8.jpg

Rasa Takut Surkensonik dalam ‘Mencekam Malam’

oleh: inggil Entertainment Tuesday, 9 November 2021 8:00 a.m.


Mancode - Setelah merilis single berjudul ‘Sancamara’ pada 2020 silam, Surkensonik kembali menebar teror dengan merilis single terbaru berjudul ‘Mencekam Malam’, yang dirilis secara digital pada 31 Oktober 2021. Single ini juga akan menjadi deretan lagu yang mengantarkan Surkensonik menuju album perdana pada 2022 mendatang.

Secara garis besar, single ini menceritakan tentang rasa takut terhadap sesuatu yang meneror hidup dan ketakutan akan kehilangan hal-hal yang berarti. Lagu ini mewakili perasaan yang umumnya dirasakan oleh manusia di masa sekarang.

‘Mencekam Malam’ adalah lagu pop horor yang terlahir di zaman pandemi dengan situasi yang serba tidak pasti. Sebuah keadaan yang terasa seperti teror ketakutan


Berawal dari munculnya perasaan Ariel Shomron (drum, vokal), yang takut akan kehilangan hal-hal yang dimiliki saat ini, dan takut ditinggal mati oleh orang-orang yang disayanginya. “Awalnya gue ngeliat nyokap udah tua, tiba-tiba ngerasa takut kehilangan deh,” ungkap Ariel Shomron bercerita.

Di tengah ketakutan yang melanda, petikan gitar akustik menjadi teman yang menenangkan perasaan. Suasana malam yang sepi di kala itu, secara tiba-tiba memberinya irama petikan gitar awal untuk lagu ‘Mencekam Malam’. Proses berlanjut dengan mencari cara bernyanyi yang pas untuk petikan gitar tersebut. Satu paket cara bernyanyi beserta sebagian lirik pun didapat Ariel saat sedang mencari wangsit di toilet.

Sample materi awal itu kemudian diberikan kepada Alex Gurion (vokal, gitar), yang menyambutnya dengan terkejut. Disaat yang bersamaan, Ariel Shomron melengkapi lirik ‘Mencekam Malam’ secara penuh, yang inspirasinya datang sambil Ia membaca buku

Dari sisi Alex Gurion sebagai gitaris dan vokalis, awal pertama kali mendengar sample lagu yang diberikan oleh Ariel membuatnya terkejut karena warna musik yang berbeda dari lagu-lagu Surkensonik sebelumnya. Sedangkan bagi Alex Gurion, ‘Mencekam Malam’ adalah sebuah harapan di dalam ketidakpastian.

6.jpg

Nama-nama seperti Fleetwood Mac dan Gorillaz juga menjadi inspirasi nuansa musik dalam lagu ‘Mencekam Malam’. Bagian intro yang ikonik dengan nuansa horor, didapatkan dari musik dan film era 1980-an, serta salah satu game di playstation.

Proses rekaman lagu ini dibantu oleh Razak Amin dan Adria Sarvianto sebagai sound engineer. Sementara, artwork untuk ‘Mencekam Malam’ kembali dipercayakan kepada Gandhi Setiawan dengan proses implementasi yang sepenuhnya dilakukan olehnya.

Gandhi dianggap mampu menerjemahkan lagu ke dalam gambar artwork yang sejalan dengan pesan dan makna yang ingin disampaikan oleh Surkensonik. Untuk perilisan kali ini, Surkensonik juga menggandeng nama Arifan Adiputra atau @kathastrofi untuk mengurus wilayah motion artwork dan materi promosi lainnya.

Secara keseluruhan, Mencekam Malam adalah harapan yang ingin disampaikan Surkensonik untuk melawan teror ketakutan. Lirik yang to the point dan jujur, serta nuansa musik horor namun irama yang berjoget, Surkensonik ingin mengajak orang untuk melupakan rasa pilu dan menari bersama.

“Mencekam Malam pas banget buat dilepas di masa pandemi, timing-nya pas. Bikin orang gak pengen nyerah, meskipun keadaannya menyebalkan. Apapun yang lagi lo rasain dan lo jalanin, tetep jadi manusia aja,” tutup Alex Gurion.

Lagu Mencekam Malam sudah tersedia di berbagai digital streaming platform. Lagu ini juga akan tersedia dalam format video lyric, yang akan hadir segera di kanal YouTube Surkensonik.

Baca Juga: Burgerkill Hadirkan Mini Album Killchestra dalam Format CD

Baca Juga: Mr. Jarwo Kuncen Naif Sebarkan Pesan Semangat dalam “Anti Rebahan”

Baca Juga: Lomba Sihir Rilis Album Perdana 'Selamat Datang di Ujung Dunia'




Share To


inggil

inggil

Nov. 9, 2021, 8 a.m.


tags : Berita Musik Indonesia Single Baru Surkensonik Single Surkensonik Mencekam Malam Surkensonik


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE