Foto 1a.JPG

Rapor Penjualan Bosch Selama 2021 Capai Rp1,55 Triliun

oleh: galih Life Style Thursday, 16 June 2022 14:00 p.m.


Mancode - Di tengah kondisi pasar yang sulit, Bosch tetap mencapai pertumbuhan penjualan yang signifikan selama 2021. Penjualan yang dihasilkan pemasok teknologi dan jasa tersebut naik 23 persen menjadi Rp1,55 triliun.

“Situasi pasar yang menantang akibat pembatasan pandemi, gangguan rantai pasokan, dan kekurangan bahan baku menantang operasi bisnis kami di 2021. Terlepas dari tantangan ini, kami melihat momentum pertumbuhan yang signifikan di hampir semua segmen bisnis kami,” kata Pirmin Riegger, Managing Director Bosch di Indonesia.

Sejalan dengan pemulihan industri otomotif, Bosch mengalami tingkat pertumbuhan dua digit dalam bisnis solusi mobilitasnya.


Khususnya bisnis komponen otomotif yang diuntungkan dari peningkatan penjualan kendaraan di Indonesia.

Sementara, dari Segmen Energi & Teknologi Bangunan yang terkena dampak lebih parah tetap stabil di situasi pasar yang sangat menantang, dipengaruhi oleh berkurangnya proyek pembangunan infrastruktur.

Di sisi lain, bisnis Teknologi Industri tumbuh berkat berkembangnya bisnis di luar hidrolik yang merupakan unit inti sektor ini, terutama di bidang otomatisasi pabrik, diuntungkan oleh pasar manufaktur Indonesia yang kuat, serta peningkatan permintaan untuk smart production setups.

Segmen Consumer Goods terus mendapat untung berkat peningkatan permintaan produk sebagai akibat pembatasan pandemi. Baik sektor peralatan maupun perkakas memiliki momentum yang kuat.

“Selama 5 bulan pertama tahun ini kami melihat momentum pertumbuhan kuat terus berlanjut di Indonesia. Bosch berada di posisi yang tepat untuk menghadapi tantangan dalam kondisi pasar yang bergejolak saat ini dan kami yakin akan mencapai pertumbuhan yang substansial di tahun 2022,” kata Riegger

Transformasi Digital

Untuk mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan, Bosch mengandalkan sejumlah pendorong pertumbuhan.

“Percepatan transformasi digital di Indonesia membantu kami memperluas akses pasar. Bagi kami, perkembangan digital tidak hanya terbatas pada bisnis e-commerce yang berkembang pesat, tetapi juga memperkuat ekspansi fisik kami di Indonesia. Kami mengintensifkan upaya kami untuk memperluas jangkauan geografis serta portofolio produk dan layanan perusahaan kami,” kata Riegger.

Pada semester pertama 2022, Bosch membuka gudang baru di Makassar dan kantor perwakilan di Batam untuk mempersingkat waktu pengiriman dan menyediakan layanan pelanggan yang lebih cepat.

E-commerce, brand stores dan marketplaces untuk melayani pelanggan dengan lebih baik

Ekspansi yang intensif juga tercermin melalui kehadiran Bosch di semua platform e-commerce terkemuka, yang memudahkan konsumen menjangkau produk-produk Bosch dari layar ponsel mereka.

Khusus untuk unit peralatan rumah tangganya, Bosch mendekatkan diri kepada pelanggannya dengan tersedianya produk-produk Bosch di semua toko elektronik besar.

“Sejalan dengan itu, kami juga berencana untuk meluncurkan gerai Bosch Home Appliances pertama di Indonesia,” tutur Anil Narula, Managing Director, Bosch Home Appliances di Indonesia.

Di luar itu, Bosch juga meningkatkan bisnis untuk mitra profesionalnya. Melalui divisi Automotive Aftermarket, startup Bosch, EGGmall, menyediakan platform pasar digital terintegrasi yang memungkinkan bengkel dan toko ritel mendapatkan suku cadang kendaraan dengan cepat dan tepat.

“Pencarian komponen kendaraan dapat didasarkan pada jenis kendaraan, VIN dan kategori produk. Sejak peluncuran EGGmall pada tahun 2021 di Indonesia, lebih dari 1.000 pembeli telah bergabung dengan platform baru ini,” ungkap Griselda Iwandi, Country Sales Director Automotive Aftermarket, Bosch di Indonesia.

Secara keseluruhan, Grup Bosch bangkit menghadapi tantangan tahun 2021. Bosch mampu menumbuhkan penjualan sebesar 10,1 persen menjadi 78,7 miliar euro.

Semua sektor usaha berkontribusi terhadap perkembangan bisnis yang positif ini.

Sektor bisnis Solusi Mobilitas, yang menghasilkan penjualan tertinggi, mencatat peningkatan penjualan sebesar 7,6 persen mencapai 45,3 miliar euro. Sektor bisnis Teknologi Industri mampu meningkatkan penjualan sebesar 18,9% menjadi 6,1 miliar euro.

Setelah menunjukkan kinerja yang kuat tahun lalu, sektor bisnis Consumer Goods mampu meningkatkan penjualannya lagi, kali ini sebesar 12,7 persen menjadi 21 miliar euro. Sektor usaha Energi dan Teknologi Bangunan penjualannya tumbuh sebesar 7,8 persen.

Baca Juga: Bosch Kembangkan Solusi AloT Bidang Kedokteran Anak




Share To


galih

galih

June 16, 2022, 2 p.m.


tags : Bosch Penjualan Bosch Life Style


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA