14 August 2020 15:00 p.m.

Curhat Asmara Bagas RAN di Single 'Lelah Menanti'