Sambut G20, Meparekraf Sandiaga Dorong Pelaku Parekraf Tingkatkan Soft Skill.jpg

Sambut G20, Meparekraf Sandiaga Dorong Pelaku Parekraf Tingkatkan Soft Skill

oleh: rachli Travel Monday, 30 May 2022 16:00 p.m.


Mancode - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mendorong pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di Kabupaten Belitung untuk meningkatkan kapasitas terutama kemampuan public speaking dalam menyambut penyelenggaraan Development Working Group (DWG) G20 di Belitung pada September 2022 mendatang.

Saat kegiatan ‘Pelatihan Pemberdayaan UMKM’ pada 28 Mei 2022, Menparekraf Sandiaga mengatakan, peningkatan kapasitas tidak hanya terhadap kualitas produk tapi juga soft skill dari pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif. Salah satunya kemampuan berkmunikasi (communication skill).

“Saya menyampaikan beberapa kiat yang dapat dilakukan pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif, salah satunya adalah soft skill public speaking. Juga berani mangmbil risiko yang diiringi dengan etos kerja 4AS yakni kerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas, dan kerja ikhlas,” katanya, Sabtu (28/5/2022).


Pandemi memang memberikan dampak yang besar terhadap sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Namun di balik itu banyak peluang usaha yang dapat dihadirkan dengan inovasi, adaptasi, dan kolaborasi. Menghadirkan produk unggulan khas Belitung seperti kuliner, kriya, atau fesyen.

“Selain G20 ada banyak event yang akan digelar di Belitung, seperti pada Oktober 2022 nanti ada Tour de Belitung. Pastinya banyak akan ikut, oleh karena itu produk-produk ekonomi kreatif kita harus siap,” imbuhnya.

Dengan produk ekonomi kreatif yang berkualitas maka akan saling menunjang dengan pariwisata Belitung yang sudah terkenal akan keindahan alam dan budayanya. Bisa dikatakan Belitung adalah destinasi terbaik, tidak ada destinasi untuk pariwisata berbasis olahraga dan berkelanjutan yang menadingi Belitung.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dikatakan Menparekraf Sandiaga Uno akan all out mendukung pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif bersama kementerian atau Lembaga dan pihak-pihak lain.

“Belitung betul-betul punya karakteristik yang sangat kuat, karena itu keindahan alam yang mendukung harus juga ditopang dengan SDM yang mumpuni supaya kita bangkit dan buka peluang usaha dan lapangan kerja,” tutup Menparekraf Sandiaga Uno.

Baca Juga: ‘The 1st Tourism Working Group’ KTT G20 Bahas 5 Pilar Aksi

Baca Juga: Dukung Presidensi G20 Indonesia, Kemenparekraf Siap Luncurkan Side Event Parekraf

Baca Juga: Mastercard Economics Institute: Industri Perjalanan Asia Pasifik Meningkat




Share To


rachli

rachli

May 30, 2022, 4 p.m.


tags : Parekraf Menparekraf Sandiaga Uno G20


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE