Sepeda.jpg

Sejarah 26 Juni: Penemuan Sepeda Dipatenkan

oleh: galih Life Style Friday, 26 June 2020 11:00 a.m.


Mancode – Sejak pemerintah memberlakukan physical distancing dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), olaharga sepeda kini kembali menjadi tren bagi masyarakat Indonesia. Sepeda dinilai jadi transportasi yang aman sekaligus menyehatkan dalam menghadapi pandemi Covid.

Namun, jauh sebelum menjadi tren seperti sekarang, tahukah kamu siapa penemu sepeda dan kapan dipatenkan? Kali ini, Mancode coba mengulik kembali sejarah sepeda yang dirangkum dari berbagai sumber. Dalam Ensiklopedia Columbia, sepeda diperkirakan berasal dari Perancis. Negara itu sudah mengenal sepeda sebagai alat transportasi roda dua yang dinamai velocipede pada abad ke-18.

Kala itu, kontruksi sepeda masih sangat primitif dan belum mengenal besi sebagai frame sepeda. Desain sepeda kemudian dikembangkan dan disempurnakan oleh Baron Karls Drais von Sauerbronn, pria berdarah Jerman.

Pada 1818, von Sauerbronn membuat alat transportasi roda dua untuk menunjang efisiensi kerjanya sebagai kepala pengawas hutan Baden. Namun, model yang dikembangkan tampaknya masih mendua, antara sepeda dan kereta kuda. Sehingga masyarakat menjuluki ciptaan sang Baron sebagai dandy horse.

Kemudian, pada 26 Juni 1819, von Sauerbronn mendaftarkan rancangannya tersebut untuk dipatenkan. Dari situ, banyak orang menganggap bahwa dialah yang menemukan model sepeda modern.

Desain sepeda terus disempurnakan. Hingga akhirnya, pada 1864 Pierre Michaux dan Pierre Lallemen menambahkan pedal ke velocipede agar para penggunanya merasa nyaman.

Pada 1885, sepeda mulai diproduksi massal oleh orang Inggris bernama John Kemp Starley. Sepeda yang diproduksi tersebut dinilai sangat aman dikendarai dan telah menggunakan rantai pada pedal, serta roda baru.

Kini, jenis atau model sepeda makin beragam. Modelnya disesuaikan dengan kebutuhan. Salah satu yang diminati masyarakat Indonesia adalah sepeda lipat.

Baca Juga: Kenali Jenis Sepeda Sesuai Kebutuhan Olahraga

Baca Juga: 3 Juni Diperingati Hari Sepeda Sedunia, Begini Sejarahnya

Baca Juga: Trekker GT, Sepeda Listrik Pertama dari Triumph


Share To


galih

galih

June 26, 2020, 11 a.m.


tags : Sepeda Tren Olahraga Sepeda Sepeda Dipatenkan Sejarah Sejarah Sepeda Life Style


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Entertainment 25 September 2020 12:00 p.m.

Davina Raja Rilis “Berharap Tak Berpisah” Versi Galau

Entertainment 25 September 2020 9:00 a.m.

Mahen Luncurkan Single Terbaru “Datang Untuk Pergi”

Shopping 24 September 2020 15:00 p.m.

Bantu Brand Lokal, Folkaland Gelar Virtual Live Shopping

History 24 September 2020 10:00 a.m.

Sejarah di Balik Peringatan Hari Tani Nasional