
Riset Nielsen Mengungkapkan Influencer Bantu Brand Bangun Koneksi
oleh: rachli Technology Thursday, 30 June 2022 13:00 p.m.
Mancode - Dapat dikatakan, para pemasar memiliki tugas untuk melibatkan konsumen di seluruh saluran dan platform yang semakin banyak. Tugas ini menambah tantangan para pemasar untuk membangun hubungan yang otentik dan personal dengan para konsumen.
Dengan fokus pada upaya membangun brand, para pemasar selalu mencari cara untuk tetap menjadi top-of-mind pembeli potensial. Untuk dapat melakukannya, banyak pemasar yang menggunakan media sosial dan influencers untuk membuat koneksi yang lebih personal dan menguntungkan dengan konsumen.
Riset Nielsen mengungkapkan bahwa pemasar global berencana untuk meningkatkan pengeluaran iklan pada media sosial hingga 53 persen mulai tahun depan, lebih besar dari saluran-saluran lain.
Dengan media sosial menjadi saluran menguntungkan bagi para pemasaran global, 64 persen dari pemasar global yang disurvei oleh Nielsen Annual Marketing Report menyatakan bahwa media sosial adalah saluran berbayar yang paling efektif.
Berdasarkan studi Nielsen Trust in Advertising 2021, 71 persen konsumen global mempercayai iklan, opini, maupun penempatan produk dari para influencers. Menariknya, tidak semua promosi influencers dimulai dengan brand.
“Faktanya, beberapa influencers justru menjadi inspirasi dari kampanye-kampanye brand besar,” bunyi keterangan resmi yang diterima, Selasa (28/6/2022).
Sebagai contoh, video Barbara Kristoffersen yang memuat hoodie Gap dengan warna yang sudah lama tidak diproduksi oleh perusahaan sejak 2000, justru memunculkan hastag #brownhoodie yang viral, dengan total engagement mencapai 188.35 persen dan membuat jaket tersebut dijual pada situs-situs barang bekas dengan harga mencapai $300.
Gap dengan cepat memanfaatkan pembicaraan organik ini untuk meningkatkan penjualan mereknya, bekerja sama dengan influencer tambahan, Gap membuat kampanye #gaphoodie yang menghasilkan lebih dari 6.5 juta penonton.
Gap juga membawa kembali warna coklat pada produk-produk dan mendapatkan sambutan meriah dari para konsumen yang dengan segera memborong hoodie tersebut.
Semua keterlibatan konsumen dalam kampanye #brownhoodie maupun #gaphoodie itu diterjemahkan ke dalam awareness, affinity dan recall oleh brand. Layanan Brand Impact Nielsen telah mengukur efektivitas iklan influencer di hampir 200 kampanye.
Pemirsa iklan influencer dapat mengingat brand yang ditampilkan
Menurut hasil kuartal pertama 2022 dari penelitian ini, rata-rata 80 persen pemirsa iklan influencer dapat mengingat brand yang ditampilkan. Lebih lanjut, iklan influencer mendorong peningkatan sembilan poin dalam brand affinity dan niat pembelian relatif terhadap konsumen yang tidak melihat iklan influencer.
Menyadari preferensi konsumen untuk koneksi pribadi yang dekat dengan mereka, brand sepatu Aldo bekerja sama dengan influencers yang memiliki persona mirip dengan brand mereka untuk mempromosikan kampanye di media sosial #StepIntoLove.
Kampanye ini mendorong penonton untuk membuat dan berbagi video dengan tagar kampanye untuk mendapatkan hadiah $5,000. Kampanye TikTok ini mengumpulkan lebih dari 5 miliar penonton dan meningkatkan brand awareness Aldo sebesar 2.5 persen, menurut data Nielsen InfluenceScope.
Influencers dapat menjadi sarana untuk meningkatkan brand awareness untuk pemasar yang dapat mengkombinasikan persona yang tepat dengan konten dan engagement. Brand yang mampu menyesuaikan citra mereka dengan influencers yang tepat akan menjadi sumber terpercaya bagi para konsumen, dan brand tersebut akan diingat oleh konsumen ketika mereka akan berbelanja.
Share To

rachli
June 30, 2022, 1 p.m.
Berita terpopuler
ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

Para Tokoh Hadiri Soft Launching Nexus Ecosys Asia
62 2 weeks, 2 days ago
PT. Nexus Ecosys Asia adalah perusahaan ekspansi dari MHNexus Malaysia yang bergerak di bidang IT untuk database kesehatan masyarakat

Indosat Bersama Ericsson Tingkatkan Layanan Digital Pengguna DMP
48 2 weeks ago
Indosat berupaya meningkatkan keunggulan kompetitifnya dengan melihat lebih banyak peluang baru yang berpusat pada jaringan digital.

Sony Luncurkan Dua Model Headphone Terbaru, WH-CH720N dan WH-CH520
47 2 weeks, 6 days ago
Sony memberikan pilihan headphone nirkabel on-ear atau over-ear yang dilengkapi dengan teknologi audio Sony yang telah dikenal secara luas.
YOU MAY ALSO LIKE
Entertainment 29 March 2023 12:00 p.m.
Tiket.com Jadi Mitra Penjualan Tiket Fanmeeting Kim Seon Ho Asia Tour In Jakarta
Entertainment 20 March 2023 11:00 a.m.
Slipknot Sukses Guncang Gelaran Hammersonic 2023
Fashion Style 12 March 2023 10:00 a.m.
Marks & Spencer Luncurkan Kampanye Global ‘Hello New Prices’
Life Style 6 March 2023 13:00 p.m.