Mudik-Lebaran-2021.jpg

Rumah Pemudik Asal Jakarta akan Ditandai

oleh: inggil Life Style Monday, 17 May 2021 13:00 p.m.


Mancode - Lebaran tiba mudik pun tiada. Siapa sih yang tidak ingin mudik atau pulang kampung saat hari raya Lebaran? Momen inilah yang ditunggu-tunggu oleh para perantau yang ingin pulang ke kampung halaman. Bertemu orang tua, berkumpul bersama saudara, dan bercanda ria bersama kawan lama adalah hal yang menyenangkan di momen mudik.

Namun, sudah dua tahun ini pemerintah Indonesia melarang untuk mudik akibat adanya pandemi covid-19. Guna menurunkan jumlah calon pasien yang bakal terpapar virus corona larangan mudik pun diadakan di seluruh wilayah Tanah Air. Penyekatan pun terjadi di beberapa titik jalan raya yang mengharuskan putar balik.

Tak sedikit pula orang-orang melanggar aturan larangan mudik ini untuk pulang ke kampung halaman. Banyak cara dilakukan agar mereka lolos dari penyekatan dan sampai ke rumah. Mengantisipasi orang-orang yang berhasil mudik ini Polda Metro Jaya beserta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Kodam Jaya punya cara tersendiri.


Kerja sama antar ketiganya tersebut bakal memberikan tanda terhadap rumah warga balik ke Jakarta guna mengantisipasi penyebaran Covid-19 usai liburan Lebaran 2021.

"Ini kami lakukan tiga pilar masing-masing Kecamatan, Polsek dan Koramil bahkan hingga RT/RW, serta Babinsa dan Bhabinkamtibmas," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus seperti yang dilansir dari Antara (17 Mei 2021).

Yusri mengatakan petugas Kecamatan, Polsek, Koramil akan memberikan tanda di depan rumah warga yang baru tiba di Jakarta usai balik dari luar kota. Warga tersebut akan menjalani tes antigen atau tes usap PCR di Puskesmas atau Kampung Tangguh setempat.

Sejauh ini, Yusri menyatakan terdapat 16 orang yang telah tiba di Jakarta lolos dari pos penyekatan tes antigen, namun setelah dites hasilnya menunjukkan negatif. Tes ini telah dilakukan sebanyak 200 orang di Pos Penyekatan Kedung Waringin, Bekasi, Jawa Barat pada Minggu ini terdapat empat orang yang positif COVID-19.

"Kita bawa ke Wisma Atlet untuk PCR kalau masih positif maka kami rujuk ke rumah sakit atau isolasi mandiri di Wisma Atlet," ujar Yusri.

Lebih lanjutnya, Yusri menginformasikan bagi warga arus balik di Jakarta belum memiliki surat bebas COVID-19 dan hasil tes antigen sehingga ditolak warga sekitar, maka dapat mendatangi Polsek terdekat yang membuka posko pelayanan antigen gratis.

"Karena ada beberapa Kelurahan tolak warga kembali tanpa bawa surat swab," tutur Yusri.

Baca Juga: Waspada Cuaca Buruk Saat Hari Lebaran 2021

Baca Juga: Sambut Idul Fitri, Anakana Kreatif Indonesia Rilis Lebaran Virtual

Baca Juga: Libur Lebaran, Swiss-Belhotel Serpong Tebar Promo Staycation Menarik




Share To


inggil

inggil

May 17, 2021, 1 p.m.


tags : Virus Corona Pandemi Covid-19 Lebaran 2021 Mudik Lebaran 2021 Larangan Mudik Lebaran 2021


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA