Roger-Frisch.jpg

Roger Frisch Tetap Bermain Biola Saat Operasi Tumor Otak

oleh: inggil Life Style Saturday, 28 March 2020 8:00 a.m.


Mancode - Pernah membayangkan pasien yang tengah menjalani operasi otak tetap dalam keadaan sadar sembari bermain musik? Ya, itulah yang dialami oleh Roger Frisch, pemain biola profesional di Minnesota Orchestra selama lebih dari 40 tahun. Pada 2010 lalu, dirinya tengah menjalani operasi otak, meski begitu Roger tetap bermain biola dengan sangat baik.

Bermula pada 2009, Roger yang kala itu menyadari tangannya bergetar beberapa kali. Bekerja sebagai pemain biola profesional tentu saja hal itu mengganggunya saat bermain. Hingga di suatu waktu saat berlatih, Roger pun terjatuh dan dibawa ke rumah sakit. Ternyata, dokter yang merawatnya mendiagnosis pemain biola tersebut menderita kelainan saraf.

Dokter pun memberitahunya untuk diberikan stimulasi otak bagian dalam yang dilakukan dalam prosedur bedah saraf. Pembedahan itu menempatkan neurostimulator untuk menyembuhkan gangguan pergerakan seperti tremor, parkison, dystonia melalui elektroda implant. Operasi ini pun dilakukan di Laboratorium Teknik Saraf Mayo Clinic di Amerika Serikat.

Kesulitan pun dialami oleh para dokter untuk menemukan saraf otak yang terkena tumor. Karena itulah, para dokter pun meminta Roger untuk sadar dan memainkan biola agar menemukan letak saraf otak yang bermasalah. Kesadaran yang dilakukan sang pasien bukanlah sadar seutuhnya tanpa rasa sakit.

Akselerometer tiga sumbu pun dipasang pada tangan Roger agar dokter bisa memantau otaknya secara langsung. Namun, sebelum semua itu terpasang dokter juga menyiapkan alat pacu jantung dengan bantuan pengontrol untuk terjadi hal yang tidak diingankan. Setelah elektroda dimasukkan, para dokter pun kemudian memantau tremor. Hasilnya, operasi pun berhasil dan sukses dilakukan. Sekarang Roger bisa kembali bermain biola seperti sedia kala.

Baca Juga: Google Diam-diam Bocorkan Data Medis Jutaan Pasien

Baca Juga: Tampan Maksimal dengan Perawatan Kulit untuk Pemula

Baca Juga: Model Kepala Plontos Juga Butuh Perawatan, Ini Caranya!


Share To


inggil

inggil

March 28, 2020, 8 a.m.


tags : Roger Frisch Violin Tumor Otak Roger Frisch operasi


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Entertainment 25 September 2020 12:00 p.m.

Davina Raja Rilis “Berharap Tak Berpisah” Versi Galau

Entertainment 25 September 2020 9:00 a.m.

Mahen Luncurkan Single Terbaru “Datang Untuk Pergi”

Shopping 24 September 2020 15:00 p.m.

Bantu Brand Lokal, Folkaland Gelar Virtual Live Shopping

History 24 September 2020 10:00 a.m.

Sejarah di Balik Peringatan Hari Tani Nasional