
Robocup, Vending Machine Kopi Touchless Pertama di Indonesia
oleh: galih Life Style Friday, 18 June 2021 14:00 p.m.
Mancode - Kopi berkembang menjadi sebuah gaya hidup. Ini bisa dilihat dari hampir semua kalangan usia menyukai minum kopi di coffee shop atau lainnya. Mereka menjadikan kopi siap minum sebagai teman untuk berbincang bersama kolega ataupun bekerja.
Berdasarkan data Euromonitor, penjualan produk kopi siap minum memang terus meningkat. Pada 2013 retail sales volume RTD Coffee Indonesia hanya sekitar 50 juta liter, pada 2018 menjadi hampir 120 juta liter.
Selain ngopi di coffee shop atau kedai kopi, kini para pecinta kopi juga bisa mendapatkan kopi yang diracik secara serius melalui mesin kopi (vending machine). Kehadiran vending machine saat ini, seolah menjadi solusi bagi banyak orang yang menghindari interaksi langsung di tengah pandemi ini.
“Pelanggan saat ini cenderung memilih minuman kopi fresh brewed daripada kopi sachet. Di sisi lain, banyak orang menghindari interaksi langsung di tengah pandemi ini. Jadi, vending machine justru memberikan solusi agar orang bisa memesan kopi tanpa kontak langsung dengan orang atau barista, tapi dilakukan oleh mesin,” ujar Ryan Phedra, Head of Operations Robocup dalam peluncuran vending machine Robocup di Plaza Atrium Senin, Jakarta, Jumat (18/6/2021).

Robocup sendiri merupakan vending machine yang menyajikan minuman kopi fresh brewed dari biji kopi yang langsung diproses menjadi berbagai minuman. Waktu pembuatannya juga sangat singkat, yakni hanya 1 menit.
“Proses pembuatan minuman di Robocup menggunakan teknologi terkini yang dikembangkan melalui proses Research & Development yang panjang, menggunakan bahan dan biji kopi berkualitas tinggi. Standar minuman kopi bagi pelanggan Indonesia saat ini sangat tinggi. Oleh karena itu, kami harus memastikan bahwa minuman kopi yang kami hadirkan tidak kalah dengan minuman kopi dari gerai-gerai kopi ternama dari segi rasa,” klaim Ryan.
Vending Machine Touchless

Mengenai teknis pemesanan, Robocup memberikan dua cara pemesanan, yakni pemesanan dengan menyentuh layar dan tanpa menggunakan layar sentuh (touchless). Dengan sistem progressive web apps (PWA) barcode scanner, pelanggan bisa memilih minuman hingga melakukan pembayaran langsung dari ponsel mereka.
“Bisa sentuh langsung di mesin, bisa juga scan barcode lewat ponsel atau touchless. Ini teknologi vending machine 100 persen touchless pertama di Indonesia," klaim Ryan.
Sedangkan pilihan minumannya sangat beragam. Setidaknya ada 12 item minuman yang disajikan panas maupun dingin. Misalnya ada Kopi Susu Aren, Kacang Ijo Latte, Okinawa Latte, Hokkaido Chocolate, French Latte, Swiss Chocolate, dan masih banyak lagi.
“Kita juga sediakan minuman non-coffee. Menariknya, kita sajikan minuman yang dingin. Ini yang jadi keunggulan mesin kita dibanding yang lain. Harganya juga terjangkau, mulai dari Rp11 ribu – Rp17 ribu dengan pembayaran mobile payment, seperti Gopay, OVO, Dana, ShoppePay dan QRIS,” jelas Ryan.
Saat ini, vending machine Robocup hadir pertama kali di lobi utama dan lantai 5 Plaza Atrium Senen, Jakarta. Rencananya, Robocup juga akan hadir di sejumlah pusat perbelanjaan, gedung perkantoran, rumah sakit, sport center, dan apartemen di Jabodetabek.
“Ada 15 titik lagi yang kita akan hadirkan di Jabodetabek. Targetnya setiap minggu akan ada penempatan vending machine Robocup,” tutupnya.
Share To

galih
June 18, 2021, 2 p.m.
Berita terpopuler
ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

Kolaborasi RedDoorz dan Kemendikbud Kembangkan Pendidikan Vokasi Indonesia
47 3 weeks ago
Berharap kolaborasi ini dapat menjadi kontribusi positif bagi Indonesia, untuk bersama-sama meningkatkan kapasitas SDM agar lebih produktif dan lebih kompetitif.

Pembelajaran Daring, Tenaga Didik Dituntut Kuasai Literasi Digital
29 1 week, 6 days ago
Penerapan sistem digital terhadap dunia pendidikan di Tanah Air memang sangat penting. Namun, harus dibarengi juga dengan pemahaman literasi digital.

Selama Mei 2022, Mitsubishi Catatkan Penjualan Sebanyak 6.707 Unit
28 1 week, 5 days ago
Model Xpander dan Xpander Cross masih mendominasi penjualan Mitsubishi Indonesia. Kedua model tersebut terjual 2.730 unit.
YOU MAY ALSO LIKE
Mancave 1 July 2022 12:00 p.m.
Audisi Abang None Jakarta Pusat 2022 Jaring 30 Finalis
Technology 23 June 2022 11:00 a.m.
Menilik Performa Kamera realme Seri GT NEO 3 dan GT NEO 3T
Entertainment 21 June 2022 11:00 a.m.
FLAVS Festival 2022 Hadirkan Roadshow “What the F.L.A.V.S”
Travel 15 June 2022 11:00 a.m.