Gerakan CENTANG.jpg

Penggerak Komunitas Ajak Masyarakat Perangi Covid-19

oleh: galih Mancave Wednesday, 28 October 2020 6:00 a.m.


Mancode - Sejak laporan kasus pertama pada awal Maret 2020 hingga 22 Oktober, tercatat sudah lebih dari 396.000 kasus positif Covid-19 di Indonesia. Berbagai upaya telah dilakukan pemerintah untuk memutus rantai penyebaran virus. Namun, pemerintah tidak dapat bergerak sendiri, perlu adanya dukungan dari berbagai pihak.

Melihat keresahan tersebut, beberapa penggerak komunitas, seperti Eugene Panji, Dharmaji Suradika, Salman Subakat dan Sasa Ratna Puspita berupaya memberikan solusi akhiri Corona melalui upaya persatuan.

“Selama delapan bulan berlangsung, pandemi ini telah mengubah cara hidup kita berperilaku. Namun, ancaman virus ini masih tetap ada. Oleh karena itu, perlu adanya gerakan bersatu yang dilakukan secara serentak dan inklusif, agar upaya ini bisa memberikan dampak yang signifikan terhadap pemutusan rantai penyebaran Corona,” ujar Dharjami Suradika.

Ada ratusan komunitas dari berbagai lapisan di Indonesia berkolaborasi mengajak masyarakat Indonesia melakukan gerakan CENTANG, yaitu CEgah dan TANGgungjawab dengan 3M+3T untuk memutus penyebaran Covid-19.

“Melalui program CENTANG yang diluncurkan di momen Sumpah Pemuda ini, perilaku penerapan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari bisa dilakukan secara masif dan terus menerus, sebagai upaya kita semua akhiri corona serta menjadi perilaku yang nyata dalam bertanggung jawab dengan orang di sekitar untuk menghadapi pandemi ini,” ungkap Eugene Panji.

CENTANG merupakan pencegahan dan perilaku bertanggung jawab melalui CEGAH dengan 3M yang meliputi menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan dan TANGGUNG JAWAB dengan 3T yakni testing, telusuri dan terapkan isolasi mandiri.

Diharapkan melalui gerakan CENTANG, masyarakat juga dapat bersatu dan sama-sama mengambil bagian nyata, mulai dengan turun ke lapangan menjadi relawan, mendonasikan dana untuk menyebarluaskan gerakan secara masif, serta menyediakan materi kreatif. Tujuannya agar masyarakat mau melakukan gerakan ini dengan cara menyenangkan.

Momen Sumpah Pemuda

Pada momen Sumpah Pemuda, diharapkan para pemuda yang tergabung dalam berbagai komunitas di seluruh Indonesia juga diajak ikut bergerak dalam gerakan CENTANG melalui virtual conference yang dilaksanakan pada 28 Oktober 2020.

Dalam temu virtual ini, peserta akan diberikan sosialisasi mengenai gerakan CENTANG serta menggalang komitmen untuk sama-sama mengambil sikap untuk akhiri Corona.

“Kami sangat bersemangat dan mendukung gerakan komunitas anak muda yang menjadi bagian dari penggerak masyarakat. Dengan berpartisipasi, kita semua berarti menyayangi diri kita sendiri serta orang-orang yang ada di sekitar kita,” ujar Salman Subakat.

Baca Juga: Perangi Covid-19, Mitsubishi Motors Bagikan Wastafel Portable

Baca Juga: Edukasi Covid-19 dalam Mini Series “Kalau”

Baca Juga: Apple Hadirkan Fitur Baru Pelacak Covid-19


Share To


galih

galih

Oct. 28, 2020, 6 a.m.


tags : Gerakan CENTANG CENTANG Covid-19 Corona Komunitas Mancave


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Life Style 4 December 2020 13:00 p.m.

The BOBATIME Indonesia Tawarkan Bisnis Kemitraan

Technology 4 December 2020 11:00 a.m.

Tips Fotografi dan Videografi Seru ala TikTok

Life Style 4 December 2020 10:00 a.m.

PBB Legalkan Ganja untuk Keperluan Medis

Technology 4 December 2020 9:00 a.m.

Resso Jadi Aplikasi Terbaik 2020 Pilihan Google Play