Kondisi-Stres.jpg

Saat Stres, Hindari Bahan Makanan Ini

oleh: rachli Life Style Tuesday, 8 October 2019 12:00 p.m.


Banyak hal yang menjadi penyebab timbulnya kondisi stres, mulai stres kerja, stres keuangan, stres hubungan asmara, dan lain sebagainya. Biasanya, berbagai jenis bahan makanan, baik itu manis, asin atau berlemak menjadi objek pelampiasan guna menghilangkan kondisi stres.

Meskipun demikian, jangan sampai bahan makanan yang menjadi objek pelampiasan stres malah memperparah kondisi stres itu sendiri. Untuk itu, tetap perlu berhati-hati memilih bahan makanan maupun minuman saat mengalami kondisi stres.

Ada bahan makanan tertentu yang sebaiknya dihindari saat stres. Walau sulit dihindari, sebaiknya batasi mengkonsumsinya. Berikut ini ada beberapa jenis bahan makanan yang Mancode rangkum dan sebaiknya dihindari saat mengalami kondisi stres.

Kafein

Kafein.jpg

Mengkonsumsi kafein dalam kadar yang wajar bisa membantu meningkatkan daya fokus dan konsentrasi mental. Namun, jika dikonsumsi secara berlebihan, efeknya menjadi negatif, seperti menimbulkan rasa cemas, fluktuasi energi, mudah marah, depresi, dan merasa cepat lelah.

Baca Juga: 3 Tanda Tubuh Mengalami Masalah Kesehatan

Alkohol

Alkohol.jpg

Meskipun banyak anggapan yang beredar dengan mengkonsumsi alkohol itu bisa menenangkan saraf saat sedang stres, ternyata tidak disarankan sama sekali. Jika tetap dilakukan, hal tersebut malah sulit untuk meredakan stres, bahkan semakin membuat depresi.

Belum lagi dengan pengaruh konsumsi alkohol yang dapat menyebabkan sejumlah gangguan penyakit kronis. Jangan sampai malah mengorbankan kesehatan karena kurang berhati-hati dalam memilih apa yang dikonsumsi saat sedang stres.

Sodium

Sodium.jpg

Mengonsumsi bahan makanan yang banyak mengandung garam berlebih dapat mengganggu mental. Pasalnya, kandungan sodium yang tinggi dapat mengacaukan sistem syaraf. Bukan hanya memicu stres, hal itu juga bisa menyebabkan masalah pada sistem imunitas dan membuat merasa lelah.

Terlalu banyak mengkonsumsi sodium juga dapat menyebabkan kenaikan berat badan, yang bagi sebagian besar orang malah semakin membuat stres.

Lemak Trans

Lemak-Trans.jpg

Lemak trans merupakan lemak tak jenuh yang sering terkandung dalam margarin, makanan ringan kemasan, dan minyak yang digunakan untuk menggoreng makanan cepat saji. Selain berpotensi meyumbat arteri, lemak trans dapat meningkatkan risiko depresi sebanyak 48 persen.

Baca Juga: Ini Camilan Sehat untuk Pria Modern

Baca Juga: Ini Makanan yang Dianjurkan Sebelum Berolahraga

Jadi, ketika saat sedang stres, sebaiknya menghindari mengonsumsi makanan cepat saji ataupun gorengan yang menggunakan minyak mengandung lemak trans.

Gula Rafinasi

Gula-Rafinasi.jpg

Gula rafinasi cukup banyak dijumpai dalam kue kering dan permen. Mengkonsumsi gula rafinasi berlebihan bisa menyebabkan lonjakan gula darah yang cepat naik dan menurun dengan cepat. Saat sedang stres, hindari konsumsi makanan yang mengandung gula rafinasi.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan pada Juli 2019 di Scientific Reports menemukan bahwa meningkatnya konsumsi gula rafinasi justru akan meningkatkan risiko depresi.


Share To


rachli

rachli

Oct. 8, 2019, 12:18 p.m.


tags : Alkohol Kondisi Stres Kafein Bahan Makanan dan Minuman Stres Kerja


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.


ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

History 15 November 2019 16:00 p.m.

Kesederhanaan dan Kecantikan Hati Sandra Dewi

Technology 15 November 2019 16:00 p.m.

Google Diam-diam Bocorkan Data Medis Jutaan Pasien

Entertainment 15 November 2019 14:00 p.m.

Scrimmage Game Jadi Materi Honda DBL Camp 2019

Entertainment 15 November 2019 11:00 a.m.

Sivia Azizah Rilis Single Terbaru “STORM”