Ragam-pilihan-smartphone.jpg

Sebaiknya Pilih Smartphone Sesuai Kebutuhan

oleh: rachli Technology Monday, 9 December 2019 16:00 p.m.


Mancode - Sekarang ini dapat dikatakan smartphone sudah tidak lagi menjadi barang mewah. Berbagai kalangan bisa memiliki piranti elektronik ini dengan mudah. Selain itu, fitur yang ditawarkan pada masing-masing smartphone menjadi daya pikat tersendiri untuk menunjang aktivitas sehari-hari.

Meskipun demikian, ternyata masih banyak orang yang masih kebingungan terkait penggunaan fitur yang ditawarkan. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk membeli ponsel pintar tertentu, ada baiknya sudah mengetahui apa yang menjadi kebutuhan.

Baca Juga: Proses Update Android 10 Diprediksi Bakal Lebih Cepat

Sebagai contoh, jika Mancoders suka bermain games, sesuaikan ponsel pintarnya dengan spesifikasi RAM yang mumpuni. Mengutip dari laman CNN Indonesia, berikut ini beberapa tips memilih smartphone sesuai kebutuhan.

Pilih OS Android atau iOS

Dari segi jumlah, Android paling banyak digunakan. Terlebih, pilihan ponsel juga bervariasi dibandingkan iOS yang digunakan pada iPhone. Keduanya memiliki fitur unggulan yang tidak dapat ditemukan pada OS lainnya.

iOS

Apple juga telah membawa pembaharuan iOS 13 pada produk ponsel terbarunya, seri iPhone 11. Fitur yang menjadi unggulan pada iOS 13 ini adalah penambahan memoji, mode gelap (dark mode), screen time, hingga pelacakan siklus menstruasi. Pembaharuan ini bisa digunakan mulai dari iPhone 6s dan setelahnya.

Baca Juga: Deretan Ponsel yang Mendukung Android 10

Android

Berbeda dengan iOS yang baru mendapatkan mode gelap, Android versi sebelumnya telah mengadopsi mode tersebut. Hanya saja melakukan pembaharuan sistem mode gelap yang lebih luas pada Android 10. Fitur unggulan lainnya yaitu screen recording, kontrol privasi, mode fokus, hingga QR Code untuk berbagi Wifi.

Saat ini, Google memang telah merilis versi terbaru, Andorid 10. Namun, belum banyak merek ponsel yang mendapat pembaruan tersebut. Google Pixel merupakan ponsel pertama yang menggunakan Android 10.

Baca Juga: 5 Petinggi Teknologi Ini Batasi Gadget pada Anak

Namun, Mancoders tidak perlu khawatir. Google telah mengumumkan akan memberikan pembaruan OS pada ponsel-ponsel Android yang lain. Hanya saja harus sedikit bersabar karena pembaruan dilakukan bertahap.

Baterai dan Memori

Selain itu, fitur yang diinginkan pengguna biasanya pengguna menginginkan baterai tahan lama. Kapasitas baterai bisa diketahui dari jumlah mAh yang dimiliki. Ponsel dengan baterai besar cocok digunakan bagi mereka yang aktivitasnya padat.

Selain itu, memori internal atau eksternal. Kebanyakan ponsel saat ini hanya menyediakan penyimpann internal saja yang cukup terbatas. Ukurannya bervariasi, mulai dari 64GB, 128GB, hingga 256GB. Ada pula yang menyediakan slot microSD agar kapasitas penyimpanan jadi lebih besar. Namun, sejauh ini belum ada ponsel iPhone yang menyediakan pilihan tersebut.


Share To


rachli

rachli

Dec. 9, 2019, 4:39 p.m.


tags : Apple Android iOS Android 10 tips memilih smartphone sesuai kebutuhan


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.


ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like