Dukun palsu.jpg

Said Kusuma, Sang Pembasmi Dukun Palsu!

oleh: fachrul Life Style Tuesday, 17 March 2020 10:00 a.m.


Mancode.id - Santun tapi tegas! Itulah gambaran keseharian seorang Said Kusuma, Guru Besar Padepokan Sukma Lanang Sajati, Bandung. Sebelum terjun ke ranah spiritual, Said Kusuma telah melalui jalan yang berliku dan curam. Ribuan jam tirakat telah ia tempuh bersama bimbingan guru spiritualnya. Mancode mendapat kesempatan berbicara dengan Said Kusuma untuk membahas seputar aktivitas dunia perdukunan, terutama membongkar dukun palsu yang kian hari semakin mengkhawatirkan sepak terjangnya. Simak obrolan Mancode dengan Said Kusuma di bawah ini!

Apa ciri-ciri dukun palsu itu?

Ciri-ciri dukun palsu ini banyak sekali, dari beberapa ciri di sini akan saya berikan ciri yang paling kentara dan mendasar. Yang pertama, dukun palsu biasanya tidak berani membuktikan ilmunya. Dalam hal ini jika dukun tersebut adalah penipu yang menjual ilmu-ilmu gaib yang tidak jelas asal-usulnya. Ada juga dukun palsu yang bersembunyi di balik sorban dan penampilan agama, tak jarang mereka mencabuli pasiennya dengan iming-iming pengobatan dan lain sebagainya. Ciri ketiga ini yang paling penting yaitu dukun palsu biasanya banyak bicara mengenai banyak hal yang jika kita kritisi kita tanya lebih dalam lagi mereka tidak bisa menjawab. Misalnya berbicara soal santet, lalu kita tanya santet itu apa, bagaimana cara kerjanya, apa jenisnya dan lain sebagainya. Intinya dukun palsu adalah siapa saja yang mencari uang dengan cara menjual jasa namun nominal uang dan jasa yang diberikan tidaklah sesuai. Dukun tersebut meminta uang kepada kita untuk pengobatan kita, namun saat kita berikan uangnya kita tetap saja sakit alias tidak sembuh. Dalam hal ini, bisa dikatakan orang tersebut adalah dukun palsu. Dan, hal itu bukan hanya di dunia pengobatan saja, bisa jadi di bidang penjualan jasa yang lainnya yang mana dia tidak memberikan jasa yang sesuai dengan nominal dan melanggar kesepakatan yang sudah disetujui.

Pernah punya pengalaman ditipu dukun palsu?

Sering sekali, oleh karena itu saya faham betul tipu daya dan manipulasi mereka. Setelah saya belajar pada guru yang benar, saya mengusung slogan DUKUN KRIMINAL AKHIR ZAMAN. Maksudnya saya adalah seorang dukun kriminal, meski saya belajar pada ustadz dan ahli agama, namun tetap saya malu untuk menyandang gelar keagamaan. Saya lebih pantas menyandang gelar dukun, karena memang saya dukun. Dukun di sini banyak artinya, dukun dalam bahasa arab adalah kaahin. Namun, pembagian dukun itu sendiri sangat terperinci, karena ulama ahli hikmah dan ahli ilmu spiritual terdahulu juga mengamalkan ilmu-ilmu yang bersifat ghaib dan mereka diberi nama ahli ruhani, peruhani atau di dalam kitab untuk mengidentifikasi seorang ulama yang ahli dalam ilmu ghaib.

Bisa kita ketahui dari namanya, yang mana awalan namanya seringkali disandingkan kata ARRUHANIY, seperti Syeikh Arruhaniy Abu Isaa, arti Arruhaniy adalah seorang ahli ilmu ruhani/spiritual/ghaib. Namun, di Indonesia slogan Arruhaniy ini tidak bisa dipakai karena konteks dalam segi bahasa berbeda, makanya saya bisa disebut Arruhaniy jika saya di Timur Tengah karena saya mempelajari ilmu ghaib dan ilmu hikmah sesuai dengan syariat, dari segi pengamalan dan penggunaanya hanya boleh untuk kebaikan, namun di Indonesia saya rasa gelar dukun lebih cocok, agar simple.

