
Rapor Penjualan Bosch Selama 2021 Capai Rp1,55 Triliun
oleh: galih Life Style Thursday, 16 June 2022 14:00 p.m.
Mancode - Di tengah kondisi pasar yang sulit, Bosch tetap mencapai pertumbuhan penjualan yang signifikan selama 2021. Penjualan yang dihasilkan pemasok teknologi dan jasa tersebut naik 23 persen menjadi Rp1,55 triliun.
“Situasi pasar yang menantang akibat pembatasan pandemi, gangguan rantai pasokan, dan kekurangan bahan baku menantang operasi bisnis kami di 2021. Terlepas dari tantangan ini, kami melihat momentum pertumbuhan yang signifikan di hampir semua segmen bisnis kami,” kata Pirmin Riegger, Managing Director Bosch di Indonesia.
Sejalan dengan pemulihan industri otomotif, Bosch mengalami tingkat pertumbuhan dua digit dalam bisnis solusi mobilitasnya.
Khususnya bisnis komponen otomotif yang diuntungkan dari peningkatan penjualan kendaraan di Indonesia.
Sementara, dari Segmen Energi & Teknologi Bangunan yang terkena dampak lebih parah tetap stabil di situasi pasar yang sangat menantang, dipengaruhi oleh berkurangnya proyek pembangunan infrastruktur.
Di sisi lain, bisnis Teknologi Industri tumbuh berkat berkembangnya bisnis di luar hidrolik yang merupakan unit inti sektor ini, terutama di bidang otomatisasi pabrik, diuntungkan oleh pasar manufaktur Indonesia yang kuat, serta peningkatan permintaan untuk smart production setups.
Segmen Consumer Goods terus mendapat untung berkat peningkatan permintaan produk sebagai akibat pembatasan pandemi. Baik sektor peralatan maupun perkakas memiliki momentum yang kuat.
“Selama 5 bulan pertama tahun ini kami melihat momentum pertumbuhan kuat terus berlanjut di Indonesia. Bosch berada di posisi yang tepat untuk menghadapi tantangan dalam kondisi pasar yang bergejolak saat ini dan kami yakin akan mencapai pertumbuhan yang substansial di tahun 2022,” kata Riegger
Transformasi Digital
Untuk mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan, Bosch mengandalkan sejumlah pendorong pertumbuhan.
“Percepatan transformasi digital di Indonesia membantu kami memperluas akses pasar. Bagi kami, perkembangan digital tidak hanya terbatas pada bisnis e-commerce yang berkembang pesat, tetapi juga memperkuat ekspansi fisik kami di Indonesia. Kami mengintensifkan upaya kami untuk memperluas jangkauan geografis serta portofolio produk dan layanan perusahaan kami,” kata Riegger.
Pada semester pertama 2022, Bosch membuka gudang baru di Makassar dan kantor perwakilan di Batam untuk mempersingkat waktu pengiriman dan menyediakan layanan pelanggan yang lebih cepat.
E-commerce, brand stores dan marketplaces untuk melayani pelanggan dengan lebih baik
Ekspansi yang intensif juga tercermin melalui kehadiran Bosch di semua platform e-commerce terkemuka, yang memudahkan konsumen menjangkau produk-produk Bosch dari layar ponsel mereka.
Khusus untuk unit peralatan rumah tangganya, Bosch mendekatkan diri kepada pelanggannya dengan tersedianya produk-produk Bosch di semua toko elektronik besar.
“Sejalan dengan itu, kami juga berencana untuk meluncurkan gerai Bosch Home Appliances pertama di Indonesia,” tutur Anil Narula, Managing Director, Bosch Home Appliances di Indonesia.
Di luar itu, Bosch juga meningkatkan bisnis untuk mitra profesionalnya. Melalui divisi Automotive Aftermarket, startup Bosch, EGGmall, menyediakan platform pasar digital terintegrasi yang memungkinkan bengkel dan toko ritel mendapatkan suku cadang kendaraan dengan cepat dan tepat.
“Pencarian komponen kendaraan dapat didasarkan pada jenis kendaraan, VIN dan kategori produk. Sejak peluncuran EGGmall pada tahun 2021 di Indonesia, lebih dari 1.000 pembeli telah bergabung dengan platform baru ini,” ungkap Griselda Iwandi, Country Sales Director Automotive Aftermarket, Bosch di Indonesia.
Secara keseluruhan, Grup Bosch bangkit menghadapi tantangan tahun 2021. Bosch mampu menumbuhkan penjualan sebesar 10,1 persen menjadi 78,7 miliar euro.
Semua sektor usaha berkontribusi terhadap perkembangan bisnis yang positif ini.
Sektor bisnis Solusi Mobilitas, yang menghasilkan penjualan tertinggi, mencatat peningkatan penjualan sebesar 7,6 persen mencapai 45,3 miliar euro. Sektor bisnis Teknologi Industri mampu meningkatkan penjualan sebesar 18,9% menjadi 6,1 miliar euro.
Setelah menunjukkan kinerja yang kuat tahun lalu, sektor bisnis Consumer Goods mampu meningkatkan penjualannya lagi, kali ini sebesar 12,7 persen menjadi 21 miliar euro. Sektor usaha Energi dan Teknologi Bangunan penjualannya tumbuh sebesar 7,8 persen.
Share To

galih
June 16, 2022, 2 p.m.
Berita terpopuler
ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

Upaya Azerbaijan Bantu Visi Dunia Bebas Ranjau
51 2 weeks, 2 days ago
Azerbaijan mendukung visi dunia bebas ranjau dan harus dilakukan dalam skala internasional untuk mengakhiri teror ranjau di seluruh dunia.

Shine & Tidy Tawarkan Paket Coating Komplet Mulai dari Rp3,5 Juta
49 1 week, 1 day ago
Ada tiga paket coating yang ditawarkan Shine & Tidy sesuai dengan kondisi cat mobil. Harganya mulai dari Rp3,5 juta hingga Rp11,3 juta.

Hyundai Hadirkan Tampilan Baru di STARGAZER Active
40 2 weeks, 3 days ago
STARGAZER Active kini hadir dengan tampilan baru alloy wheel atau velg alloy berukuran 16 inci dan juga menggunakan tipe AC Double Blower.
YOU MAY ALSO LIKE
Technology 17 May 2023 11:00 a.m.
5 Cara Mengetahui Provider Internet Sudah Sesuai Kebutuhan
Mancave 17 May 2023 10:00 a.m.
Pokemon GO Kembali Gelar Community Day di 21 Kota Indonesia
Entertainment 15 May 2023 6:00 a.m.
Kim Young Dae Gelar Fan Meeting di Jakarta
Entertainment 12 May 2023 14:00 p.m.