Sandi-Octa-Susila-Petani-Muda.jpg

Sandi Octa Susila, Sang Petani Milenial yang Sukses

oleh: inggil History Tuesday, 24 September 2019 12:00 p.m.


Memperingati Hari Tani Nasional yang dirayakan setiap tanggal 24 September, ada satu nama yang patut diapresiasi atas kerja kerasnya, ia adalah Sandi Octa Susila, pemuda asal Cianjur yang berhasil mengelola 120 hektar lahan sayuran.

Sosok Sandi ini mantap memilih profesi dan bisnisnya dalam dunia pertanian. Hal yang jarang ditemui bagi anak muda pada usianya. Sandi sendiri memulai usaha bertani ini sejak duduk di semester 5. Saat ini, dirinya mempunyai 373 petani dan 50 karyawan yang mengurus lahannya.

Baca Juga: Sosok BJ Habibie Salah Satu Orang Terpintar Indonesia

Mulanya saat terjun ke dunia bisnis ini, Sandi melihat banyak hasil panen kebun sayur yang tidak maksimal diperjualbelikan. Bermodalkan dunia internet, Sandi mulai menjual sayur-sayuran tersebut lewat salah satu laman jual beli. Dari situlah ia mendapat pengalaman pertama.

Sosok-Sandi-Octa-Susila.jpg

“Saya memulai usaha pada 2015, yang mana pada saat itu saya masih semester 5. Saya ambil wortel, beras, daun bawang, dan kentang dari hasil lahan ayah sendiri dan beberapa hasil petani lainnya. Klien pertama saya sendiri sebuah perusahaan cepat saji,” tutur Sandi dilansir Jawapos.

“Omzet pertama yang saya terima itu Rp3 juta dengan keuntungan sekitar Rp300-Rp500 ribu tiap minggunya. Tentu angka segitu udah cukup besar bagi seorang mahasiswa,” lanjut pemuda yang saat ini S2 di IPB ini.

Baca Juga: Adama Barrow, Mantan Satpam yang Kini Menjadi Presiden

Lahir dari seorang ayah yang juga kerja di dunia pertanian, Sandi pun turut mengembangkan bisnis tersebut dalam hal penawaran kerja sama. Ia bergerak pada bisnis HOREKA (hotel, restaurant, dan catering). Seperti masalah bisnis pada umumnya, Sandi juga sempat mengalami depresi cukup berat karena penipuan. Berkat dukungan keluarga dan orang terdekat, Sandi pun kembali bangkit dan merintis usahanya.

Lahan-Sandi-Octa-Susila.jpg

Dalam kurun empat tahun, Sandi pun berhasil menjadi pemasok utama ke 25 hotel di Jawa Barat dan beberapa ritel di Jakarta. Kini, dirinya mampu meraup Rp500 juta perbulan dari bisnisnya. Sandi pun juga bertekad untuk meningkatkan lahan miliknya semakin luas. Bahkan, ia pun tengah mengembangkan inovasi agrowisata yang akan dibuka untuk umum.

Baca Juga: Sosok Wika Salim Pendamping Baru Tukul di Ini Baru Empat Mata

Kunci dari kesuksesan Sandi sendiri ialah rendah hati dan selalu merangkul para petani. Dalam menerapkan harga jual sendiri ia selalu terbuka kepada petani. Tidak hanya berorientasi pada profit, Sandi juga membantu petani sekitar dalam permodalan dengan bentuk Natuna (pupuk, benih, pestisida).

Sandi-Octa-Susila.jpg

Atas keberhasilannya di usia yang masih muda di dunia pertanian, Direktur Jenderal Hortikultura, Prihasto Setyanto pun memberi apresiasi sebanyak-banyaknya kepada pemuda tersebut. Baginya, sosok Sandi ini patur ditiru oleh setiap anak muda yang memandang setengah mata profesi bertani.

“Ini sangat luar biasa. Di usianya yang masih muda, Sandi telah menjadi milyader di bidang pertanian. Patut diapresiasi dan mendapat penghargaan yang tinggi,” ujar Prihasto Setyanto

Baca Juga: Kisah Inspirasi Jenny Jusuf, Penulis Skenario Film Filosofi Kopi

“Sandi membuktikan bahwa dengan bertani bisa sejahtera, bisa maju, dan membangun negeri ini. tentunya harapan kami bisa lahir anak-anak muda yang bergerak di bidang pertanian demi terwujudnya kedaulatan pangan,” pungkas Direktur Jenderal Hortikultura ini.


Share To


inggil

inggil

Sept. 24, 2019, noon


tags : Selamat Hari Tani Nasional Pengusaha Muda Petani Sandi Octa Susila Hari Tani Nasional 2019


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like