Ramaikan Industri Musik Indonesia, Swerte Rilis ‘Ballin in Bali’.jpg

Ramaikan Industri Musik Indonesia, Swerte Rilis ‘Ballin in Bali’

oleh: rachli Entertainment Tuesday, 22 March 2022 14:00 p.m.


Mancode - Industri musik tanah air kembali dimeriahkan warna baru dari seorang rapper blasteran Indonesia-Swiss, Swerte, yang menghadirkan single berjudul Ballin In Bali. Di bawah naungan Everyday Indo, single ini hadir dengan musik yang playful dan bass heavy trap beat.

Melalui single ini, rapper yang berkarier di industri musik di Dubai ini ingin menggambarkan kebebasan berekspresi dan magical feeling kehidupan di Bali. Swerte menulis sendiri single ini setelah kembali pulang ke Indonesia di 2019, di mana momen tersebut merupakan hal yang spesial baginya.

“Ketika kembali ke Dubai, saya bilang kepada teman, Tac, yang juga artis Hip-Hop, produser dan sound engineer, kalau saya ingin tulis lagu tentang Bali. Walaupun dibuat dalam satu hari, ternyata yang sulit adalah untuk bagaimana mendapatkan emosi dan Bali vibes untuk single ini,” ujarnya melansir keterangan resmi yang diterima belum lama ini.


Sekadar informasi, Swerte bukan nama baru di dunia hiburan tanah air. Banyak karya yang telah dikeluarkan dengan grup atau proyek solonya, bahkan sempat berkolaborasi dengan musisi dari berbagai negara. Swerte pernah membentuk grup rapper bernama The Southsiderz di Indonesia.

Selain itu, pemilik nama asli Lucky Schild yang tumbuh besar di Aceh dan Jakarta ini pernah merilis tiga mixtape dengan judul The Mini Mixtape Series, dan sekaligus membuat proyek musik Raconteur yang membuatnya kembali ke Indonesia untuk tampul di beberapa show.

Artwork SWERTE-Ballin in Bali.jpg

Pada 2008, Swerte memulai proyek musiknya dengan membuat album kompilasi terinspirasi dari album Pesta Rap, yang meledak di Indoensia pada 1995. Dari situ pula, Swerte memulai meniti perjalanan kariernya di industri musik Dubai.

Selama 14 tahun berkarier di industri musik Dubai, Swerte sebagai member dan mengelola grup The Recipe juga sempat menjadi opening act dari konser beberapa artis internasional di Dubai, seperti Snoop Dog, Rick Ross, Dave East, Koffee, YBN Cordae, dan lain sebaginya.

The Recipe juga merupakan grup yang banyak mengeluarkan karya, salah satunya pernah bekerjasama dengan DJ Hurricane, DJ-nya Beastie Boys yang pertama dan diproduseri oleh Glenn Toby, seorang pioner Hip-Hop di Amerika.

Kemudian di 2020, Swerte menggebrak dunia musik dengan single debut solonya bertitle Esso. Di single berlirik tiga bahasa, yaitu Inggris, Indonesia, dan Arab yang diproduseri Mjeezy (Dubai) ini, Swerte mengajak Freek (Somalia) dan musisi rap Indonesia, Saykoji.

Swerte juga membuat karya kolaborasi berjudul Jabal bersama Raben (Indonesia), Manon (Filipina), dan Tina Yamout (Lebanon). Masih di 2020, Swerte terlibat proyek single Tahan Keluar Rumah bersama DJ Sumantri, Wizzow, Denada, dan Elephan In A Room. Pada 2021, Swerte juga berkolaborasi dengan Tim Hassal (New Zealand) di single berjudul That’s Just The Thing.

Baca Juga: Kanda Brothers dan Fuji Luapkan Rasa Kehilangan Melalui Single ‘Go’

Baca Juga: Bicara Hubungan Toxic, Nina Tri Suci Rilis ‘Terima Saja’

Baca Juga: Serukan Kuatnya Perempuan, Up Girls Rilis ‘Hey Boy’




Share To


rachli

rachli

March 22, 2022, 2 p.m.


tags : Swerte Industri Musik Indonesia Ballin in Bali


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA