Riset Nielsen Mengungkapkan Influencer Bantu Brand Bangun Koneksi.jpg

Riset Nielsen Mengungkapkan Influencer Bantu Brand Bangun Koneksi

oleh: rachli Technology Thursday, 30 June 2022 13:00 p.m.


Mancode - Dapat dikatakan, para pemasar memiliki tugas untuk melibatkan konsumen di seluruh saluran dan platform yang semakin banyak. Tugas ini menambah tantangan para pemasar untuk membangun hubungan yang otentik dan personal dengan para konsumen.

Dengan fokus pada upaya membangun brand, para pemasar selalu mencari cara untuk tetap menjadi top-of-mind pembeli potensial. Untuk dapat melakukannya, banyak pemasar yang menggunakan media sosial dan influencers untuk membuat koneksi yang lebih personal dan menguntungkan dengan konsumen.

Riset Nielsen mengungkapkan bahwa pemasar global berencana untuk meningkatkan pengeluaran iklan pada media sosial hingga 53 persen mulai tahun depan, lebih besar dari saluran-saluran lain.


Dengan media sosial menjadi saluran menguntungkan bagi para pemasaran global, 64 persen dari pemasar global yang disurvei oleh Nielsen Annual Marketing Report menyatakan bahwa media sosial adalah saluran berbayar yang paling efektif.

Berdasarkan studi Nielsen Trust in Advertising 2021, 71 persen konsumen global mempercayai iklan, opini, maupun penempatan produk dari para influencers. Menariknya, tidak semua promosi influencers dimulai dengan brand.

“Faktanya, beberapa influencers justru menjadi inspirasi dari kampanye-kampanye brand besar,” bunyi keterangan resmi yang diterima, Selasa (28/6/2022).

Sebagai contoh, video Barbara Kristoffersen yang memuat hoodie Gap dengan warna yang sudah lama tidak diproduksi oleh perusahaan sejak 2000, justru memunculkan hastag #brownhoodie yang viral, dengan total engagement mencapai 188.35 persen dan membuat jaket tersebut dijual pada situs-situs barang bekas dengan harga mencapai $300.

Gap dengan cepat memanfaatkan pembicaraan organik ini untuk meningkatkan penjualan mereknya, bekerja sama dengan influencer tambahan, Gap membuat kampanye #gaphoodie yang menghasilkan lebih dari 6.5 juta penonton.

Gap juga membawa kembali warna coklat pada produk-produk dan mendapatkan sambutan meriah dari para konsumen yang dengan segera memborong hoodie tersebut.

Semua keterlibatan konsumen dalam kampanye #brownhoodie maupun #gaphoodie itu diterjemahkan ke dalam awareness, affinity dan recall oleh brand. Layanan Brand Impact Nielsen telah mengukur efektivitas iklan influencer di hampir 200 kampanye.

Pemirsa iklan influencer dapat mengingat brand yang ditampilkan

Menurut hasil kuartal pertama 2022 dari penelitian ini, rata-rata 80 persen pemirsa iklan influencer dapat mengingat brand yang ditampilkan. Lebih lanjut, iklan influencer mendorong peningkatan sembilan poin dalam brand affinity dan niat pembelian relatif terhadap konsumen yang tidak melihat iklan influencer.

Menyadari preferensi konsumen untuk koneksi pribadi yang dekat dengan mereka, brand sepatu Aldo bekerja sama dengan influencers yang memiliki persona mirip dengan brand mereka untuk mempromosikan kampanye di media sosial #StepIntoLove.

Kampanye ini mendorong penonton untuk membuat dan berbagi video dengan tagar kampanye untuk mendapatkan hadiah $5,000. Kampanye TikTok ini mengumpulkan lebih dari 5 miliar penonton dan meningkatkan brand awareness Aldo sebesar 2.5 persen, menurut data Nielsen InfluenceScope.

Influencers dapat menjadi sarana untuk meningkatkan brand awareness untuk pemasar yang dapat mengkombinasikan persona yang tepat dengan konten dan engagement. Brand yang mampu menyesuaikan citra mereka dengan influencers yang tepat akan menjadi sumber terpercaya bagi para konsumen, dan brand tersebut akan diingat oleh konsumen ketika mereka akan berbelanja.

Baca Juga: Penelitian Nielsen Sports: Penggemar Memengaruhi Pemasaran Olahraga

Baca Juga: Nielsen Tingkatkan Sistem Identitas Layanan Digital Ad Ratings di Indonesia

Baca Juga: ESL Gaming dan Nielsen Perpanjang Masa Kerjasama Pengukuran Esport Komprehensif




Share To


rachli

rachli

June 30, 2022, 1 p.m.


tags : Brand Nielsen Influencer


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE