Mitsubishi Xpander AP4.jpg

Rahasia Mitsubishi Xpander AP4 yang Sukses di Ajang Rally

oleh: galih Life Style Friday, 16 April 2021 8:00 a.m.


Mancode – Meskipun berbasis MPV, Mitsubishi Xpander AP4 bisa dibilang merupakan mobil keluarga paling ‘brutal’ yang mampu melibas lintasan tanah merah. Buktinya, belum lama ini Mitsubishi Xpander AP4 mewakili Xpander Rally Team yang dikendarai pembalap sekaligus brand ambassador Mitsubishi Motors di Indonesia, Rifar Sungkat dan Navigator M.Redwan menjuarai event rally nasional bertajuk “Fortuna Nusantara Tropical Sport Rally 2021”.

Balapan yang digelar di Sirkuit Badak, Tanjung Lesung, Banten pada 10-11 April 2021 ini, Mitsubishi Xpander AP4 mendominasi hari pertama, dan tetap konsisten hingga akhir lomba dengan catatan waktu total 10 menit 8,2 detik. Ini lebih unggul 11 detik atas pesaing mereka yang berada di posisi kedua. Lalu, apa yang menjadi kunci kemenangan dan kecepatan Mitsubishi Xpander AP4 ini?

Kelebihan Xpander AP4 ini sudah dilihat Rifat saat pertama kali mencoba Mitsubishi Xpander di pusat riset Mitsubishi di Okazaki, Jepang pada 2017 silam. Terdapat beberapa faktor yang mendukung kesuksesan mobil ini di ajang rally, antara lain pengembangan body kit dan perubahan weight distribution (keseimbangan berat).


Rifat menjelaskan, pada bagian depan tetap mempertahankan grill dan bumper yang menjadi ciri khas Xpander Cross. Namun, untuk kepentingan handling, bumper dibuat jauh lebih lebar. Ini dikarenakan aerodinamiknya sudah dipikirkan untuk kecepatan tinggi. Sehingga ketika cornering berjalan dengan baik.

Selain itu, Rifat juga menyoroti bobot yang dimiliki Mitsubishi Xpander, yakni 1.780 kilogram (kg). Ini tentu sangat cocok diubah menjadi mobil rally di kategori AP4 yang dimewajibkan bobot kendaraan antara 1.230 hingga 1.300 kg. Atas dasar itu, Rifat mengurangi bobot Mitsubishi Xpander, karena weight distribution dan weight balance-nya sudah ideal untuk berkompetisi di ajang rally.

Ubahan juga terjadi pada bagian interior mobil, mulai dari jok mobil hingga dashboard dilepas. Kaca mobil juga diganti dengan plexiglass untuk menyesuaikan peraturan kategori AP4. "Plexiglass membuat bobot mobil lebih ringan 8 kg dari model standar. Dari berbagai perubahan itulah Mitsubishi Xpander AP4 akhirnya mampu memenuhi regulasi bobot yang ditetapkan AP4. Kami coba comply dengan regulasi, meski dimensi mobil memang lebih besar dari mobil reli biasa,” kata Rifat, dikutip di kanal YouTube-nya, baru-baru ini.

Mengenai dapur pacu, Xpander AP4 menggunakan blok mesin Mitsubishi 4B11 lalu kapasitas mesinnya dicocokkan dengan regulasi AP4 yakni 1.600 cc dan ditambahkan turbo.Tenaga dari mesin ini diklaim mencapai 350 hp dengan torsi nyaris 550 Nm menggunakan bahan bakar oktan 110.

Rancangan tersebut terbukti membuahkan hasil dengan menjuarai event rally nasional bertajuk “Fortuna Nusantara Tropical Sport Rally 2021” pada akhir pekan lalu. Atas capaian ini, Naoya Nakamura, Presiden Direktur MMKSI, mengucapkan selamat dan hasil tersebut merupakan salah satu bukti ketangguhan Mitsubishi Xpander di berbagai medan.

“Apresiasi tertinggi untuk Rifat Sungkar dan Xpander Rally Team yang berhasil menjuarai kejuaraan Fortuna Nusantara Tropical Rally 2021 dengan Xpander AP4. Ini kembali membuktikan beragam keunggulan Mitsubishi Xpander, yang tidak hanya dapat menjawab kebutuhan dan keinginan masyarakat Indonesia sebagai mobil keluarga favorit, namun juara di kompetisi motor sport,” kata Nakamura.

Baca Juga: Mitsubishi Targetkan Penjualan Capai 90.000 Unit Sepanjang 2021

Baca Juga: Kia Sonet 7 Seater Debut Global di Indonesia, Harga Mulai Rp199,5 Juta

Baca Juga: Jokowi Resmi Buka Pameran Otomotif IIMS Hybrid 2021




Share To


galih

galih

April 16, 2021, 8 a.m.


tags : Mitsubishi Mitsubishi Xpander AP4 Rally Keunggulan Mitsubishi Xpander AP4 Life Style Mitsubishi Xpander


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE

Technology 17 September 2021 7:00 a.m.

Alasan Vino G Bastian Kepincut Samsung Galaxy Z Flip3

Travel 28 August 2021 7:00 a.m.

Taliban Ancam Tutup Sekolah Musik di Afghanistan

Fashion Style 20 August 2021 7:00 a.m.

Bersama FYC Footwear, FDR Luncurkan Sepatu Bikers