Biograf-James-Hetfield.jpg

Selamat Ulang Tahun Vokalis Metallica, James Hetfield

oleh: inggil Entertainment Monday, 3 August 2020 14:00 p.m.


Mancode - Bagi penggemar grup musik Metallica tentu sudah mengenal betul sosok James Hetfield. Ya dirinya adalah sang tokoh utama band asal Los Angeles, Amerika Serikat tersebut. James sendiri merupakan pendiri, penulis lagu utama, vokalis, gitaris rhythm, dan pencipta lirik di Metallica. Sebagai gitaris handal, pria kelahiran California itu berada di ranking 8 dalam buku karya Joe Mclver ‘The 100 Greatest Guitarist’ dan di peringkat 24 oleh Hit Parader dalam daftar ‘100 Largest Metal Vocalist of all time’.

Gitaris-Metallica-James-Hetfield.jpg

Masa Kecil

Dilahirkan pada 3 Agustus 1963, dengan nama lengkap James Alan Hetfield. Ayahnya, Virgil adalah supir truk dan ibunya, Cynthia seorang penyanyi opera. Masa kecil James bisa dibilang tidak baik, dirinya ditinggal oleh sang ayah pada usia 13 tahun. Saat duduk di bangku SMA, James merupakan anak yang penyendiri tidak mudah bergaul dengan orang lain. Hal itu semakin diperburuk setelah kematian ibu kandungnya akibat kanker.

Cynthia Hetfield meninggal karena kanker, tanpa pengobatan medis, pada 1979 saat James 16 tahun. Sepeninggal ibunya, James tinggal bersama David, kakak tirinya. Virgil, sang ayah, meninggal pada 1996, saat Metallica tur album Load.

James-Metallica.jpg

Orang tuanya adalah penganut taat Kristen Scientist, dan menurut keyakinan mereka, pengobatan medis adalah hal yang haram karena merupakan ciptaan manusia. Karena itu, ketika ibunya menderita kanker, mereka hanya berserah kepada Tuhan untuk kesembuhannya. Kondisi ini mengganggu jiwa James dan menginspirasi pembuatan beberapa lagu, seperti ‘The God That Failed’.

Terbentuknya Metallica

Metallica didirikan pertama kali di Los Angeles, Amerika Serikat dengan nama The Young of Metal Attack. Beberapa bulan kemudian grup ini berganti nama dengan Metallica yang konon merupakan gabungan kata Metal dan Vodca. Nama Metallica sendiri sebenarnya adalah nama yang diusulkan untuk sebuah majalah musik yang dicuri oleh Lars Ulrich sebelum majalah tersebut mendapat nama tersebut.

Logo Metallica sendiri dari awal hingga kini adalah hasil James, termasuk desain scary guy dengan gambar sketsa tengkorak berjambul. James juga berkontribusi pada sebagian besar desain sampul album Metallica.

Band-Metallica.jpg

Pada awalnya, Metallica bereksperimen dengan beberapa vokalis dan gitaris. Intinya, untuk tampil mirip dengan Diamond Head. Formasi pertama Metallica adalah Lars Ulrich (drum), James Hetfield (vokal dan gitar), Lloyd Grant (gitar) dan Ron Mc Govney (bass). Formasi inilah yang kemudian melahirkan lagu pertama berjudul ‘Hit the Light’, yang kemudian masuk dalam album kompilasi rock Metal Massacre tahun 1981.

Hingga tahun 1990-an, James-lah yang berkuasa menciptakan seluruh trek rhythm dan sebagian besar harmoni. Sejak album Load, Kirk Hammett mulai dilibatkan dalam penciptaan rhythm. Sebaliknya, James juga mengisi solo gitar pada beberapa lagu, di antaranya: ‘Nothing Else Matters’, ‘My Friend of Misery’, outro solo pada ‘The Outlaw Torn’, solo kedua dalam ‘To Live is To Die’, dan masih banyak lagi.

James pun tercatat pernah melakukan solo gitar untuk beberapa lagu dalam rekaman studio, antara lain dalam Master of Puppets, To Live is To Die, Nothing Else Matters, The Unforgiven, My Friend of Misery, The House Jack Built, Thorn Within, The Outlaw Torn, Carpe Diem Baby.

Profil-James-Hetfield.jpg

Puncaknya, pada 4 April 2009, kala itu James bersama seluruh anggota band Metallica meraih penghargaan Rock and Roll Hall of Fame. Di sesi interview pun James menyebut jika semua orang yang pernah terlibat dalam band Metallica harus ikut diakui sebagai seorang legenda. Saat penyerahan penghargaan pun datang pula Jason Newsted, Ray Burton (Ayah Cliff). Sedangkan, Ron McGovney dan Dave Mustaine tidak hadir karena benturan dengan jadwal Megadeth.

Kehidupan Pribadi

Pada 1997, James Hetfield menikah dengan Francesca dan telah dianugrahi tiga orang anak. Bersama istri dan anaknya, saat ini James tinggal di Belvedere, California. Pertemuan James dan Francesca terjadi saat Metallica tengah melakukan tur. Dalam wawancanya bersama Howard Stern, James menyebut jika Francesca Tomasi ini adalah salah satu kru band yang mengurusi makanan dan kostum, dirinya adalah wanita yang mandiri dan tidak peduli dengan ketenaran.

Tato pertama James sendiri dibuatnya saat berusia 37 tahun yang berada di lengan kiri. Bergambar api yang menyelimuti empat kartu remi melambangkan tahun kelahirannya, yakni as (1), 9, 6, dan 3 serta tulisan ‘Carpe Diem’ Selain itu, ada inisial nama anak-anaknya di dada (Cali, Castor dan Marcella). Dalam wawancara dengan NPR’s Fresh Air, James mengungkapkan bahwa istrinya banyak membantu dalam proses pendewasaan dirinya dan manajemen emosinya menjadikannya lebih konstruktif.

James-Hetfiled.jpg

Selain di dunia musik, James mempunyai hobi yang cukup ekstrem di antaranya ialah berburu, skateboard, snowboard, jet ski, dan otomotif. Bahkan, ia pun tercatat sebagai anggota National Rifle Association.

James pernah menjadi narasumber dalam sebuah proyek film dokumenter berjudul Absent, disutradarai oleh Justin Hunt. Film ini menyoroti tentang efek ketidakhadiran ayah terhadap anak-anak, dan ‘luka (dari) ayah’ yang ditinggalkan karena ketidakhadiran itu. Dalam film tersebut, James menunjukkan beberapa lagu yang menurutnya adalah ungkapan kekecewaan atas ketidakhadiran orangtuanya: ‘Dyers Eve’, ‘The God That Failed’, ‘Mama Said’, dan ‘All Within My Hand’.

Baca Juga: Vokalis Metallica Manggung Pertamakali Sejak Rehab

Baca Juga: Makna Lagu “Dear God” Avenged Sevenfold

Baca Juga: Youtuber Ini Bikin Lagu Rock dengan Bantuan AI


Share To


inggil

inggil

Aug. 3, 2020, 2 p.m.


tags : Biografi James Hetfield Fakta James Hetfield Profil James Hetfield Pendiri Metallica James Hetfield Sejarah Metallica Metallica James Hetfield


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Life Style 25 September 2020 7:00 a.m.

BMW M 1000 RR Bertenaga Gahar Debut Global

Shopping 24 September 2020 15:00 p.m.

Bantu Brand Lokal, Folkaland Gelar Virtual Live Shopping

History 24 September 2020 10:00 a.m.

Sejarah di Balik Peringatan Hari Tani Nasional