
Sabtu Belanja Lokal, Cara TikTok Bantu Tingkatkan Omzet UKM
oleh: galih Shopping Wednesday, 2 June 2021 7:00 a.m.
Mancode - TikTok, platform video singkat, memperkenalkan program Sabtu Belanja Lokal, sebuah program terbaru untuk mendukung Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Asia Tenggara yang akan diselenggarakan sepanjang Juni 2021. Program ini merupakan rangkaian usaha TikTok dalam menyokong rencana UKM go digital.
Dijelaskan Esme Lean, Head of Small and Medium Business, TikTok, Asia Tenggara, program Sabtu Belanja Lokal merupakan bagian dari rangkaian program pemberdayaan UKM agar mereka dapat memanfaatkan TikTok sebagai platform untuk menunjukkan jati diri mereknya, serta menjangkau audiens baru.
“Ini menjadi cara TikTok untuk mendukung UKM dan memberdayakan mereka untuk tetap tumbuh, terlepas dari masa pandemi ini. Kami berharap bisa menunjukan kepada UKM di Indonesia, bahwa mereka dapat memanfaatkan TikTok untuk meluncurkan kampanye menarik yang mampu meningkatkan penjualan serta bisnis," kata Esme Lean.
Dengan menjadi bagian dari Sabtu Belanja Lokal, UKM di Indonesia berkesempatan untuk mengikuti program ini melalui beragam paket iklan berbayar untuk menunjukan merek atau brandnya dengan fitur spotlight unik di TikTok, dan akan dimulai pada 4 Juni 2021.
“Banyak UKM yang masih berjuang menghadapi dampak pandemi, program ini juga merupakan sebuah upaya untuk menyamaratakan kesempatan dengan meningkatkan kesadaran tentang bisnis dan memperkuat penawaran mereka,” tambah Esme Lean.
UKM juga akan mendapatkan kesempatan yang unik, tidak hanya berpartisipasi dalam kampanye TikTok, tetapi juga meningkatkan jangkauan dan skala di dalam platform. Dengan dukungan spesial,seperti halaman khusus di aplikasi yang dibuat untuk meningkatkan trafik website UKM, akses khusus untuk bekerjasama dengan kreator, memproduksi iklan, pelatihan kreatif, dan masuk ke dalam website dan blog TikTok, UKM di Indonesia akan menerima eksposur yang lebih banyak untuk mendapatkan pembelian dari lebih banyak pengguna yang menjadi konsumen baru.
Menurut Laporan TikTok SMB yang dilakukan pada Januari 2021 oleh TikTok for Business, 1 dari 3 UKM di Indonesia lebih suka menggunakan TikTok sebagai platform beriklan mereka, TikTok dilihat memiliki kekuatan platform sebagai alat marketing untuk mencapai tujuan bisnis mereka.
Sementara, International Data Corporation (IDC) melaporkan sebanyak 70,6 persen UKM di Asia Tenggara terpaksa menghentikan operasinya sementara karena pandemi.
Setelah program Sabtu Belanja Lokal, TikTok akan terus mendukung UKM dengan menyediakan berbagai alat, sumber daya, dan pengalaman terbaik untuk terkoneksi dengan audiens serta meningkatkan bisnisnya di masa sulit ini, antara lain:
- TikTok Ads Manager
UKM dapat memanfaatkan TikTok Ads manager untuk menciptakan iklan kampanye secara mudah dengan biaya fleksibel, serta membantu bisnisnya untuk menjangkau audiens yang relevan.
- Grow with TikTok - Starter Lab
Sebuah program training bulanan yang sudah berjalan di Februari 2021, di mana lebih dari 6.600 UKM telah menerima pembelajaran secara langsung dari tokoh dan ahli di industri marketing serta tim ahli di TikTok dalam bagaimana memulainya di TikTok.
- Small Business Resource Center
Diperkenalkan pada Maret 2021, Small Business Resource Center ini menghadirkan berbagai pengalaman terbaik di TikTok dan sumber informasi bagi UKM untuk belajar terkoneksi dengan audiens dan mendapatkan hasil yang diinginkan.
- Lead Generation
Solusi pertama TikTok yang membantu UKM mencapai prosek bisnis untuk mengkonversikannya dalam konsumen potensial dengan mudah. Fitur ini juga tersedia untuk pebisnis dan pelaku UKM di Indonesia. Lead Generation memudahkan pebisnis segala ukuran, termasuk UKM, untuk menciptakan interaksi sehingga bisa meraih prospek bisnis, termasuk mendapatkan konsumen potensial.
- Mendukung Pembayaran Lokal dalam TikTok Ads Manager
TikTok menjadi aplikasi pertama yang mendukung pembayaran dalam mata uang lokal melalui sistem integrasi dompet digital, seperti DANA di Indonesia.
- Menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) bersama Pemerintah Indonesia.
TikTok bekerjasama dengan pemerintah di beberapa negara tempat TikTok beroperasi, demi memperkuat komitmennya dalam mendukung UKM di seluruh wilayah. Di Indonesia, TikTok menyelenggarakan program pelatihan gratis #MajuBarengTikTok untuk mendukung perkembangan digitalisasi UKM dan IKM, berkolaborasi dengan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, serta Kementerian Perindustrian Republik Indonesia.
Sejak diluncurkan Agustus tahun lalu, TikTok bersama solusi TikTok for Business telah mengedukasi lebih dari 30,000 pelaku UKM di seluruh Indonesia.
Share To

galih
June 2, 2021, 7 a.m.
Berita terpopuler
ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

Pertegas Dukung UMKM, ShopeePay Luncurkan Buku Panduan UMKM
45 3 weeks, 3 days ago
Buku ini memberikan ilmu pengetahuan yang mendasar dan mengikuti perkembangan teknologi bagi pelaku UMKM yang ingin memulai atau mengembangkan bisnisnya

Semarakan Lebaran, Intip 5 Rekomendasi Produk Ruang Tamu IKEA
43 3 weeks ago
Selain makanan dan pakaian, menata dan mendekorasi ruang juga hal yang perlu dilakukan saat merayakan Hari Raya Idul Fitri bersama keluarga.

French Glossing, Layanan L’Oreal Professionnel Jawab Kebutuhan Pewarnaan Rambut
30 2 days, 13 hours ago
Setiap orang bisa mendapatkan salon experience yang dipersonalisasi untuk menentukan jenis perawatan rambut sesuai kebutuhan.
YOU MAY ALSO LIKE
Life Style 19 May 2022 12:00 p.m.
Honda Brio Virtual Modification Edisi ke-4 Tantang Modifikator Adu Kreativitas
Entertainment 29 April 2022 9:00 a.m.
Tayang Mei 2022, Awi Suryadi Sutradarai Adaptasi Serial Audio Batman Unburied
Entertainment 27 April 2022 7:00 a.m.
Rapper Akara Lepas Single “Mentari” sebagai Cerminan dan Refleksi Diri
Travel 21 April 2022 11:00 a.m.