Film Bumi Manusia.jpg

Sebelum Nonton Film Bumi Manusia, Simak 5 Fakta Menarik Ini!

oleh: inggil Entertainment Tuesday, 13 August 2019 16:00 p.m.


Film Bumi Manusia garapan Hanung Bramantyo akan segera rilis di bioskop pada 15 Agustus 2019. Diadaptasi dari novel karangan Pramoedya Ananta Toer, film ini diperankan oleh beberapa aktor ternama, seperti Iqbaal Ramadhan, Mawar Eva de Jongh, Ine Febriyanti, Ayu Laksmi, dan Donny Damara.

Diangkat dari salah satu karya sastra Indonesia paling terkenal, tak heran jika film Bumi Manusia dinantikan oleh banyak orang.

Berlatar belakang pada kehidupan masa lalu di Indonesia, cerita Bumi Manusia mengisahkan tentang Minke sosok pribumi yang jatuh hati pada gadis Eropa Annelis Mallema. Tidak hanya sarat akan kisah cinta dua insan manusia, ada banyak nilai yang bisa diambil dari cerita Bumi Manusia. Mulai dari kemanusiaan, pejuangan, keadilan, dan kepenulisan.

Baca Juga: Menguak Sosok Minke pada Film Bumi Manusia

Sebelum menonton film Bumi Manusia, Mancoders cari dulu beberapa fakta menarik film garapan Hanung Bramantyo ini. Simak ulasan berikut:

  1. Hanung Bramantyo Sempat Ditolak Jadi Sutradara

Awalnya, sutradara kondang Hanung Bramantyo ditolak untuk menggarap film Bumi Manusia. Memang tak mudah dan butuh pendalaman khusus bagi seseorang untuk mengadaptasi karya legendaris dari Pram ke sebuah film.

Hanung Bramantyo.jpg

Hingga pada 2018, Hanung Bramantyo ditarik kembali oleh rumah produksi Falcon untuk menyutradarai Film Bumi Manusia. Ia mengalahkan beberapa pilihan sutradara lainnya seperti, Garin Nugroho dan Riri Riza

2. Berdurasi 3 Jam

Seperti yang kita ketahui bersama cerita Bumi Manusia karangan Pram dalam novelnya mencapai 500 halaman. Oleh karena itu durasi film pun bisa mencapai tiga jam lamanya. Bahkan, Hanung harus memotong lima adegan dalam novel agar durasinya tidak kelewat panjang.

Film Bumi Manusia.jpg

Durasi yang panjang tersebut tentu tidak akan terasa jika menelisik perjuangan Minke pada jaman dulu. Terlebih Hanung sendiri memang terkenal dengan film-filmnya yang mempunyai durasi panjang.

3. Iqbaal ditampar Hanung

Berperan sebagai sosok Minke di Bumi Manusia diakui oleh Iqbaal sangatlah berat. Sebabnya tokoh ini berbeda dengan film-film yang pernah dimainkan oleh Iqbaal Sebelumnya. Jika dulu terbiasa dengan memerankan tokoh yang santai dan enak. Pada tokoh Minke, Iqbaal dituntut harus merasakan kepedihan yang mendalam agar maksimal.

Iqbaal Ramadhan.jpg

Bahkan diceritakan oleh Iqbaal agar perannya bisa maksimal ia meminta Hanung untuk menamparnya. Hal ini diminta oleh Iqbaal sendiri supaya ia bisa merasakan sakit fisik yang nyata.

Baca Juga: Perankan Minke di Bumi Manusia, Iqbaal Ramadhan Tampil Maksimal

4. Sempat Ditawar Sutrada Luar Negeri

Oliver Stone .jpg

Sebelum resmi digarap oleh Hanung Bramantyo sebagai sutradara film Bumi Manusia, Terlebih dahulu posisi sutradara sempat ditawari oleh Oliver Stone, pegiat film asal Amerika Serikat saat itu, Oliver Stone ingin menawar Bumi Manusia dengan harga yang tinggi. Namun, Pram pun menolaknya dengan alasan ingin orang Indonesia lah yang menyutradarai karyanya.

5. Dibanjiri Pemain Belanda

Film Bumi Manusia.jpg

Menceritakan tentang kehidupan masa lalu di Indonesia, wajar jika Film Bumi Manusia banyak diisi oleh orang Belanda. Bahkan Hanung saat itu sempat menggelar casting di Belanda demi hasil yang maksimal. Setidaknya 60 persen pemain film Bumi Manusia merupakan orang Belanda.


Share To


inggil

inggil

Aug. 13, 2019, 4 p.m.


tags : Film Indonesia 2019 Fakta Menarik Bumi Manusia Berita Film Terbaru Bumi Manusia Film Bumi Manusia


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.


ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Life Style 19 November 2019 17:00 p.m.

Cara Menenangkan Wanita yang Emosi

Travel 19 November 2019 13:00 p.m.

Mistisnya Pentas Ebeg di Banyumas

Technology 19 November 2019 11:00 a.m.

Transformasi Digital JNE Capai Visi di Era Ekonomi Baru

Life Style 19 November 2019 10:00 a.m.

Cara Mengetahui Apakah Kamu Seorang Psikopat