Lalu, arti kriminal disini adalah saya sebagai seseorang yang kriminal, memberantas pembodohan atas nama agama, ilmu hikmah dan ilmu ghaib. Saya memberantas dengan kriminal, tidak jarang mereka (dukun palsu) saya bongkar boroknya di depan publik, bahkan di depan muridnya. Oleh karena gerak gerik saya dalam melawan dukun abal-abal ini cenderung keras dan kasar, maka dari itu saya pakai gelar dukun kriminal. Karena jika saya menyandang gelar ustadz atau ahli agama tentulah orang akan berfikir negatif tentang agama saya. Maka dari itu, saya lebih mantap memakai gelar dukun agar segala perilaku dan gerak gerik saya tidak dikaitkan dengan agama.

9a4e062d-172c-4878-9599-17723bdf4587.jpg

Bagaimana tips agar terhindar dari dukun palsu?

Tips terhindar dari dukun palsu mudah sekali. Hindari dukun-dukun yang ucapannya berlebihan, karena rata-rata ucapan dukun palsu itu berlebihan dan tujuannya untuk membuai serta menipu agar korbannya tergiur.

Bagaimana cara mendapatkan guru spiritual yang asli?

Cara mendapatkan guru spiritual dan ilmu ghaib yang asli harus diawali dengan pembersihan diri. Karena saat diri kita kotor dalam segi lahir maupun batin, sudah tentu ilmu-ilmu spiritual yang sifatnya bersih dan lembut tidak akan sampai kepada kita. Maka dari itu sebelum belajar ilmu spiritual sebaiknya benahi ibadah syariat kita, kemudian bersihkan batin kita, dan saat ibadah kita baik, batin kita bersih, lantas kita shalat istikhoroh memohon petunjuk dengan demikian pastilah Allah memberi petunjuk kepada siapa kita harus berguru.

Dunia ilmu keghaiban ini sangat rawan, sedikit saja salah pengamalan serta salah pemahaman kita bisa celaka dunia dan akhirat. Misalnya kita belajar pada dukun di pedalaman, lalu dari dia kita mengambil pemahaman dan meyakini Ratu Nyi Roro Kidul sebagai penguasa pantai selatan, maka ini sudah fatal musyrik bahkan murtad karena meyakini sesuatu hal yang menguasai lautan selain daripada Allah. Begitu juga pemahaman yang lainnya seperti soal jin, soal alam ghaib dan lain sebagainya, salah sedikit saja, kita bisa musyrik. Oleh karena itu, belajarlah pada guru yang benar-benar sesuai dengan syariat, dari segi ilmu maupun pemahaman.

"Wahai dukun palsu, kalian hidup di dunia hanya sebentar. Berhentilah membuai dan menipu hanya demi sepeser uang! Karena semuanya akan dimintai pertanggung jawaban, kasihanilah diri kalian, janganlah banyak omong mengenai sesuatu hal yang tidak kalian fahami, apalagi ucapan kalian sudah jauh dari koridor syariat. Ada sebagian dukun palsu mengklaim mampu datangkan para nabi, sungguh terlalu! Demi popularitas dan demi dunia kalian rela menjual aqidah dan menyesatkan banyak orang. Berhentilah sebelum terlambat!" tutup Said Kusuma.

Baca Juga: Membongkar Penipuan Praktik Ruqyah (I)

Baca Juga: Ramalan yang Menakutkan di Sepanjang 2020

Baca Juga: Fanatisme akan Membunuh Kita Semua


Share To


fachrul

fachrul

March 17, 2020, 10 a.m.


tags : Dukun Spiritual Said Kusuma Ilmu Hikmah


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Entertainment 25 September 2020 12:00 p.m.

Davina Raja Rilis “Berharap Tak Berpisah” Versi Galau

Entertainment 25 September 2020 9:00 a.m.

Mahen Luncurkan Single Terbaru “Datang Untuk Pergi”

Shopping 24 September 2020 15:00 p.m.

Bantu Brand Lokal, Folkaland Gelar Virtual Live Shopping

History 24 September 2020 10:00 a.m.

Sejarah di Balik Peringatan Hari Tani Nasional