Templet_Mancode_ (3).jpg

Ribuan Apotek Online Palsu Ditutup

oleh: fachrul Life Style Thursday, 10 June 2021 6:00 a.m.


Mancode - Sejumlah apotek daring palsu ditutup pada Mei 2021 sebagai bagian dari tindakan keras secara global.

Lebih dari 100.000 pasar online yang menawarkan obat-obatan terlarang telah dihapus sebagai bagian dari Operasi Pangea Interpol. Di Inggris, obat-obatan palsu senilai lebih dari $13 juta (£9,17 juta) disita sebagai bagian dari upaya tersebut.

Ini menandai minggu terbesar untuk operasi sejak 2008, ketika para penjahat menguangkan permintaan untuk produk-produk terkait Covid. Antara tanggal 18 dan 25 Mei, 277 penangkapan dilakukan, melibatkan 92 negara, dan obat-obatan senilai lebih dari $20 juta disita.


Sebagian besar alat kesehatan ilegal yang disita adalah alat tes Covid-19 palsu atau alat tes yang tidak resmi. Otoritas Inggris menghapus lebih dari 3.100 tautan iklan untuk penjualan ilegal dan pasokan obat-obatan tanpa izin dan 43 situs web yang berbasis di Inggris ditutup.

Interpol, Organisasi Polisi Kriminal Internasional yang berbasis di Lyon, Prancis, memfasilitasi kerjasama internasional antara pasukan polisi. Sekretaris Jenderal Jurgen Stock mengatakan penjualan obat-obatan terlarang membahayakan ribuan nyawa.

"Penjualan obat-obatan terlarang secara online terus menimbulkan ancaman bagi keselamatan publik, itulah sebabnya operasi seperti Pangea tetap penting dalam memerangi isu kesehatan global ini," katanya.

Ketika pandemi memaksa lebih banyak orang untuk mengalihkan hidup mereka secara online, para penjahat dengan cepat menargetkan pelanggan baru ini. Dengan kejahatan yang terus berkembang di tengah pandemi Covid-19, pihak berwenang harus tetap waspada dalam membongkar jaringan kriminal yang terlibat dalam persebaran produk obat-obatan terlarang terutama di platform online.

Industri farmasi global bernilai lebih dari $1 triliun.

Rantai pasokan yang luas terbentang dari produsen utama di tempat-tempat seperti Cina dan India hingga gudang pengemasan di Eropa, Amerika Selatan atau Asia dan distributor yang mengirimkan obat-obatan ke setiap negara di dunia. Tahun lalu, investigasi BBC menemukan obat palsu untuk dijual di Afrika, dengan pemalsu memanfaatkan celah yang tumbuh di pasar.

Baca Juga: Mengenal Aplikasi Pemesanan Obat, GoApotik

Baca Juga: YouTube Tangguhkan Video Pengobatan Covid yang Menyesatkan

Baca Juga: Pengidap HIV Berpotensi Sembuh dengan Kombinasi Obat




Share To


fachrul

fachrul

June 10, 2021, 6 a.m.


tags : Obat Palsu Operasi Pangea Interpol Interpol Covid-19


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE

Entertainment 15 June 2021 7:00 a.m.

SVN Ungkap Keresahan LDR dalam “Distance”

Entertainment 11 June 2021 7:00 a.m.

Amanda Fedora Suarakan Isu Depresi dalam “Pursuit”

Entertainment 8 June 2021 15:00 p.m.

Keluarga Cendana Gelar Doa Peringati 100 Tahun Soeharto

Travel 7 June 2021 10:00 a.m.

Menikmati Sensasi Pedas Udang Bumbu Kemangi