Sleeping woman.jpg

Riset: Wanita Mendengkur Lebih Keras dari Lelaki

oleh: fachrul Life Style Wednesday, 13 November 2019 15:00 p.m.


Sudah lama diasumsikan bahwa mendengkur adalah masalah pria. Tetapi, sebuah penelitian terbaru menyatakan bahwa wanita juga mendengkur dan mereka sering menyangkalnya. Bahkan, ketika wanita ketahuan mendengkur, mereka bersikeras bahwa suara mereka tidak sekeras kaum pria.

Para peneliti mempelajari hampir 2000 pasien yang datang ke laboratorium untuk studi penelitian tidur menemukan bahwa hampir 40 persen wanita yang menyatakan diri mereka bukan pendengkur ternyata memiliki intensitas mendengkur yang parah atau sangat parah, demikian menurut penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Clinical Sleep.

Mendengkur dapat menjadi gejala sleep apnea, yang meningkatkan risiko seseorang untuk kondisi serius termasuk tekanan darah tinggi, penyakit jantung dan stroke.

"Kami menemukan bahwa meskipun tidak ada perbedaan dalam intensitas mendengkur yang ditemukan antara jenis kelamin, perempuan cenderung tidak melaporkan fakta bahwa mereka mendengkur dan meremehkan kerasnya dengkuran mereka," ungkap Dr. Nimrod Maimon, seorang profesor di Universitas Ben-Gurion di Negev dan kepala kedokteran internal di Soroka University Medical Center.

Di antara 1.913 pasien dalam penelitian ini adalah 675 wanita dan 1.238 pria. Usia rata-rata mereka adalah 49 tahun. Sebagai bagian dari evaluasi, pasien diminta untuk mengisi kuesioner yang meminta mereka untuk menilai tingkat keparahan dengkuran mereka. Kemudian, ketika pasien sedang tidur, volume dengkuran mereka diukur dengan alat pengukur suara digital. Intensitas mendengkur diklasifikasikan sebagai ringan, pada 40 hingga 45 desibel, sedang, pada 45 hingga 55 desibel, parah, pada 55-60 desibel, atau sangat parah, pada 60 desibel atau lebih.

Ketika volume tidur dianalisa, ternyata wanita mendengkur sekeras pria. Selain itu, meskipun 28 persen wanita mengatakan mereka tidak mendengkur sama sekali, hal itu benar tapi hanya sembilan persen dari mereka. Di antara laki-laki, angkanya tidak begitu mencolok yaitu 6,8 persen yang mengatakan bahwa mereka tidak mendengkur, padahal kenyataannya hanya 3,5 persen yang tidak.

Hasilnya menunjukkan bahwa dokter mencari tanda-tanda lain dari sleep apnea pada wanita daripada laporan mendengkur mereka. Ryan Soose, seorang ahli tidur yang tidak berafiliasi dengan penelitian baru, menyetujui hasil penelitian tersebut.

Baca Juga: Ternyata Wanita Mengemudi lebih Baik daripada Pria


Share To


fachrul

fachrul

Nov. 13, 2019, 3:19 p.m.


tags : sleep apnea Tidur Survey Wanita Riset


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Entertainment 1 October 2020 7:00 a.m.

Jatuh Hatinya Kata Pujangga dalam 'Terlanjur Memakai Hati'

Entertainment 30 September 2020 7:00 a.m.

Single Perdana Kevin Hugo di 'A Letter To You'

Entertainment 30 September 2020 6:00 a.m.

Joji Rilis Album Kedua 'Nectar'