Samsonite Wujudkan Komitmen Praktik Keberlanjutan Melalui Kegiatan Daur Ulang.jpg

Samsonite Wujudkan Komitmen Praktik Keberlanjutan Melalui Kegiatan Daur Ulang

oleh: rachli Life Style Monday, 19 December 2022 11:00 a.m.


Mancode - Samsonite Indonesia bersama Yayasan WWF Indonesia, sekaligus bermitra dengan organisasi lingkungan lokal, PlusTik dan Robries Gallery, melakukan kegiatan mendaur ulang bahan plastik menjadi paving block dan memasangnya di kawasan Taman Wisata Alam Mangrove Angke Kapuk, Jakarta Utara.

Country Heat PT Samsonite Indonesia, Nadya Pertiwi mengatakan, komitmen terhadap inovasi dan keberlanjutan sudah menjadi bagian dari sejarah Samsonite. Seiring perkembangan dunia traveling, Samsonite memberi contoh melalui komitmennya dalam mengedepankan praktik keberlanjutan.

“Produksi upcycle dan pemasangan paving block merupakan bukti komitmen yang kuat dalam memainkan peran kami demi mendukung kelestarian lingkungan,” katanya, Jumat (16/12/2022).


Dari total seluruh koper yang terjual pada program Luggage Trade-in, terdapat lebih dari 600 koper preloved yang memenuhi syarat program daur ulang oleh PlusTik, dan berhasil membuat 100.000 paving block yang mencakup area sekitar 1.000 meter persegi di Taman Wisata Alam Mangrove.

Reza Hasfinanda, Founder PlusTik menjelaskan, PlusTik menyakini setiap langkah kecil yang dilakukan bertujuan untuk mengurangi jumlah sampah plastik. PlusTik berterima kasih atas kesempatan yang diberikan untuk bisa ikut serta dalam kampanye yang menyoroti pentingnya produk daur ulang.

“PlusTik dan Samsonite memiliki semangat yang sama dalam mengusung keberlanjutan, oleh karena itu, kami percaya bahwa bersama-sama kita dapat mencapai tujuan yang lebih besar dalam melindungi dan melestarikan lingkungan,” ucapnya

Program Luggage Trade-in juga menjadi wadah Samsonite untuk mendonasikan Rp 100.000 dari setiap koper yang berhasil terjual kepada Yayasan WWF Indonesia melalui ‘Signing Blue Program’. Secara keseluruhan, donasi dari program Luggage Trade-in tahun ini mencapai Rp 720.000.000.

Selain itu, Samsonite juga memperkenalkan Artisanal Tray edisi terbatas yang berkolaborasi dengan Robries Gallery. Artisanal Tray ini terbuat dari 100 persen plastik daur ulang yang dikumpulkan dari program Luggage Trade-in tahun ini.

Setiap Artisanal Tray memiliki model unik yang dibuat khusus untuk mereka yang telah berpartisipasi. Para pelanggan dapat memiliki kesempatan untuk menukarkan hadiah eksklusif ini setelah pembelian dengan mengisi formulir online melalui sebuah tautan yang diberikan.

Untuk diketahui, dijelaskan Hazlina Dayangku selaku Head of Marketing & Brand Strategy Samsonite Southeast Asia, program Luggage Trade-in adalah bagian dari strategi jangka panjang Samsonite, yang berfokus pada perjalanan yang komprehensif.

Fokus dimulai dari bagaimana produk Samsonite dibuat untuk bertahan lama, bagaimana perusahaan memainkan perannya dalam mengurangi dampaknya terhadap planet ini serta bagaimana memastikan keterlibatan orang-orang, mitra, dan komunitasnya untuk turut mendapat manfaat dari proses bersama ini.

“Melalui program ini, kami ingin menjadi penyeimbang dari budaya throwaway, dengan menggunakan inovasi penting untuk menemukan cara menggabungkan sumber material yang bertanggung jawab dan berkelanjutan, serta turut mengurangi beban di area pembuangan sampah,” tutupnya.

Baca Juga: Studi Kyndryl Ungkap Organisasi di ASEAN Fokus Pada Keberlanjutan

Baca Juga: Ericsson Tingkan Standar Keberlanjutan dengan Radio 5G Triple-Band

Baca Juga: Luncurkan Laporan Keberlanjutan, Warung Pintar Kembangkan Pilar Dampak Sosial




Share To


rachli

rachli

Dec. 19, 2022, 11 a.m.


tags : Keberlanjutan Samsonite Daur Ulang


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA