Sabar-Gorky-Berhasil-Naik-Gunung.jpg

Sabar Gorky, Pendaki Tunadaksa yang Tak Pernah Menyerah

oleh: inggil History Monday, 11 November 2019 12:00 p.m.


Bagi pecinta olahraga panjat dinding maupun para pendaki gunung sosok Sabar Gorky tentu sudah tidak asing lagi. Sosoknya yang menginspirasi banyak orang dari keterbatasan fisiknya, membuat pria asal Solo ini dikenal banyak orang. Tak hanya di Indonesia saja, Sabar Gorky sudah dikenal oleh para pendaki gunung seluruh dunia.

Pria asal Solo ini sebenarnya bernama asli Sabar, sedangkan Gorky sendiri merupakan julukan yang disematkan oleh staf Duta Besar Indonesia untuk federasi Rusia, Hamid Awaludin. Mulanya, julukan ini diberikan Sabar saat ia berhasil mencapai puncak Mt. Elbrus 17 Agustus 2011 silam. Gorky sendiri dalam bahasa Rusia berartikan ‘pahit’.

Sabar-Gorky-Pendaki-Tunadaksa.jpg

Sebagai informasi, Sabar Gorky merupakan pendaki tunadaksa pertama Asia yang berhasil mencapai puncak Elbrus. Ia mampu mendaki gunung setinggi 5.642 mdpl hanya dengan satu kaki kiri dan dibantu tongkat kesayangannya.

Kecelakaan pada 1990 membuat kaki kanan Sabar Gorky harus diamputasi. Namun, hal itu tidak membuatnya patah semangat. Ia kemudian bangkit dan mengukir berbagai prestasi yang luar biasa dengan keterbatasan fisiknya. Beberapa puncak gunung di Indonesia atau luar negeri berhasil ia taklukan. Ketertarikannya terhadap naik gunung sudah dimulai sejak 1986. Gunung pertama yang Sabar Gorky panjat ialah Gunung Lawu.

Sabar-Gorky.jpg

Tidak hanya itu saja, Sabar Gorky juga memiliki cita-cita untuk menggapai tujuh puncak tertinggi di dunia. Tiga di antaranya sudah berhasil ia taklukan, yakni Gunung Kilimanjaro, Gunung Elbrus, dan Gunung Cartenz. Hanya dalam kurun tiga tahun ia berhasil meencapai ketiga gunung tertinggi di dunia tersebut. Bahkan, pria 49 tahun ini juga pernah mendaki salah satu gunung paling tinggi di Argentina yang terkenal dengan medannya yang berat, yakni Gunung Aconcagua.

Kisahnya yang menginspirasi tersebut membuat nama Sabar masuk dalam Guinness Book of Records. Ia merupakan tunadaksa kaki satu pertama yang berhasil mendaki Gunung Elbrus dari jalur utara, bersama degan ketiga pendampingnya, Sergey, Victor, dan Daniel. Atas keberhasilannya tersebut, ketiga pendamping Sabar tersebut membantunya untuk mendapatkan Guinness Book of Records.

Sabar-Gorky-Meraih-Penghargaan.jpg

Tentu keberhasilan yang diraih oleh Sabar Gorky tidaklah mudah. Membutuhkan waktu yang lama dan juga ketekunan yang kuat. Namun, yang terpenting ialah rasa tidak mudah menyerah dan mental yang kuat. Semangat yang dipunya oleh Sabar Gorky patut ditiru oleh orang lain. Terlebih dengan kondisi keterbatasan fisiknya.

Baca Juga: Sosok Pak Ndul, Youtuber Kocak Asal Madiun

Baca Juga: Dari Jurnalis Hingga Vokalis, Ini Sosok Ananda Badudu

Baca Juga: Mengenang Sosok Pak Raden Pencipta Tokoh Si Unyil


Share To


inggil

inggil

Nov. 11, 2019, noon


tags : Pendaki Sabar Gorky Sabar Gorky Tunadaksa Sosok Inspirasi Biografi Sabar Gorky


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Entertainment 14 August 2020 16:00 p.m.

Lebih Eksploratif, Alir Rilis Single Daun

Entertainment 14 August 2020 15:00 p.m.

Curhat Asmara Bagas RAN di Single 'Lelah Menanti'