Berita-Hoax.jpg

Ini Tips Agar Mahasiswa Tidak Termakan Hoax

oleh: inggil Life Style Wednesday, 25 September 2019 13:00 p.m.


Selasa, 24 September 2019 akan menjadi hari yang bersejarah bagi rakyat Indonesia khususnya para mahasiswa. Satu suara menyuarakan aspirasi, perkumpulan mahasiswa dari tiap-tiap daerah berkumpul di gedung DPR/MPR. Tidak ada tuntutan dari pihak politik manapun, pergerakan mahasiswa/i ini beralaskan kepentingan rakyat bersama.

Meskipun saat ini akses dalam menerima informasi sangatlah mudah dan cepat, akan lebih baiknya jika semua berita itu dicerna terlebih dahulu untuk diketahui kebenarannya. Sebagai pengguna sosial media pun juga harusnya bisa bijak dalam menyebarkan sebuah berita.

Adanya berita hoax yang tersebar karena sebuah isu yang kuat, berpotensi menjadi pemicu konflik antar golongan.. Pengamat media sosial, Enda Nasution mengatakan bahwa masyarakat harus menahan diri agar tak mudah terpancing provokasi.

“Kita harus sadar kita sedang diprovokasi. Kalau kita sadar kita akan bertanya siapa yang memancing, tujuannya apa. Tingkat literasi digital harus makin tinggi,” ujar Enda seperti yang dilansir Detik.

Untuk tidak mudah terpancing berita hoax ada beberap tips yang bisa dilakukan. Dilansir dari Kominfo ada lima cara yang bisa dilakukan agar kita tidak mudah terpancing berita hoax. Simak ulasan Mancode berikut:

  1. Perhatikan Judul

Perlu dilihat seringnya berita hoax muncul dengan judul yang sensasional dan provokatif. Banyak berita-berita tersebut selalu menyudutkan golongan tertentu agar mendapat citra buruk.

Oleh karenanya, apabila mendapatkan berita dengan judul provokatif sebaiknya cari terlebih dahulu informasi lainnya dari tiap media resmi. Kemudian, bandingkan isinya apakah sama atau berbeda.

  1. Cermati Alamat Situs

Banyaknya berita hoax yang tersebar cara mudahnya ialah melalui portal online yang kemudian dapat disebar secara cepat. Dengan begitu, cobalah untuk cek terlebih dahulu link dari portal tesebut. Apabila berasal dari situs yang belum terverikasi sebagai institusi pers resmi maka informasi dari berita tersebut bisa dibilang meragukan.

  1. Cari tahu sumber aslinya

Berita hoax seringkali dibuat untuk kepentingan suatu golongan tertentu. Perhatikan terlebih dahulu dari mana berita itu berasal, cermati pula narasumbernya, penulisnya, dan medianya. Perlu diperhatikan pula isi berita tersebut apakah fakta atau opini. Fakta adalah peristiwa yang terjadi dengan kesaksian dan bukti, sementara opini adalah pendapat dan kesan dari penulis berita sehingga memiliki kecenderungan untuk bersifat subyektif.

  1. Cek keaslian foto

Tidak hany teks saja yang bisa dimanipulasi, melainkan juga konten berupa foto ataupun video. Bahkan, saat ini banyak sekali berita hoax dengan konten video dan diberi tulisan yang membuat semakin tajam.

Cara untuk mengecek keaslian foto bisa dengan memanfaatkan mesin pencari Google, yakni dengan melakukan drag-and-drop ke kolom pencarian Google Images. Hasil pencarian akan menyajikan gambar-gambar serupa yang terdapat di internet sehingga bisa dibandingkan.

  1. Ingat ancaman UU ITE

Adanya UU ITE, penyebar hoax bisa dijerat pasal yang telah diatur dalam KUHP dan UU lain di luar KUHP. Ancaman ini meliputi penyebar kebencian, penghinaan, pencemaran nama baik, penistaan, perbuatan tidak menyenangkan, provokasi, menghasut, dan penyebaran hoax.

Baca Juga: Potret Poster Lucu Bikinan Mahasiswa Saat Aksi Demo


Share To


inggil

inggil

Sept. 25, 2019, 1 p.m.


tags : Demo Mahasiswa Aksi Mahasiswa Berita Hoax HOAX


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.


ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Entertainment 6 December 2019 17:00 p.m.

Opera Gandari Padukan Ragam Unsur Seni

Entertainment 6 December 2019 16:00 p.m.

Pegolf Thailand Bidik Kemenangan BNI Indonesia Masters 2019

Technology 6 December 2019 15:00 p.m.

Trend Micro Tema Utama Keamanan Siber Masa Depan

Entertainment 5 December 2019 17:00 p.m.

Opera Gandari Suguhkan Pertunjukan Opera Baru